9+ Sayur & Buah yang bisa Menurunkan Darah Tinggi

Buah yang bisa Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi atau dalam istilah medisnya yaitu hipertensi, merupakan sebuah kondisi saat tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau bahkan lebih tinggi. Penyakit ini dapat menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa jika tidak segera kita tangani, contohnya seperti penyakit ginjal, stroke, dan bahkan gagal jantung. Apakah ada sayur dan buah yang bisa menurunkan darah tinggi? Berikut ini akan kita bahas tentang sayuran dan juga buah-buahan yang dapat menurunkan darah tinggi.

Darah Tinggi Harus Makan Buah Apa?

Darah Tinggi Harus Makan Buah Apa?

Buah memiliki banyak manfaat dan juga dapat menyehatkan tubuh. Oleh sebab itu, penderita tekanan hipertensi sebaiknya mengonsumsi beberapa buah yang tentu saja fungsinya mampu untuk menurunkan hipertensi. Lantas, darah tinggi harus makan buah apa? Berikut ini beberapa buah yang dapat kita konsumsi saat menderita penyakit hipertensi.

  • Delima
    Dalam sebuah penelitian, menyatakan jika mengonsumsi jus delima yang lebih dari satu cangkir sehari selama 4 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan juga diastolik (batas bawah). Walaupun belum kita ketahui kandungan apa yang terdapat dalam delima ini, namun para peneliti menduga jika kandungan polifenol dan kalium yang terkandung dalam delima inilah yang dapat menurunkan tekanan hipertensi. 
  • Jeruk
    Vitamin C yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata kandungan dalam jeruk juga dapat membantu meredakan tekanan darah tinggi. Di dalam jeruk terkandung banyak kalium, folat, antioksidan, thiamin dan juga vitamin A, yang fungsinya untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.
  • Pisang
    Pisang merupakan buah yang mengandung banyak kalium, vitamin B6, vitamin C, antioksidan, serat, mangan dan juga magnesium. Oleh sebab itu, ini dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Pilihlah pisang yang belum terlalu matang saat kita sedang menjaga kadar gula darah, hal itu karena pisang yang belum terlalu matang memiliki kandungan gula yang lebih rendah dan tinggi akan serat.
  • Semangka
    Semangka mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya seperti vitamin C, vitamin A, kalium dan juga magnesium. Selain menyegarkan, ternyata semangka mengandung L-citrulline dan L-arginine yang berfungsi untuk membantu melebarkan pembuluh darah, dan dapat menurunkan hipertensi. Selain itu, kandungan sitrulin yang terdapat dalam semangka juga dapat menurunkan angka sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi.
  • Kiwi
    Kiwi termasuk kedalam buah yang bisa menurunkan darah tinggi. Mengonsumsi satu porsi buah kiwi setiap hari ternyata dapat mengurangi hipertensi pada orang yang memiliki tingkat tekanan darah yang sedikit meningkat. 
  • Melon
    Melon memiliki kandungan kalium yang tinggi, oleh karena itu melon cocok kita konsumsi untuk penderita hipertensi. Selain itu, melon juga dapat memperbaiki kadar gula, memperlancar pencernaan karena kaya akan serat, mencegah resiko dehidrasi, serta memperbaiki sistem imun karena memiliki kandungan vitamin C. Melon juga mengandung kalori yang rendah sehingga cocok untuk mencegah obesitas (kegemukan) yang dapat menyebabkan hipertensi. 
  • Belimbing
    Belimbing mengandung kaya akan kalium. 100 gram belimbing mengandung 130 mg kalium. karena tingginya kalium, belimbing kita anggap mampu mengurangi resiko terkenan stroke dan juga menurunkan tekanan darah. Kalium pun kita perluakan untuk menormalkan irama jantung dan pegalihan oksigen menuju otak.
  • Blewah
    Blewah mengandung kalium dan provitamin A yang tinggi dalam 100 gr blewah. Kandungan nutrisi dalam blewah ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga menguatkan fungsi ginjal dan limpa.

Sayur dan Buah Apa yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

Sayur dan Buah Apa yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

Kita telah membahas beberapa buah yang bisa menurunkan darah tinggi. Ternyata, selain itu ada juga sayuran yang fungsinya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Lantas, sayur dan buah apa yang bisa menurunkan darah tinggi?

Karena kita sudah mengetahui beberapa buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, seperti semangka, pisang, delima, belimbing, melon, jeruk, dan masih banyak lagi, sekarang kita akan membahas tentang sayur-sayuran apa yang dapat menurunkan tekanan darah hipertensi. Berikut ini sayur-sayuran tersebut:

  • Kubis
    Kubis mengandung banyak kalium, yang mana kalium ini berguna untuk mengendalikan tekanan darah. Konsumsi kubis sangat baik untuk penderita hipertensi. Jangan lupa mencuci kubis terlebih dahulu sebelum memasak dan mengonsumsinya.
  • Bayam
    Bayam termasuk kedalam sayur yang baik untuk penderita hipertensi konsumsi karena mengandung senyawa nitrat, kalsium, kalium dan juga magnesium. Pada sebuah penelitian, menyatakan jika seseorang yang menderita hipertensi, kemudian rutin mengkonsumsi sayur bayam selama seminggu akan memiliki kadar tekanan darah yang lebih terkontrol. 
  • Brokoli
    Sayur yang satu ini cocok untuk penderita hipertensi. Hal itu karena brokoli mengandung banyak kalsium, vitamin C, kalium, dan juga magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 
  • Seledri
    Ternyata seledri juga dapat kita percaya dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam seledri terdapat senyawa yaitu phthalates, yang berfungsi untuk mengendurkan tekanan darah. Oleh sebab itu, seledri mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Kale
    Sayuran yang satu ini tentunya merupakan sayuran hijau yang kaya akan nutrisi. Secangkir kale mengandung 170 mg kalium dan menyediakan 3,6% nilai harian untuk nutrisi tersebut. Perlu kita ketahui, jika meningkatkan konsumsi kalium dan mengurangi konsumsi garam (natrium) dapat membantu menurunkan tekanan tekanan darah, serta resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Darah Tinggi Tidak Boleh Makan Apa saja?

Darah Tinggi Tidak Boleh Makan Apa saja?

Selain itu sebaiknya kita juga mengonsumsi beberapa sayuran dan buah yang bisa menurunkan darah tinggi, penderita hipertensi tentunya tidak boleh makan makanan tertentu. Makanan ini harus kita hindari karena dapat menyebabkan darah terus naik dan tentunya ini akan mengakibatkan efek yang buruk. Lantas, saat darah tinggi tidak boleh makan apa saja? Inilah beberapa makanan yang harus kita hindari saat sedang hipertensi. 

  • Acar
    Acar merupakan makanan yang terdiri dari potongan sayuran, yaitu wortel dan timun. Namun, sebagian dari kita mengira jika acar ini sangat menyehatkan jika kita konsumsi. Nyatanya, dalam acar ini mengandung garam tambahan agar awet. Hal inilah, yang menyebabkan acar tidak baik penderita hipertensi konsumsi.
  • Makanan yang berminyak
    Makanan yang berminyak mengandung lemak trans, sehingga makanan itu patut dihindari oleh penderita hipertensi.
  • Daging Olahan
    Berbagai macam daging olahan, contohnya seperti sosis, tentunya dikemas dengan menggunakan natrium supaya kaya rasa dan awet. Jadi, saat dicampurkan dengan makanan yang mengandung garam tinggi, seperti acar, keju dan berbagai bumbu, makan asupan garam dalam tubuh akan berlebihan. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghindari mengkonsumsi daging olahan saat sedang hipertensi.
  • Makanan dan minuman manis
    Makanan ataupun minuman yang mengandung kalori ekstra dan gula yang tinggi akan menyebabkan berat badan akan mudah bertambah, dengan begitu maka kelebihan berat badan  ini dapat menjadi pemicu tekanan hipertensi. Oleh karena itu, penderita hipertensi perlu membatasi gula harian dan juga menghindari makanan dan minuman yang manis.
  • Sup dan tomat kalengan
    Makanan kalengan menjadi solusi saat kita ingin mengkonsumsi makanan dengan mudah dan cepat. namun, makanan seperti ini ternyata memiliki kandungan natrium yang tinggi, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

Demikianlah pembahasan tentang sayur dan buah yang bisa menurunkan darah tinggi, serta makanan yang tidak diperbolehkan bagi penderita hipertensi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.