Apa Itu Daging Short Plate? Berikut Penjelasannya!

Daging Short Plate

Bagi kalian penggila makanan hidangan daging pastinya sudah tidak asing lagi dengan macam-macam bagian daging sapi, salah satunya adalah short plate. Daging short plate adalah salah satu jenis bagian daging sapi yang cukup terkenal dan disenangi oleh banyak orang.

Selain short plate, sebenarnya masih ada banyak sekali macam bagian yang lainnya, seperti slice, tenderlion, brisket, dan masih banyak lagi. Setiap bagian ini memiliki cita rasa, tekstur, dan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut Mimin berikan penjelasan tentang beberapa macam bagian bagian daging.

Short Plate

Daging short plate adalah potongan bagian yang diambil dari otot perut sapi. Bagian ini berbentuk panjang mendatar namun memiliki tekstur yang kurang lunak. Karena daging short plate adalah bagian yang bertekstur kurang emak, biasanya bagian ini diolah terlebih dahulu, seperti menjadi daging giling, beef bacon, dan semur.

Dalam cara potongan daging ala Inggris, bagian ini juga bisa dikategorikan ke dalam bagian brisket. Kalian bisa dengan mudah menemukan bagian ini di dalam masakan jepang, ya biasanya bagian ini sering sekali dimasak menjadi beef yakiniku, beef teriyaki, tongseng, dan aneka tumisan yang lainnya. Harga dari daging short plate adalah sekitar Rp. 40.000 – 60.000.

Apa Itu Potongan Brisket?

Apa Itu Potongan Brisket?

Selanjutnya kita akan membahas bagian brisket. Siapa yang tak kenal dengan bagian yang satu ini? Ya, bagian ini merupakan salah satu yang banyak orang gemari karena mengandung banyak lemak. Lalu, apa itu potongan brisket?

Potongan brisket adalah potongan daging sapi yang berada di bagian dada bawah yang berada di sekitar area ketiak sapi. Bagian ini mengandung banyak sekali lemak, sehingga sangat cocok untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan sup, seperti soto daging, rawon, hingga menjadi tetelan di dalam makanan bakso.

Bagian ini cocok sekali kalian masak menjadi makanan yang menggunakan teknik memasak yang lambat, karena ketika dimasak cukup lama teksturnya akan menjadi juicy, kenyal, dan kering. Harga dari potongan brisket saat ini ada di kisaran Rp. 70.000 – 160.000.

Daging Slice Namanya Apa?

Daging Slice Namanya Apa?

Bagi kalian yang sering mengunjungi restoran steak pastinya sudah akrab dengan potongan yang satu ini. Namun, tahukah kalian daging slice namanya apa? Slice sendiri merupakan Bahasa Inggris yang memiliki arti mengiris. Jadi dari segi bahasa, potongan slice adalah potongan daging yang diiris secara tipis-tipis.

Ya, potongan ini menghasilkan daging yang tipis yang lebar dan panjang. Potongan ini kerap kita jumpai di dalam masakan sukiyaki dan yakiniku. Slice merupakan potongan favorit oleh banyak orang, karena potongan ini biasanya mudah dan cepat matangnya, dan memiliki aroma asap yang kuat, sehingga banyak orang yang menggunakan potongan slice untuk pesta barbeque.

Jika kalian ingin mendapatkan irisan yang bagus, Mimin sarankan kalian menggunakan bagian daging sapi yang ada di bagian topside, flank, chuck roll, rump, knuckle, topside, cube roll, dan strip loin. Untuk mendapatkan daging dengan potongan slice, kalian bisa merogoh kocek dengan kisaran Rp. 45.000 – 70.000.

Daging Tenderloin Itu Apa?

Daging Tenderloin Itu Apa?

Apakah kalian tahu daging tenderlion itu apa? Daging tenderlion adalah bagian daging sapi yang berada di area has dalam yang diambil dari bagian tengah sapi. Berbeda dengan daging short plate adalah bagian daging yang kurang empuk, bagian tenderlion terkenal sangat emuk.

Karena keempukannya inilah harga bagian ini biasanya dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Selain bertekstur empuk, bagian ini juga memiliki sedikit lemak, dan lebih cepat matang dibandingkan dengan bagian yang lainnya.

Karena cepat matang, tenderlion kerap menjadi menu utama yang ada dalam barbeque. Dengan segala kelebihan yang ada pada bagian tenderlion, daging ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp. 80.000 – 120.000.

Itu dia pembahasan Mimin mengenai berbagai macam bagian daging sapi dengan berbagai tekstur yang berbeda masing-masingnya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian memahami lebih dalam bagian daging sapi, sehingga kalian bisa mengolahnya menjadi masakan yang tepat sesuai dengan karakter daging.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.