6 Sayuran Yang Mengandung Vitamin A

Sayuran Yang Mengandung Vitamin A

Halo teman teman sekalian bagaimana kabarnya kalian semua? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sayur sayuran. Seperti yang kalian ketahui ada banyak sekali sayuran yang mengandung vitamin A, dan juga sebagian besar sayuran sayuran ini sangatlah mudah untuk ditemukan, sayur sayuran ini dijual dimana mana, mulai di pasar, swalayan, dan juga toko grosir.

Selain sayuran sayuran ini mudah ditemukan, ternyata sayuran ini jugalah menyehatkan bagi tubuh kita dan juga banyak manfaatnya, sayuran ini juga dapat diolah menjadi aneka ragam hidangan yang nikmat untuk dijadikan menu sehari hari kita.

Apa sih Vitamin A itu? Vitamin ini adalah salah satu jenis vitamin yang penting untuk kesehatan pada tubuh kita, karena kandungannya memiliki bermacam fungsi dan khasiat bagi tubuh, macam macam fungsinya ini adalah untuk memelihara kesehatan mata, menjaga kulit, memperkuat otot serta tulang, dan juga meningkatkan imunitas di dalam tubuh.

Karena sifat sifat antioksidannya, vitamin A ini juga dapat menangkal efek radikal bebas dari dalam tubuh dan dapat mengurangi peradangan. Langsung saja kita bahas tentang sayuran yang mengandung vitamin A secara mendalam.

Vitamin A Pada Buah Apa Saja?

Vitamin A Pada Buah Apa Saja?

setelah mengetahui akan sayuran yang mengandung vitamin A. Sekarang kita akan membahas buah – buahan yang mengandung vitamin A. Selain buah itu  segar, buah juga sangatlah diperlukan sebagai sumber asupan nutrisi serta menjaga kesehatan tubuh kita semua. Lalu Vitamin A Pada Buah Apa Saja? Berikut adalah buah yang mengandung vitamin A:

1. Buah Pepaya

Pepaya ini berasal dari Amerika Tengah dan bisa tumbuh subur di daerah tropis di mana ada curah hujan yang berlimpah tetapi tidak terlalu dingin karena suhu yang mendekati titik beku akan merusak tanaman pepaya.

Pepaya ini selain mengandung vitamin A, buah ini juga mengandung banyak nutrisi, di antaranya adalah serat, kalsium, magnesium, kalium, seng, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Banyaknya kandungan nutrisi dari buah pepaya sejalan dengan banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh kita, mencegah akan penyakit jantung, sampai bisa melindungi kulit dari kerusakan.

2. Pisang

Buah pisang bisa tumbuh tanpa mengenal musim. Setiap orang bisa menyantap buah ini karena sudah banyak orang yang menjualnya dan bisa berbuah dengan mudah dan bisa dimakan kapanpun mereka mau. Buah pisang ini bukan cuma segar,  buah pisang ini memiliki karakter dan rasa yang berbeda dari buah yang lain, mulai dari yang manis, memiliki tekstur yang kenyal, hingga rasa yang sedikit masam.

Pisang juga mengandung vitamin A dan banyak nutrisi lainnya yang bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh kita, untuk melancarkan sistem pencernaan kita, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, bisa meningkatkan produksi testosteron, hingga menjaga kesehatan kulit kita.

3. Mangga

dalam satu buah mangga utuh sudah mengandung 112 mcg vitamin A atau setara dengan 45% jumlah kebutuhan harian vitamin vitamin A. Selain itu, buah mangga juga kaya akan kalori, protein, karbohidrat, serat, dan vitamin lainnya. Buah mangga memiliki peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas, mengatasi peradangan, dan masih banyak lagi.

4. Apel

Apel juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium yang sudah dipercaya mampu meminimalisir bayi jika terkena asma dan alergi lain. Apel juga sangat mudah dijumpai di pasar atau minimarket terdekat, sehingga siapa saja bisa mengkonsumsi buah ini kapan saja.

5. Labu

Labu kuning ini mengandung beta karoten yang bisa memberikan warna jingga pada sayur dan buah – buahan. Beta karoten adalah antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh kita yang bisa menghasilkan vitamin A.

6. Semangka

Semangka mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya adalah magnesium, kalium, dan aneka vitamin seperti vitamin C, vitamin B, dan vitamin A. Dalam 100 gram buah semangka sudah terdapat vitamin A sebanyak 569 IU. Mengkonsumsi buah semangka secara rutin bisa mencegah peradangan, membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, sampai menyehatkan kulit dan rambut.

Makanan Apa Yang Bagus Untuk Mata?

Makanan Apa Yang Bagus Untuk Mata?

Setelah kita membahas tentang vitamin A pada sayuran dan juga buah buahan. Kali ini kita akan membahas makanan yang bagus untuk mata? Untuk kalian yang sedang mencari makanan yang bagus untuk mata, kalian tidak perlu bingung lagi nih, karena aku punya banyak rekomendasinya, berikut adalah makanan yang baik untuk mata:

  1. Ikan Salmon
    Kandungan omega 3 di dalam ikan salmon ternyata sangat baik lho untuk menjaga kesehatan mata. Ikan salmon ini dapat mencegah mata kering, mata lelah, dan juga degenerasi makula yang berkaitan dengan mata.
  2. Keju Parmesan
    Ternyata keju parmesan ini mengandung 865 IU vitamin A lho, Karena kandungan yang tinggi maka makanan ini mampu menjaga kesehatan pada mata kita.
  3. Udang
    Pasti tidak terpikirkan kan kalau udang ini ternyata bagus untuk kesehatan mata? Pada kepala udang terdapat zat astaxanthin, zat tersebut terbukti mampu menyembuhkan gejala gejala yang terdapat pada mata. Kandungan ini akan menyingkirkan penghalang yang terdapat pada retina mata dan membuat mata kita kembali menjadi jernih dan sehat.
  4. Susu
    Produk susu seperti susu dan yogurt ini ternyata juga baik untuk mata kita lho. Karena keduanya mengandung vitamin A dan juga mineral seng. Vitamin A ini mampu melindungi kornea, sementara seng membantu membawa vitamin itu ke dalam mata.

Makanan Apa Yang Kaya Akan Kandungan Beta Karoten Vitamin A?

Makanan Apa Yang Kaya Akan Kandungan Beta Karoten Vitamin A?

Setelah membahas tentang makanan yang bagus untuk mata. Kali ini kita akan membahas tentang makanan apa yang kaya akan kandungan beta karoten vitamin a? berikut ini adalah beberapa sayuran yang mengandung beta karoten vitamin A :

  1. Wortel
    Wortel adalah salah satu kandungan utama yang terdapat dalam wortel ini yaitu beta karoten. Beta karoten merupakan pigmen yang ada didalam tanaman yang berwarna merah, jingga, dan kuning. Ketika didalam tubuh, beta karoten ini akan berubah menjadi vitamin A.
  2. Ubi Jalar
    Di dalam sebuah ubi jalar, terkandung sekitar 1.400 mcg vitamin A. Kandungan vitamin A yang ada pada ubi ini lebih tinggi dari sayuran yang mengandung vitamin A lainnya, seperti wortel dan juga brokoli.
  3. Tomat
    Tomat memang ini tidak ada tandingannya. Si merah yang bulat ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran ataupun juga sebagai jus. Di balik penampilannya yang menarik, tomat ini ternyata mengandung 449 mikrogram beta karoten dan 101 mikrogram alpha karoten di dalam 100 gram tomat yang matang. Tomat ini juga tinggi kandungan antioksidan yang disebut sebagai likopen. Klorofil dan karotenoid seperti likopen ini bertanggung jawab atas warna tomat yang berubah ubah sesuai tingkat kematangannya.

Berikut adalah pembahasan saya tentang sayuran yang mengandung vitamin A. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.