Apa itu Akulturasi? Penasaran kan, Baca Disini!

Apa itu Akulturasi

Apakah kalian pernah mendengar kata akulturasi? Pasti banyak dari kalian yang pernah mendengar kata ini, tetapi apakah kalian tahu arti kata ini? Pada kesempatan kali ini aku akan membahas apa itu akulturasi.

Akulturasi ini memiliki banyak definisi menurut para ahli tetapi definisi umumnya dari proses ini adalah proses perpaduan antara dua kebudayaan atau bisa lebih sehingga melahirkan bentuk kebudayaan baru oleh suatu kelompok masyarakat tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan dari masyarakat itu sendiri.

Yuk langsung saja kita simak pembahasan mendalam tentang apa itu akulturasi.

Apa yang Dimaksud dengan Akulturasi itu?

Apa yang Dimaksud dengan Akulturasi itu?

Seperti yang dijelaskan pada sebelumnya tentang apa itu akulturasi. Kali ini aku akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan akulturasi itu?

Akulturasi itu adalah perpaduan antara dua budaya atau lebih tanpa menghilangkan ciri khas dari budaya masyarakat itu sendiri, tetapi kali ini aku juga akan memberi kalian definisi proses ini dari para ahli. Berikut ini contohnya:

  • Koentjaraningrat
    Menurut Koentjaraningrat proses ini adalah proses sosial yang terjadi bila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing yang berbeda dari budayanya. Proses sosial itu akan berlangsung hingga unsur kebudayaan asing itu diterima oleh masyarakat dan diolah ke dalam kebudayaan mereka sendiri.
  • Leininger
    Leininger mendefinisikan bahwa proses ini adalah proses di mana seorang individu atau kelompok dari budaya A belajar bagaimana untuk mengambil nilai nilai, perilaku, norma, dan juga gaya hidup budaya B.
  • Robert Redfield dan kawan kawan
    Mereka mendefinisikan bahwa proses ini adalah sebuah dari berbagai fenomena yang dapat timbul ketika adanya kelompok-kelompok individu yang memiliki perbedaan budaya asli dari salah satunya atau kedua kelompok.
  • Soerjono Soekanto
    Menurut Soerjono Soekanto arti proses ini adalah suatu proses sosial yang timbul jika suatu kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaannya dihadapkan pada unsur unsur kebudayaan asing di mana unsur unsur kebudayaan asing tersebut lambat laun akan melebur ke dalam kebudayaan asli dengan tidak menghilangkan kepribadian kedua unsur kebudayaan tersebut.

Apa Contoh dari Akulturasi Kebudayaan?

Apa Contoh dari Akulturasi Kebudayaan?

kalian tahu apa contoh dari akulturasi kebudayaan? ini adalah beberapa contoh dari prosesnya: 

  • Seni Bangunan
    Bentuk – Bentuk dari bangunan candi di Indonesia pada umumnya adalah bentuk dari perpaduan 2 kebudayaan antara unsur – unsur budaya Hindu – Buddha dengan unsur budaya indonesia asli. Seperti Candi Borobudur.
  • Seni Musik
    Seni musik ini juga termasuk perpaduan 2 kebudayaan yaitu musik etnik. Musik etnik ini memadukan 2 jenis musik yaitu musik modern dan musik tradisional tanpa menghilangkan ciri khas masing masing ciri khas dari kedua musik tersebut.

Apa saja Bentuk Bentuk Akulturasi?

Apa saja Bentuk Bentuk Akulturasi?

Sekarang aku akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja bentuk akulturasi?

Bentuk akulturasi ada bermacam-macam, antara lain adalah:

  • Substitusi
    Substitusi adalah proses penggantian unsur budaya yang lama dengan yang baru dengan memberikan nilai tambah bagi yang menggunakan.
  • Sinkretisme
    Sinkretisme adalah proses perpaduan unsur budaya lama dengan yang baru.
  • Addition
    Additio atau tambahan adalah proses pengombinasian dua unsur budaya yang memberikan nilai tambah.
  • Deculturation
    Deculturation adalah penggantian unsur budaya lama dengan unsur budaya baru.
  • Originasi
    Originasi adalah proses masuknya unsur budaya baru yang memberikan perubahan signifikan kepada budaya yang ada dalam suatu masyarakat.
  • Rejection
    Rejection adalah penolakan terhadap unsur kebudayaan yang masuk. Hal ini bisa penyebabnya karena unsur yang baru tersebut mereka anggap bisa memberi dampak negatif kepada suatu masyarakat. 

Penutup

Sekian pembahasan saya tentang apa itu akulturasi.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.