Apa Itu Berorientasi? Ini Penjelasannya!

apa itu berorientasi

Mungkin kita sering mendengar kata ini, namun kita masih bingung tentang artinya. Lantas, apa itu berorientasi? Mengenal istilah ini dalam bahasa Indonesia yaitu mengarah pada pandangan yang mendasari cara berpikir seseorang. Yang mana, maknanya dapat didefinisikan sebagai penentuan sikap individu berdasarkan cara berpikir dan cara pandangan orang terseut pada suatu hal. Ada 3 jenis orientasi yang dapat dijadikan definisi lebih jauh tentang istilah ini, yaitu orientasi waktu, tempat, dan juga sesuai dengan objek. Ketiga jenis tersebut mengacu pada kemampuan seseorang untu memahami waktu, batasa, dan juga menunjukan identitas.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), berorientasi artinya melihat-lihat atau meninjau (agar lebih kenal atau lebih mengetahui), mempunyai kecenderungan pandangan ataupun menitikberatkan pandangan. Jadi, orientasi ini biasanya dilakukan di sekolah dan juga di dunia kerja.

Tujuan dari orientasi di sekolah, adalah sebagai berikut :

  • Siswa dapat mengenal dan memahami lingkungan sekolah yag baru
  • Siswa mengenal dan dapat beradaptasi di lingkungan sekolah
  • Siswa bisa mengembangkan diri secara baik dan optimal
  • Siswa dapat menyiapkan fisik, mental dan juga emosional untuk mengahadapi lingkungan baru
  • Siswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang biasanya diselenggarakan oleh pihak sekolah
  • Mematuhi dan juga memahami aturan yang berlaku

Selain itu, ada juga tujuan dariĀ  orientasi pada sebuah perusahaan, yaitu sebagai berikut :

  • Memberikan perasaan disambut dan diterima kepada karyawan baru
  • Karyawan baru mendapatkan informasi penting guna membantu karyawan melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
  • Karyawan baru dapat mengetahui dan memahami informasi terkait organisasi, visi dan misi, nilai-nilai, dan juga budaya dari perusahaan
  • Karyawan baru bisa merasa nyaman dalam perusahaan dan juga organisasi sehingga dapat bersosialisasi.

Apa itu Orientasi dalam Teks Ulasan

Apa itu Orientasi dalam Teks Ulasan

 

Setelah kita mengetahui apa itu berorientasi, ternyata juga ada sebutan orientasi dalam sebuah teks ulasan loh. Lantas, apa itu orientasi dalam teks ulasan?

Orientasi dalam teks ulasan merupakan sebuah struktur dalam teks ulasan. Orientasi ini merupakan bagian utama yang menerangkan terkait gambaran umum pada suatu karya film, lagu, buku, sampai karya sastra dan juga seni lainnya. Pada bagian orientasi ini akan memberikan beberapa penjelasan kepada pembaca tentang apa yang nantinya akan terbahas dalam teks ualasan.

Apa Kata Lain dari Berorientasi?

Apa Kata Lain dari Berorientasi?

Apa kata lain dari berorientasi? Pertanyaan ini akan muncul setelah kita mengetahui apa itu berorientasi. Hal itu karena kita ingin tau padanan kata yang mirip dengan istilah yang satu ini. Jadi, kata lain dari berorientasi adalah mengarah, berkiblat, membidik, memusat, dan memfokus.

Makna dari kata-kata di atas hampir sama dengan istilah ini.

Contoh Orientasi

Contoh orientasi

Telah paham dengan apa itu berorientasi, ternyata paham maknanya bukan berarti kita telah paham sepenuhnya dengan istilah yang satu ini. Berikut ini beberapa contoh orientasi supaya kita lebih memahami makna dari istilah ini.

Orientasi di sekolah, contohnya yaitu adanya Masa Orientasi Siswa (MOS). Kegiatan inilah yang berguna untuk membantu memperkenalkan dan memberikan informasi kepada para siswa tetang mata pelajaran, kegiatan ekstrakulikuler, lingkungan sekolah, dan lainnya.

Orientasi di perusahaan, contohnya yaitu pengenalan karyawan baru, yang gunanya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan baik, juga untuk memahami pekerjaan yang akan dikerjakan, serta mengetahui informasi dari perusahaan tersebut.

Contoh itu merupakan salah satu contoh berorientasi yang bermanfaat untuk membantu mengenal lingkungan yang baru, membantu interaksi, dan juga dapat mendapatkan tugas yang sesuai bidangnya.

Itulah beberapa pembahasan tentang apa itu berorientasi hingga contohnya. Semoga artikel ini berguna untuk menambah informasi dan juga wawasan kita. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.