3+Cara Menetaskan Telur Bebek Dengan Kardus

Cara Menetaskan Telur Bebek Dengan Kardus

Cara menetaskan telur bebek dengan kardus, adalah merupakan alternatif dikala harga mesin tetas mahal. Perusahaan memproduksi dengan relatif mahal dan toko. Dikarenakan terkadang sulit untuk mendapatkan beberapa alat yang dibutuhkan. Akan tetapi, cara menetaskan telur bebek dengan kardus, dirasa cukup efektif.

Di daerah pedesaan dapat memanfaatkan bahan bahan limbah yang sudah tidak dipergunakan lagi, salah satunya adalah dengan menggunakan kotak bekas yang sudah tidak dipergunakan lagi.

Cara menetaskan telur bebek dengan kardus, hanya cukup memanfaatkan bahan yang tidak dipakai. Dalam keadaan secara alami mereka berkembang dengan bertelur. Dan kemungkinan jika tidak dibantu maka akan kesulitan karena jumlahnya yang banyak. Maka, cara menetaskan telur bebek dengan kardus. Adalah solusi yang cukup membantu, dalam perkembang biakan dengan maksimal.

Adapun Bahan yang dibutuhkan dan Sistem Pengerjaannya Adalah :

Alat dan bahan penetasan

  1. Kardus minimal ukuran 30 × 30 cm
  2. Kayu atau bambu
  3. Kabel
  4. Lampu
  5. Termometer dan termostat
  6. Paku
  7. Nampan, botol yang dipotong setengah, sebagai wadah air
  8. Kawat dan tali rafia
  9. Sekam jerami, atau serbuk serutan kayu
  10. Alat pendukung, selotip, lakban, gunting, cutter dll

Jika semua bahan seperti lampu yang belum dipasang maka sebaiknya melakukan pemasangan dengan obeng, korek dan gunting. Jika sudah, berikutnya menyiapkan semua alat alatnya dan melakukan pengecekan terlebih dahulu. agar tidak ada yang kurang ataupun terlupakan.

Berikut metode pembuatannya :

  • Merapikan dan membentuk kardus layaknya konstruksi mesin penetasan normal
  • Tambahkan kayu atau bambu sebagai rangka penguatnya di setiap sisi
  • Buat  lubang pada kiri dan kanan kardus untuk menjepit kabel lampu dan tempat air minumnya
  • Lubangi bagian atas kardus sebagai ventilasi udara kisaran 4 – 5 cm
  • Sambungkan thermostat dengan aliran lampu pada kardus
  • Taburkan sekam padi atau serbuk potongan kayu
  • Pasang tempat air minum, pastikan agar tidak tumpah dan tali dengan kencang.
  • Sesudah semunya terpasang colokkan lampu ke sumber listrik. Dan cek semua komponen sudah sesuai dan lampu agar menyala.
  • Masukkan termometer sebagai pengukur suhu di dalam dus. Pastikan bahwa semuanya hanya terkena sinar lampu dan beri sedikit jarak.
  • Ingat batas penas dan kelembabannya

Berapa Lama Proses Penetasan Telur Bebek?

Berapa Lama Proses Penetasan Telur Bebek?

Dalam  pengeramannya, berapa lama proses penetasan telur bebek ? Penetasan itik lebih efektif dilakukan dengan menggunakan mesin tetas. Umumnya mesin tetas itik sama seperti mesin tetas lainnya. Tetapi tingkat kelembaban yang dibutuhkan lebih tinggi dan waktu penetasan cukup lama.

Bakal itik dapat disimpan selama 3 hari di dalam suhu

25 – 27 °C. Pada musim hujan, sedangkan saat musim kemarau bisa bertahan dalam 6 hari . Apabila bakal itik disimpan lebih dari waktu tersebut, mereka akan fertil busuk dan mati. Umumnya, bakal itik membutuhkan waktu selama 28 hari untuk menetaskan diri. Namun, tidak jarang ditemui kasus ada yang menetas terlalu cepat atau bahkan terlalu lama, melebihi waktu normal tetasnya.

Berapa Suhu Untuk Penetasan Telur Bebek?

Berapa Suhu Untuk Penetasan Telur Bebek?

Dalam tahapan, berapa suhu untuk penetasan telur bebek ? Adalah biasanya berkisar antara, 25 – 27 °C. Dan juga dilihat dari kondisi cuaca saat itu. Misalkan hujan dan relatif lebih dingin, maka naikan 1 hingga 2 suhunya. Jika terlalu panas, ditakutkan bakal itik akan mati karena terpanggang.

Kenapa Telur Bebek Tidak Menetas?

Kenapa Telur Bebek Tidak Menetas?

Adapun beberapa kendala, kenapa telur bebek tidak menetas ? Adalah adanya penetasan yang tidak sempurna, adanya kegagalan karena faktor kecacatan genetik bakal itik.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kejadian tersebut. Berikut ini faktor penyebab kegagalan bakal itik menetas dan cara pencegahannya :

  • Bakal itik menetas terlalu dini

Kegagalan akibat bakal itik menetas karena usianya terlalu muda. Dan kelembaban suhu di hari pertama sampai hari ke 19 yang cukup tinggi. Selain itu, penetasan yang terlalu dini juga bisa disebabkan oleh ukuran yang terlalu kecil.

  • Bakal itik  menetas terlambat

Penetasan yang terlambat dapat disebabkan oleh suhu dan tingkat kelembaban pengeraman sangat  rendah. Selain itu, bakal itik, yang terlambat menetas juga karena ukuran yang terlalu besar dan terlalu tua.

Demikian artikel ini, terima kasih waktunya dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.