5+ Buah Untuk Mengecilkan Amandel

Buah Untuk Mengecilkan Amandel

Halo teman teman bagaimana kabar kalian? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang buah untuk mengecilkan amandel. Tetapi sebelum itu, apakah kalian tahu apa itu amandel? Amandel ini adalah dua buah jaringan berbentuk oval yang berada di bagian kanan dan kiri di dalam mulut kita.

Fungsi dari tonsil ini adalah sebagai pertahanan tubuh lokal atau imunitas lokal di saluran nafas bagian atas. Kadang kala terjadi peradangan pada jaringan tonsil ini yang sering disebut dengan tonsilitis atau penyakit amandel. Berikut ini adalah beberapa gejala dari tonsilitis:

  1. Nyeri saat menelan dan dapat disertai demam
  2. Sulit untuk makan dan juga minum
  3. Kemudian pada pemeriksaan didapatkan amandel yang bengkak, kemerahan, dan sering disertai detritus atau putih-putih di daerah amandel disertai dengan pembengkakan pada daerah leher kanan dan juga kiri.

Sebagian besar tonsilitis yang disebabkan oleh virus dan apabila karena virus maka biasanya gejalanya tidak terlalu berat dan dapat sembuh dengan sendirinya. Sedangkan jika disebabkan oleh bakteri biasanya akan lebih berat, lebih sakit, dan juga lebih lama sembuhnya. Radang tonsilitis ini terjadi karena adanya infeksi virus atau bakteri di daerah  tonsil atau dua kelenjar kecil yang ada di tenggorokan. Selain pembengkakan, peradangan ini juga membuat penderitanya merasakan sakit pada tenggorokan, sakit pada kepala, batuk, pilek, pembengkakan kelenjar getah bening, dan juga kesulitan saat menelan makanan.

Maka dari itu, banyak diantara mereka yang menderita sakit ini dianjurkan mengonsumsi makanan lunak dan juga sehat seperti buah. Berikut ini beberapa cara menyembuhkan amandel dengan mengkonsumsi buah. Beberapa buah juga dipercaya dapat menyembuhkan tonsil yang meradang, karena buah ini mengandung sejumlah kandungan zat dan juga nutrisi yang baik untuk meminimalisir peradangan, menenangkan tenggorokan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga membunuh virus atau bakteri penyebab radang tonsil. Berikut ini beberapa buah untuk mengecilkan amandel:

  1. Jambu Biji

    Jambu biji ini terbukti sangat ampuh untuk mengempeskan radang pada tonsil, karena mengandung banyak vitamin C yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

  2. Jeruk Nipis

    Jeruk nipis jugalah ampuh mengempeskan radang amandel karena memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan juga sifat anti radang di tenggorokan.

  3. Buah ara (tin)

    Buah ara atau yang sering dipanggil tin ini juga mampu mengempeskan radang amandel, karena buah ini mengandung lender mucilage yang tinggi sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan juga nyeri yang terjadi akibat radang pada tenggorokan.

  4. Nanas

    Buah nanas ini mengandung vitamin C yang tinggi, dan karena adanya enzim bromelain yang memiliki sifat anti radang dan juga mampu meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh radang tonsil.

Makan Apa Biar Amandel Kempes?

Makan Apa Biar Amandel Kempes

Setelah kita membahas tentang buah untuk mengecilkan amandel, kali ini kita akan membahas tentang makan apa biar amandel kempes? Tonsilitis ini sering disertai dengan gejala sakit tenggorokan, tonsil bengkak, nyeri tenggorokan, gatal, sakit telinga, demam dan juga menggigil. Karena itu, banyak orang sulit untuk makan dan minum. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang dapat membantu menyembuhkan radang amandel secara alami:

1. Bayam

Sayur bayam ini dapat menyembuhkan infeksi pada tenggorokan. Jangan lupa tambahkan juga sedikit bubuk lada hitam. Selain enak, sayur bayam juga dapat menyembuhkan tenggorokan yang gatal dan juga sakit.

2. Bubur

Karena teksturnya yang lembut, bubur lebih mudah ditelan dibanding nasi biasa. Kalian juga dapat menambahkan rempah-rempah seperti cengkeh untuk menyembuhkan tonsilitis.

3. Jahe

Jahe ini merupakan salah satu makanan yang efektif untuk mengobati tonsilitis dan infeksi tenggorokan yang lainnya. Kalian dapat membuat minuman jahe hangat dan menambahkan beberapa tetes madu juga untuk menyembuhkan amandel. Jahe juga efektif dalam mengobati batuk yang kering.

4. Kentang Tumbuk

Adalah makanan yang bagus untuk menyembuhkan tonsilitis. Selain itu kentang tumbuk juga membuat kenyang lebih lama juga.

5. Madu

Anda dapat membuat minuman madu hangat atau mencampurnya dengan bubuk lada hitam, karena kandungan dari madu dan juga lada hitam ini mampu untuk menyembuhkan tonsilitis.

Itulah beberapa makanan yang dapat mengobati masalah tonsilitis secara alami. Jika keluhan kalian semakin parah, kalian disarankan agar segera konsultasikan dengan dokter.

Apa Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Amandel?

Apa Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Amandel

Setelah membahas makanan apa yang baik untuk amandel, kali ini kita akan membahas tentang apa yang tidak boleh dimakan saat amandel? Kalian perlu menghindari beberapa makanan yang bisa memperparah tonsilitis. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus kalian hindari saat mengalami tonsilitis:

  1. Makanan pedas
    Makanan pedas, seperti paprika, bubuk cabai, dan juga saus pedas, dapat meningkatkan produksi lendir yang berlebih yang dapat menyebabkan peradangan pada tonsil. Awalnya, jenis makanan itu akan menyebabkan batuk dan jika terus terjadi dapat memperburuk keadaan tonsilitis.
  2. Produk olahan susu
    Salah satu penyebab dari tonsilitis adalah penumpukan lendir yang terlalu banyak di dalam tenggorokan. Kondisi tersebut dapat semakin parah karena kasein yang berasal dari berbagai macam produk olahan susu. Selain memperbanyak lendir, kasein ini juga bisa meningkatkan sel kulit mati dan juga bakteri penyebab benjolan di tenggorokan Anda. Untuk mengetahui apakah produk olahan susu yang kalian konsumsi menyebabkan radang tenggorokan, kalian dapat mencoba untuk berhenti mengkonsumsinya selama dua minggu.
  3. Makanan berminyak dan terlalu pedas
    Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dapat membuat kondisi tenggorokan semakin meradang. Tidak hanya itu saja, makanan dan juga minuman yang terlalu panas dapat menimbulkan efek yang sama. Jadi, sebaiknya kalian menghindari jenis makanan dan minuman ini terlebih dahulu agar cepat sembuh.
  4. Kuning Telur
    Yang tidak boleh dikonsumsi saat menderita amandel selanjutnya yang perlu kalian hindari adalah kuning telur. Mengkonsumsi kuning telur yang terlalu banyak dapat meningkatkan produksi lendir pada tenggorokan. Daripada kalian memakan kuning telur, kalian bisa mengkonsumsi putih telur atau telur orak-arik saja. Jika kalian memanglah ingin mengonsumsi kuning telur, pastikan kalian membatasi jumlahnya. Usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari dua hingga tiga kuning telur dalam jangka waktu seminggu. Jika tonsilitis semakin parah, Kalian benar benar harus berhenti mengkonsumsi makanan tersebut.

Makanan Apa Yang Menyebabkan Amandel?

Makanan Apa Yang Menyebabkan Amandel

Kali ini kita akan membahas lagi tentang makanan apa yang menyebabkan amandel? Langsung saja kita cek beberapa makanan berikut:

  1. Cabai
    Makanan ini pedas dan dapat memperparah kondisi pada tenggorokan.
  2. Pizza
    Karena tekstur dari pizza yang keras, makanan ini dapat menggores dan memperparah radang tonsil.
  3. Kue Kering
    Sama seperti pizza, karena teksturnya yang keras dapat menggores radang tonsil dan memperparah radang tonsil.
  4. Keju
    Keju ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi, karena keju adalah produk olahan susu yang dapat membuat penumpukan lendir pada tenggorokan dan memperparah peradangan.

Sekian adalah pembahasan saya tentang buah untuk mengecilkan amandel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.