5+ Kandungan Buah Naga Merah, Real Kah?

Kandungan Buah Naga Merah

Kandungan buah naga merah yang melimpah termasuk cukup tinggi dalam golonganya. Dalam studi mengenai manfaat yang terdapat didalamnya adalah banyaknya sumber mineral dan kaya akan vitamin C. Membuatnya masuk dalam golongan rendah akan kalori, dan mengandung nol untuk lemak . Jadi banyak dimanfaatkan sebagai menu diet karena kandungannya yang kaya akan serat, kaya akan mineral dan rendah lemak .

Dia termasuk dalam kerabat kaktus, namun tidak berduri lebat. Dengan nama lain, hylocereus dan selenicereus. Asalnya dari daerah Mexico , Amerika tengah, dan Amerika timur.

Dengan keadaan iklim yang panas ia tumbuh subur, dan kenapa disebutkan sebagai saudara dari kaktus. Tapi saat ini sudah banyak dibudidayakan di Negara bagian Asia, dan Indonesia salah satunya . Ia mampu hidup di iklim tropis dengan penyesuaian bantuan lampu untuk membantunya tetap mendapatkan cahaya di malam hari .

Apa Khasiat Dari Buah Naga Merah?

Apa Khasiat Dari Buah Naga Merah?

Dari kandungan buah naga merah yang kaya akan vitamin C, Selain kaya akan vitamin C, karena kandungan mineral yang melimpah dan serat yang tinggi membuatnya baik untuk sistem pencernaan. Serat disini berfungsi agar sistem pencernaan kita baik dan terhindar dari sembelit.

Serta memperkecil terjangkitnya penyakit diabetes. Walaupun kaya akan mineral dan rasanya yang manis, tapi kandungan gulanya nol . Maka dari itu, banyaknya para orang berdiet mengkonsumsinya sebagai menu sehari hari . Apa khasiat dari buah naga merah?

  • Kaya akan antioksidan

radikal bebas adalah  salah satu yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel di dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan penyakit serius . Untuk menangkal radikal bebas, Anda dapat mengkonsumsinya yang kaya akan antioksidan tinggi.

Antioksidan dapat menetralkan radikal bebas, sehingga dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh.Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker , diabetes , radang sendi dan penyakit jantung lainnya .

  • Kaya akan serat

Sumber makanan yang memiliki kaya akan serat, yang baik untuk tubuh. Sehingga ia tergolong  baik untuk kesehatan dan pencernaan . Selain itu, serat juga dapat berperan melindungi tubuh dari penyakit jantung , mengontrol diabetes tipe dua , menjaga berat badan dan mencegah kanker usus pada tubuh .

  • Menyehatkan usus

Kandungan probiotik  didalamnya dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus . Prebiotik adalah jenis serat yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Menngkosumsi makanan yang mengandung prebiotik secara teratur dapat memperkecil risiko infeksi saluran pencernaan , diare , meredakan gejala penyakit radang usus dan kanker usus besar pada tubuh .

  • Mengandung zat besi

Zat besi berperan penting dalam proses distribusi oksigen ke seluruh tubuh, selain itu juga memiliki peran dalam memecah makanan menjadi energi. Makanan ini merupakan salah satu dari sumber yang kaya akan zat besi .

  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Peranan magnesium yang terkandung, dan bersifat  penting untuk memecah makanan menjadi energi , kerja otot tubuh, pembentukan tulang dan bahkan pembentukan jaringan darah . Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan magnesium yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke .

Apa Kandungan Gizi Pada Buah Naga?

Apa Kandungan Gizi Pada Buah Naga?

Kandungan buah naga merah, dalam  penelitian yang diterbitkan di Jurnal nutrisi Pangan pada tahun 2017. Apa kandungan gizi pada buah naga ? Banyaknya manfaat yang di memiliki, kandungan vitamin C , vitamin B3 , serat, dan betasianin yang lebih tinggi dibandingkan varietas sumber makanan lain. Yang terkandung di dalamnya, adalah :

  • Kalori : 60
  • Protein : 1,2 gram
  • Lemak : 0 gram
  • Karbohidrat : 13 gram
  • Serat : 3 gram
  • Vitamin C : 3 persen dari kebutuhan per hari
  • Zat besi : 4 persen dari kebutuhan per hari
  • Magnesium : 10 persen dari kebutuhan per hari

Jumlah kalorinya yang hanya  mencapai 60 kalori dalam satu piring. Artinya , tubuh lebih mudah untuk mencernanya sehingga nutrisi pun bisa terserap secara maksimal . Dalam nutrisi yang lainnya, meliputi :

  • Vitamin C

Jumlah vitamin C yang melimpah dan berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Manfaat vitamin C didalamnya juga baik untuk merangsang pembentukan kolagen , menjaga daya tahan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan sel darah.

  • Vitamin B2 dan vitamin B3

Selain vitamin C, manfaat lainnya yang terkandung ialah vitamin B2 dan vitamin B3. Dua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelancaran sistem pada tubuh dan memelihara kesehatan jaringan tubuh.

Asupan vitamin B yang tercukupi juga dipercaya dapat menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti migrain, katarak, preeklampsia , dan penyakit jantung. Vitamin B juga berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf tubuh.

  • Magnesium

Melimpahnya manfaat didalamnya mengandung magnesium. Berkat banyaknya magnesium tersebut  dapat mencegah dan meringankan kram otot pada tubuh, meningkatkan stamina  saat berolahraga, menjaga kesehatan dan fungsi jantung pada tubub, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Magnesium juga dapat menurunkan risiko depresi , diabetes tipe dua dan tekanan hipertensi , serta meringankan gejala migrain dan sindrom pramenstruasi .

  • Zat besi

Zat besi merupakan jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia karena berperan sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah pada tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah dalam tubuh pun akan ikut berkurang.

Dan akan mengakibatkan, beresiko terserang anemia atau kekurangan sel darah merah merah . Zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat memenuhi asupan yang diperlukan tubuh. Kalian bisa mengkonsumsinya secara rutin jika ingin sehat dan bertenaga setiap hari.

  • Antioksidan

Manfaat lainya  adalah sebagai  antioksidan dan zat pewarna alami yang disebut antosianin. Zat inilah yang memberikan warna merah terang . Manfaat lainya  diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan menurunkan risiko kanker.

Setelah mengkonsumsinya, warna urine dan feses Anda mungkin akan menjadi tampak kemerahan tua.

Namun, kalian tidak perlu cemas karena hal tersebut wajar terjadi dan tidaklah berbahaya. Urine dan fese berwarna kemerahan disebabkan oleh zat antosianin yang terkandung di dalamnya .

Buah Naga Untuk Mengobati Penyakit Apa?

Buah Naga Untuk Mengobati Penyakit Apa

Kandungan buah naga merah, yang melimpah membuatnya dapat mengatasi berbagai masalah dalam tubuh. Buah naga untuk mengobati penyakit apa ? Secara kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Tentu sangat baik untuk meredakan peradangan pada tenggorokan dan flu . Juga dapat untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka . Serta manfaat lainnya, adalah :

  • Menjaga kulit kencang dan elastis

Dari manfaat antioksidan yang baik karena tingginya kandungan vitamin C serta berbagai senyawa bioaktif di dalamnya. Membuatnya sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis sehingga dapat membantu mengurangi tanda penuaan pada kulit .

  • Menurunkan berat badan

Banyaknya sumber serat  dan rendah kalori sehingga aman bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan . Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori , kalian akan merasakan kenyang lebih lama. Sehingga kalian pun akan makan dalam jumlah sedikit. Serta  akan  terhindar dari obesitas.

Demikian artikel ini, terima kasih waktunya dan sampai jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.