Apa itu Daging Brisket Adalah?

daging brisket adalah

Daging sapi itu mempunyai bagian bagian yang enak untuk dimakan. Salah satunya adalah daging Sapi Sandung Lamur atau daging brisket adalah Sebelumnya kalian pernah mendengar istilah sandung lamur atau brisket? Bagi seseorang istilah ini memang terdengar cukup asing. Jika kalian berbelanja di pasar tradisional, daging sandung lamur atau daging brisket adalah yang banyak dikenal.

Letak daging brisket adalah ini terletak di bagian dada bawah sapi. Sebenarnya bukan hanya sapi, semua hewan yang mempunyai bagian dada bawah seperti kerbau, kuda, atau unta juga memiliki daging sandung lamur ini.

Walaupun bukan hanya sapi yang mempunyai ini, tapi istilah tersebut adalah terminologi atau istilah yang menyatakan bahwa yang dimaksud adalah bagian dari daging sapi.

Sandung Lamur Sebagai Resep Masakan

Sesuai nama tradisionalnya, sandung lamur ini lebih dikenal dengan istilah daging rawonan. Dari nama tersebut bisa dipastikan bahwa jenis daging ini memang cocok dijadikan bahan dasar rawon.

Selain rawon, makanan yang menggunakan daging brisket sebagai bahan dasarnya adalah Asam Padeh (masakan khas padang), semur, gulai dan soto.

Brisket itu Bagian Apa?

Brisket itu Daging Bagian Apa?

Daging Brisket itu daging bagian apa? Daging ini atau sandung lamur merupakan bagian daging yang cocok diolah dengan metode memasak lambat.

Saat dimasak, bagian daging ini memiliki tekstur yang juicy, sedikit kering, dan kenyal. Jenis potongan daging ini adalah point dan flat.

Apakah Daging ini Lembut?

Apakah Daging Brisket Lembut?

Dari tadi kita sudah membahasnya tetapi apakah daging brisket lembut? Selain bagian sirloin dan tenderloin, kalian pasti mengenal bagian lain dari daging sapi yaitu brisket atau yang masyarakat Tanah Air dikenal sebagai sandung lamur. Daging ini memiliki ciri-ciri banyak lemak, hingga rasanya lebih gurih.

Daging ini terletak di bagian dada bawah di sekitar ketiak sapi. Bagian daging ini juga mempunyai keunggulan yaitu teksturnya yang lembut dikarenakan memiliki banyak lemak. Tetapi, memasak daging ini tidak boleh asal – asalan karena jika salah dagingnya akan keras dan tidak enak.

Lalu Bagaimana Cara Memasak yang Tepat?

Apa itu Daging Brisket Adalah

Menurut salah satu juri dari program ajang memasak ternama di stasiun televisi swasta, Chef Arnold Poernomo, memberikan tips memasak brisket yang utama adalah tentang waktu.

“Brisket biasanya masaknya harus lama. Kalau tidak dibraise atau disimmer dengan temperatur di bawah mendidih,”

Apa yang dimaksud dengan Brisket?

Apa yang dimaksud dengan Brisket?

Selanjutnya Apa yang dimaksud dengan brisket? Sandung lamur atau disebut dengan daging brisket adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian dada bawah sekitar ketiak. Pada nyatanya hampir semua hewan yang memiliki bagian dada bawah akan memiliki bagian daging ini, namun terminologi yang dipakai untuk bagian daging ini lebih umum dipakai untuk menyebut bagian daging sapi atau bagian daging anak sapi. Bagian ini termasuk delapan bagian sapi yang utama.

Biasanya bagian daging sapi ini agak berlemak dan digunakan untuk masakan khas Padang seperti Asam Padeh, serta untuk salah satu masakan khas Jawa Timur yaitu Rawon.

Jadi itulah yang bisa saya jelaskan daging brisket adalah bagian saping yang terletak di bagian dada. Memiliki tekstur yang lembut dan mempunyai banyak lemak didalamnya. Sekian dulu sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.