5+Sayur Dan Buah Untuk Penderita Diabetes

Sayur Dan Buah Untuk Penderita Diabetes

Halo teman teman, gimana kabarnya? Pada kesempatan kali ini kita akan aku akan membahas tentang sayur dan buah untuk penderita diabetes. Sebelum itu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu diabetes? Diabetes ini adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula atau glukosa darah. Glukosa sendiri sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Tetapi glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan untuk organ tubuh. Jika penyakit ini tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang dapat membahayakan nyawa penderita. Secara umum diabetes dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang bekerja memproduksi insulin. Dan akhirnya meningkatkan kadar glukosa darah. Dan akhirnya menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh. Untuk tipe 1 ini dikenal juga dengan diabetes autoimun. Pemicunya masih belum diketahui pasti. Tetapi dugaan terkuat kuatnya adalah faktor genetik dari penderita dan juga faktor lingkungan.
  2. Tipe 2 merupakan jenis yang umum terjadi. Jenis ini terjadi karena sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, dan akhirnya insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan dengan baik. Sekitar 90-95% penderita yang ada di dunia menderita tipe ini.

Maka dari itu kali ini aku akan membahas tentang sayur dan buah untuk penderita diabetes, Yuk langsung saja kita bahas secara mendalam.

Buah Apa Yang Bisa Menyembuhkan Diabetes?

Buah Apa Yang Bisa Menyembuhkan Diabetes

Bagi kalian yang sedang berpikir buah apa yang bisa menyembuhkan diabetes? Kalian tidak perlu bingung lagi, karena aku punya beberapa rekomendasi nya. Berikut ini beberapa sayuran yang baik untuk penderita diabetes:

1. Labu dan biji labu

Dengan warnanya yang cerah dan dikemas dengan serat dan antioksidan, labu ini adalah salah satu pilihan tepat untuk pengaturan gula darah. Labu digunakan sebagai obat diabetes tradisional di berbagai negara, seperti Meksiko dan juga Iran.

Karena labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengontrol gula darah. Perawatan dengan ekstrak dan bubuk labu terbukti secara signifikan mampu menurunkan kadar gula darah pada penelitian pada manusia dan juga hewan.

Tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan bagaimana labu utuh, seperti saat dipanggang atau dikukus bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

2. Apel

Apel ini mengandung serat larut dan senyawa tanaman, termasuk quercetin, asam klorogenat, dan juga asam galat, yang semuanya mampu mengurangi gula darah dan melindungi dari diabetes. Mengkonsumsi buah apel telah terbukti mampu mengurangi risiko diabetes, karena bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Sebuah studi yang mencakup data yang dari lebih dari 187.000 orang menemukan, bahwa asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur, dan juga apel, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Dan juga, sebuah penelitian pada 18 orang wanita menunjukkan, makan apel 30 menit sebelum makan nasi secara signifikan mampu mengurangi gula darah setelah makan, dibandingkan dengan hanya makan nasi saja.

3. Alpukat

Selain lembut dan juga lezat, alpukat ini juga menawarkan manfaat yang signifikan untuk pengontrol gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan juga mineral. Menambahkan alpukat ke dalam makanan terbukti mampu mengontrol kadar gula darah.

Sejumlah penelitian juga menemukan, bahwa alpukat dapat membantu mengurangi kadar gula darah serta melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik, yang merupakan sekelompok kondisi kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan juga gula darah tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.

Tetapi, perlu diingat bahwa banyak penelitian yang telah menyelidiki efek dari asupan alpukat pada kadar gula darah didanai oleh Hass Avocado Board.

4. Jeruk

Meskipun banyak jenis jeruk yang manis, penelitian memperlihatkan buah ini mampu membantu mengurangi kadar gula darah.  Jeruk dianggap buah glikemik rendah karena tidak mempengaruhi gula darah sebanyak jenis buah buahan yang lainnya, seperti semangka dan juga nanas. Jenis jeruk, seperti jeruk dan juga jeruk bali, dikemas dengan serat dan mengandung senyawa tanaman seperti naringenin, polifenol yang terbukti memiliki sifat antidiabetes yang kuat. Makan jeruk utuh juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi HbA1c, dan juga melindungi terhadap perkembangan diabetes.

Sayuran Apa Yang Menurunkan Diabetes?

Sayuran Apa Yang Menurunkan Diabetes

Setelah kita membahas buah yang baik untuk penderita diabetes, kali ini kita akan membahas tentang sayuran apa yang menurunkan diabetes? berikut ini contoh contohnya:

1. Brokoli

Brokoli ini adalah sayuran yang mengandung sulforaphane, yaitu jenis isothiocyanate yang memiliki sifat yang mampu menurunkan gula darah. Sulforaphane ini dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glucoraphanin dan enzim myrosinase.

Keduanya terkonsentrasi di dalam brokoli. Penelitian pada hewan dan juga manusia menunjukkan, ekstrak dari brokoli ini kaya akan sulforaphane yang memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas pada insulin, dan juga mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif.

Sementara kecambah pada brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glucoraphanin, dan terbukti membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan juga mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 ketika diekstrak.

2. Kale

Kale ini sering digambarkan sebagai “makanan super”, karena dikemas dengan senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, termasuk serat dan juga antioksidan flavonoid.

Sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang dewasa di Jepang menunjukkan, mengonsumsi 7 sampai 14 gram makanan yang mengandung kale dengan makanan berkarbohidrat tinggi secara signifikan mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Penelitian juga memperlihatkan antioksidan flavonoid yang ditemukan di dalam kale, yaitu quercetin dan kaempferol, memiliki efek penurun gula darah dan sensitivitas insulin yang ampuh.

3. Okra

Okra ini adalah adalah sumber yang kaya akan senyawa penurun gula darah, seperti polisakarida dan antioksidan flavonoid. Di negara Turki, biji okra telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes karena okra memiliki sifat penurun gula darah yang kuat. Rhamnogalacturonan, polisakarida utama di dalam okra, telah diidentifikasi sebagai senyawa antidiabetes yang ampuh.

Ditambah lagi, okra juga mengandung isoquercitrin flavonoid dan quercetin 3-O-gentiobioside, yang mampu membantu mengurangi gula darah dengan menghambat enzim tertentu. Meskipun penelitian pada hewan menunjukkan okra memiliki sifat antidiabetes yang Ampuh, penelitian pada manusia jugalah diperlukan.

Apa Saja Yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Penderita Diabetes?

Apa Saja Yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Penderita Diabetes

Setelah membahas tentang sayur dan buah untuk penderita diabetes. Kali ini kita akan membahas tentang apa saja yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes? Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari:

  1. Buah kering
  2. Makanan berlemak
  3. Minuman manis
  4. Makanan manis
  5. Saus tomat
  6. Kopi

Sekian pembahasan tentang sayur dan buah untuk penderita diabetes. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian yang sedang mencari buah dan sayuran yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.