8 Buah yang Mengandung Vitamin B, Wajib Tahu!

Buah yang Mengandung Vitamin B

Nutrisi adalah asupan makanan yang berhubungan dengan kebutuhan gizi yang sehat bagi tubuh. Didalam tubuh memerlukan nutrisi utama seperti protein, karbohidrat, dan lemak guna menjaga daya tahan tubuh. Setiap vitamin memiliki perannya masing-masing, seperti vitamin B. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nutrisi adalah proses dimana tubuh menyerap dan mengolah zat makanan, ilmu gizi, dan segala makanan yang mengandung gizi, seperti buah. Beberapa buah yang mengandung Vitamin B sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Buah merupakan salah satu sumber nutrisi tambahan yang dibutuhkan tubuh, salah satunya vitamin dan mineral dari kandungan buah. Vitamin B pada buah digunakan tubuh untuk membentuk energi dalam tubuh manusia. Mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin B berfungsi memperlancar kegiatan manusia. Kita haruslah mengetahui buah yang mengandung Vitamin B agar dapat memilih buah yang dapat dikondisikan sesuai dengan kebutuhan kita.

Vitamin adalah nutrisi organik yang dibutuhkan sejumlah kecil untuk berbagai fungsi biokimia dan  umumnya tidak disintesis oleh tubuh. Oleh karena itu, tubuh  harus memenuhi vitamin yang bersumber dari makanan. Vitamin pertama yang ditemukan adalah vitamin A dan B,yang larut dalam lemak dan air.  Klasifikasi vitamin yang larut dalam air merupakan anggota dari  B kompleks kecuali Vitamin C dan vitamin yang larut dalam lemak dalam urutan abjad (Vitamin A, D, E, K). Kelebihan vitamin dalam tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk urin, sehingga tidak akan terjadi toksisitas.

Buah yang Mengandung Vitamin B

Buah yang Mengandung Vitamin B

Nutrisi yang tepat dalam arti makanan yang bergizi merupakan dasar untuk mencegah berkembangnya penyakit kronis dan untuk umur yang sehat dan panjang. Anda tidak hanya akan hidup  lebih lama, tetapi kualitas hidup Anda juga akan meningkat.  Untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu, makan dengan benar sesuai dengan petunjuk ahli gizi, ahli gizi, atau ahli gizi dapat membantu  mengelola gejala dan mencegah  komplikasi. Adapun buah yang mengandung Vitamin B, antara lain:

  1. Jeruk limau gedang
  2. Nanas
  3. Peach
  4. Jeruk
  5. Semangka
  6. Stroberi
  7. Pisang
  8. Melon

Vitamin B jika ditelusuri ternyata memiliki beberapa jenis, yaitu ada 8 macam jenis Vitamin B, diantaranya adalah Vitamin B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Pantothenic Acid), B6 (Pyridoxine), B7 (Biotin), B9 (Folic Acid) dan B12 (Cobalamin) yang jika lengkap disebut dengan vitamin B kompleks. Pemirsa, itulah buah yang mengandung vitamin b yang dapat Anda temukan dengan mudah untuk dikonsumsi dengan rutin.

Vitamin B pada Makanan Apa saja?

Vitamin B pada Makanan Apa saja?

Makanan adalah sumber energi atau bahan bakar bagi manusia, didalam makanan sendiri terdapat banyak sumber energi seperti, gizi, vitamin dan lain-lain. Kandungan vitamin dalam makanan merupakan salah satu unsur yang berfungsi sebagai kekebalan dalam tubuh dan jika kekurangan vitamin dalam makanan dapat menyebabkan kondisi yang kurang baik pada tubuh manusia itu sendiri. Vitamin B pada makanan apa saja?

Secara umum vitamin B pada makanan berfungsi sebagai penghasil energi (metabolisme). Tidak hanya vitamin B12, di dalam tubuh manusia tidak dapat menyimpan vitamin B dalam jangka waktu yang lama. Berikut merupakan berbagai pilihan makanan yang mengandung vitamin B antara lain:

  1. Salmon
  2. Sayur berdaun hijau
  3. Hati dan jeroan
  4. Telur
  5. Dusu
  6. Daging sapi
  7. Kerang legum
  8. Daging ayam.

Sayuran Apa saja yang Mengandung Vitamin B?

Sayuran Apa saja yang Mengandung Vitamin B?

Selain sumber hewani, seperti susu dan daging, sayuran yang mengandung vitamin B termasuk dalam sumber nabati. Di dalam sayuran ada salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk dapat menjaga kesehatan tubuh dan mengoptimalkan fungsi pada organ penting manusia. Vitamin B banyak ditemukan dalam makanan sehari-hari, seperti sayur. Sayuran apa saja yang mengandung Vitamin B?

Jadi resiko yang dapat timbul jika tubuh kurang mendapatkan vitamin B, antara lain, iritasi, gigi berlubang, gangguan sistem saraf, dan tubuh terasa lemas. Jadi, mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin B penting untuk tubuh. Berikut beberapa sayuran yang mengandung vitamin B diantaranya:

  1. Bayam
  2. Kembang kol
  3. Mentimun
  4. Lobak
  5. Brokoli.

Apa saja Manfaat Vitamin B?

Apa saja Manfaat Vitamin B?

Sebagai salah satu vitamin yang larut dalam air bersama dengan Vitamin C, Vitamin  B kompleks banyak ditemukan dalam nutrisi sehari-hari, terutama pada sumber makanan hewani seperti telur, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, daging, dan produk susu. Apa saja manfaat vitamin B?

Umumnya, vitamin B kompleks berfungsi dalam produksi energi, hormon dan kolesterol, serta memelihara fungsi organ di otak, mata, pencernaan, saraf, jantung, metabolisme sel dan eritropoiesis.

Bagi wanita, vitamin ini sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui, terutama bagi wanita, karena dapat mendukung perkembangan otak janin dan mengurangi resiko cacat lahir. Ini mengurangi mual dan mengurangi risiko preeklampsia.

Pada pria, masuk akal untuk meningkatkan kadar testosteron. Tingkat testosteron secara alami menurun seiring bertambahnya usia, vitamin ini membantu  membangun otot dan membangun kekuatan.

Tubuh juga memberi sinyal ketika dirasa masih membutuhkan vitamin B yang masih sering diabaikan. Ini sebenarnya dapat menyebabkan penyakit tertentu. Gejala yang ditimbulkan adalah termasuk anemia, bibir kasar, lidah bengkak, ruam, pelupa, pusing, mual, kram perut, diare atau sembelit, dan kesemutan atau mati rasa di lengan dan kaki. 

Manfaat Lainnya

Untuk memanfaatkan sepenuhnya peran vitamin B kompleks dalam tubuh, Anda memerlukan pola makan seimbang yang mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh Anda. Dibantu dengan mengkonsumsi suplemen-suplemen vitamin B. 

Kesehatan fisik tidak terlepas dari pencapaian gizi yang baik dan pola hidup yang sehat. Namun, kondisi masyarakat  yang sibuk saat ini, tidak jarang harus memenuhi nutrisi dari makanan yang dibutuhkan tubuh. Padahal, untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Salah satu pilihannya adalah dengan mengonsumsi vitamin tubuh dan suplemen tambahan untuk menunjang kebutuhan nutrisi harian Anda. Namun, jangan lupa  untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Agar tidak terjadi kelebihan dosis.

Jika berlebihan dalam pengkonsumsian, maka akan menyebabkan efek toksik dan lama kelamaan akan menimbulkan penyakit saraf. Hipervitaminosis B kompleks akan menyebabkan mual, liver berlemak, luka pada usus, meninggikan kadar gula dan juga asam urat dalam darah, serta timbulnya perubahan pada kulit.

Beberapa jenis suplemen dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya suplemen seperti vitamin, mineral, asam amino dan asam lemak. Ada juga suplemen dalam berbagai bentuk, mulai dari powder shake, liquid, tablet, kaplet, pil, softgels hingga masker. Anda dapat memilih produk suplemen sesuai dengan kebutuhan dan bentuk yang Anda inginkan.

Tidak hanya untuk Vitamin B saja, namun keseimbangan vitamin yang lain juga harus diperhatikan, karena jika berlebihan atau kekurangan, sama-sama akan menjadikan tubuh kita tidak dalam kondisi yang baik.  Baiknya mengkonsumsi  zat gizi dari bahan yang alami seperti dari bahan hewani dan nabati.

Baiklah, sekian artikel kali ini. Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.