Apa Itu Asumsi? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Asumsi

Kalian pernah gak sih memiliki pendapat sendiri? Baik untuk hal yang kalian tahu sebelumnya ataupun tidak. Namun, anggapan tersebut belum benar kepastiannya. Itu hanya menjadi dugaan kalian sebagai individu yang belum tahu kebenaran aslinya. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak sobat-sobat di rumah guna membahas mengenai apa itu asumsi.

oleh sebab itu,  yuk simak pembahasan di bawah ini tak hanya mengulas perihal Apa Itu Asumsi saja, tapi ada beberapa poin atau materi penting mengenai persoalan apa itu asumsi. Oleh sebab itu, kalian harus membaca artikel ini sampai habis ya, agar menambah wawasan dan juga pengetahuan kalian.

Apa Yang Dimaksud Dengan Asumsi?

Apa Yang Dimaksud Dengan Asumsi?

Selanjutnya, kita masuk ke dalam pembahasan pertama yaitu apa yang dimaksud dengan asumsi?

Asumsi merupakan salah satu istilah untuk tanggapan seseorang mengenai kebenaran suatu hal, dan perlu dibuktikan kebenarannya terlebih dahulu. Dugaan sementara bisa dibuat oleh seluruh individu tentang apa saja jenis tanggapan tanpa ada persyaratannya. Jadi secara garis besar tanggapan adalah sebuah pernyataan, yang sudah dianggap benar oleh orang pembuat dugaanya

Berarti, tanggapan ini bukan fakta ya sob! perlu adanya suatu bukti untuk membuktikan kebenarannya secara langsung.

Oleh sebab itu, agar menambah pemahaman kalian perlu mengetahui berbagai jenis tanggapan dalam berbagai bidang. Berikut penjelasannya:

ASUMSl BIDANG EKONOMI.

Biasanya beranggapan pada bidang satu ini menggunakan teori Ceteris Paribus. Bahwasannya menyatakan hubungan antara jumlah barang dan harga barang, berfungsi guna menurunkan variabel untuk menyederhanakan formula dalam ekonomi.

ASUMSl BIDANG FILSAFAT.

yaitu berspekulasi dengan realitas pada hakikat yang ada. Baik untuk wujud nyata maupun abstrak,  berfungsi mendapatkan ilmu pengetahuan dan bisa menjadi suatu landasan dalam penelitian sampai terbukti kejelasan serta kebenarannya.

ASUMSl BIDANG PENELITIAN.

Ternyata terdapat dugaan juga loh dalam bidang penelitian. Dugaan sementara ini akan diuji dengan percobaan  tentunya ada langkah khusus untuk mendapatkan hasil  sebenarnya. Jawaban awal sebelumnya tidak bisa dikatakan salah karena hanya perspektif peneliti.

Apa Kata Lain Dari Asumsi?

Apa Kata Lain Dari Asumsi?

Sinonim merupakan persaman kata  memiliki arti dan makna  sama, hanya penulisan atau penyebutannya saja yang berbeda. Pada materi persoalan tentang  apa itu asumsi juga aku akan menjelaskan, Apa Kata Lain Dari Asumsi?

yaitu diantaranya Tanggapan, dugaan, hipotesis, ide, proposisi. jalan fikiran, opini, usulan, postulat, teori, patokan dugaan, spekulasi, anggapan, kesimpulan, paham, pengertian, premis, proposaI, dan masih banyak lain.

Penggunaan sebutan dari sinonim tersebut bisa teman-teman gunakan untuk menyusun laporan, artikel, karya tulis, karya ilmia, atau karya lainnya guna mengembangkan kosakata sehingga banyak ilmu pengetahuan baru yang didapatkan.

Apa Itu Asumsi Dalam Penelitian?

Apa Itu Asumsi Dalam Penelitian?

Selanjutnya kita masuk pada pembahasan terakhir. Kalian semua tau gak sih apa itu asumsi dalam penelitian?

Mungkin untuk teman-teman yang dulu berasal dari Sekolah menengah atas jurusan IPA, sudah tak asing melakukan aktivitas penelitian baik di sekolah maupun rumah. Penyusunan laporan penelitian atau karya ilmiah lainnya juga memerlukan berbagai langkah-langkah agar menghasilkan susunan yang sistematis dan juga  terstruktur. Nah, ternyata terdapat dugaan atau tanggapan juga loh di sini.

Tanggapan tersebut ialah Hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban sementara yang kalian tentukan sebelum melakukan percobaan. Agar jawaban tersebut  dapat masuk kategori salah atau benar harus melakukan pembuktian melalui penelitian.

contoh hipotesis : Pertumbuhan kacang tanah dipengaruhi oleh suhu dan juga kadar air.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.