Apa Itu Anomali, Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Anomali

Apakah kalian sering mendengar apa itu anomali. Ya kata tersebut memanglah tidak asing dan kita semua juga sering mendengarnya. tetapi, tahukah teman teman apa itu anomali. Anomaly adalah istilah umum yang merujuk kepada keadaan yang menyimpang atau keanehan yang terjadi atau dengan kata lain tidak seperti biasanya.

Anomaly juga sering disebut sebagai suatu kejadian yang tidak bisa diperkirakan atau diprediksi sehingga sesuatu yang terjadi akan berubah-ubah dari kejadian biasanya. Secara umum, anomaly ada dua dimensi, yaitu dimensi fisik dan dimensi perilaku.

Dari dimensi fisik anomaly yang digambarkan sebagai suatu penyimpangan satu bagian atau bahkan tubuh manusia secara keseluruhan. Dari aspek dimensi perilaku, anomaly banyak diadaptasi dari ilmu sosiologi, psikologi, dan ekonomi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Anomali?

Apa Yang Dimaksud Dengan Anomali

Setelah kalian mengetahui gambaran tentang apa itu anomali, kali ini kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan anomali? menurut penulis C.P. Chaplin pengertian anomaly adalah suatu penyimpangan secara individu maupun sosial. Sebagai contoh dalam bidang ekonomi, anomali dilihat pada penyimpangan keadaan harga yang ada di pasaran, tidak sesuai dengan harga yang seharusnya berlaku.

Anomaly juga bisa berarti secara umum mengandung kelemahan yaitu kurang punya kekuatan untuk bisa melakukan suatu perubahan ketika kondisi mayoritas tersebut dihadapkan kepada norma yang berlaku, seperti ketentuan hukum, aturan toleransi sosial yang berlaku.

Kalau dalam bidang politik, dapat diambil contoh dalam lingkungan dimana aktivitas korupsi telah menjadi sesuatu hal yang sangat biasa, justru orang atau pejabat yang tidak melakukan korupsi ini yang akan dianggap sebagai anomaly.

Anomaly ini sendiri tidak lagi berbicara sekedar penyimpangan dari hal yang biasa atau umum atau kondisi mayoritas, tapi bisa juga secara lebih luas meliputi penyimpangan dari norma yang seharusnya,

sesuai aturan ketentuan, hukum maupun toleransi sosial yang kaitannya dengan kedudukan dan peran seseorang dalam suatu lingkungan.

Apa Itu Anomali Sosial?

Apa Itu Anomali Sosial

Setelah kita membahas secara mendetail tentang anomaly, kali ini kita akan membahas tentang apa itu anomali sosial? Anomaly sosial dalam studi masalah sosial dapat dikategorikan kedalam perilaku yang tidak sesuai dengan yang dilakukan oleh seseorang. Hal tersebut dikarenakan perilaku dari seseorang yang tidak sesuai secara signifikan dengan norma yang berlaku.

Di dalam perspektif ini, masalah sosial Sering terjadi karena terdapat sebuah anomaly sosial dari berbagai aturan-aturan sosial ataupun dari norma-norma sosial yang berlaku. Untuk mengetahui latar belakang dari anomali sosial ini perlu dibedakan adanya perilaku yang tidak disengaja dan juga yang disengaja.

Perilaku yang tidak disengaja diantaranya karena pelaku kurang memahami aturan-aturan yang ada. Sedangkan perilaku yang disengaja bukan karena si pelaku tidak mengetahui aturan. Hal yang relevan untuk memahami bentuk perilaku tersebut, adalah mengapa seseorang melakukan tindakan anomaly,

sedangkan ia tahu apa yang dilakukan melanggar aturan. Istilah anomali adalah dalam sisi norma ini dapat dipakai untuk menunjukkan perilaku pejabat pemerintahan yang menyimpang dari fungsi-fungsi pemerintahan, ataupun anggota legislatif yang menyimpang dari norma kelembagaan legislatif.

Apa Lawan Kata Dari Anomali?

Lawan Kata Dari Anomali

Apakah kalian pernah bertanya tanya apa lawan kata Dari anomali? Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, lawan kata kata Dari anomaly adalah normal, konvensional. Antonim atau lawan kata adalah kata yang berlawanan makna dengan kata lain.

Sekian pembahasan saya tentang apa itu anomali. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.