Apa Itu Arogan? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Arogan

Halo teman teman, bagaimana kabar kalian? Semoga kita semua baik ya. Apakah kalian pernah mendengar kata arrogant? Tentunya pernah kan. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang apa itu arogan.

arrogant ini dapat didefinisikan sebagai sebuah perasaan yang menjadikan seseorang merasa paling hebat atau superior dibandingkan dengan orang lain. Sifat ini dimanifestasikan ke dalam tindakan yang angkuh, congkak, pongah dan juga suka memaksakan kehendaknya. Dengan kata lain, arrogant ini adalah sinonim dari sombong, namun juga disertai dengan sebuah tindakan fisik.

Sifat arrogant ini seringkali muncul dari kekhawatiran dari dalam diri akan pendapat orang lain yang dinilai telah melecehkan mereka. Orang yang memiliki sifat arrogant merasa harus selalu lebih baik agar mereka mendapat afirmasi atau pengakuan positif dari orang lain. Yuk langsung saja kita bahas apa itu arogan secara mendalam.

Apa Yang Dimaksud Sikap Arogan?

Apa Yang Dimaksud Sikap Arogan

Setelah mengetahui gambaran tentang apa itu arogan. kali ini kita akan membahas secara mendetail tentang apa yang dimaksud sikap arogan? Arrogant ini adalah sifat yang tidak terpuji. Seseorang yang memiliki sifat arogan akan selalu menyombongkan dirinya sebagai individu atau juga bagian dari kelompok tertentu. menjadi keras kepala dan juga sulit untuk menerima saran dari orang lain meski saran tersebut adalah saran yang masuk akal. Orang yang memiliki sifat arrogant ini juga cenderung tidak peduli dengan kepentingan orang banyak karena mereka lebih berfokus pada diri sendiri mereka sendiri atau yang sering disebut juga sebagai egois.

Adapun beberapa alasan yang mendorong seseorang menjadi arrogant, diantaranya disebabkan oleh :

1. Merasa memiliki kelebihan dibanding kebanyakan orang

Kelebihan disini dapat berupa harta, jabatan, ilmu dan juga relasi.

2. Karena iri dengan pencapaian orang lain

Jadi mereka bersikap arrogant agar menunjukan kalau mereka memiliki sesuatu yang tidak orang lain miliki

3. Merasa Harus memiliki citra yang baik di hadapan khalayak umum.

Ketika tindakanya dikoreksi, orang arrogant justru tidak akan menerima dan malah bersikap menolak kebenaran dengan memaksakan pendapat mereka.

Dilihat dari alasannya, sikap arrogant biasanya hinggap pada mereka yang telah mendapatkan sebuah kesuksesan. Misalkan saja seorang pebisnis yang akhirnya memiliki sebuah usaha yang sangat besar. Karena keberhasilannya, dia menjadi bersikap arrogant dan tidak menerima saran maupun kritik dari para relasi relasinya. Hal ini dapat terjadi karena seseorang yang telah mendapatkan jabatan. Dia merasa superior dan orang lain harus patuh kepada dia.

Dari bahasan sebelumnya, ada cara untuk menghindarkan diri dari sifat arrogant ini. Arrogant digambarkan sebagai sifat yang muncul ketika seseorang telah berhasil atau sukses. Hal yang harus dilakukan untuk menghindari sifat arogan ini ternyata tidaklah sulit, caranya sederhana, yaitu hanya dengan sadar diri.

Melalui sadar diri ini kita sebagai manusia akan memiliki kesempatan untuk merenungi apa yang telah kamu korbankan dan juga apa yang telah kamu capai.

Dengan demikian, kamu akan menjadi sadar kalau kalian ini tidaklah istimewa dibanding orang orang diluar sana. Bahkan bisa jadi dengan bantuan merekalah kalian bisa mencapai apa yang saat ini sudah kamu raih

Apa Lawan Kata Dari Arogan?

Apa Lawan Kata Dari Arogan

Setelah mengetahui tentang arogan secara mendetail, kali ini aku akan menjawab tentang pertanyaan apa lawan kata dari arogan? lawan kata dari arogan menurut kamus tesaurus bahasa indonesia adalah rendah hati.

Apa Sinonim Dari Kata Arogan?

Apa Sinonim Dari Kata Arogan

Setelah kita membahas tentang lawan kata atau antonim dari kata arogan, kali ini kita akan membahas tentang apa sinonim dari kata arogan? Menurut tesaurus bahasa indonesia, sinonim dari kata arogan adalah tinggi hati, angkuh, bengah, besar cakap, besar kepala.

Sekian pembahasan saya tentang apa itu arogan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.