Apa Itu Dusta? Apakah Kebohongan? Real Kah?

Apa Itu Dusta

Halo teman teman, bagaimana kabar kalian? Kali ini kita akan membahas tentang apa itu dusta. Belakangan ini penggunaaan kata kata dalam ucapan dan keterangan semakin luas dan banyak juga menggunakan kata kata yang jarang digunakan. Sehingga membuat kita kadang tidak tahu maksud dari kata kata tersebut. Seperti pada penggunaan kata falsehood ini.

Penggunaan kata kata ini bisa saja Anda lihat di dunia nyata maupun di dalam dunia maya seperti di sosial media Instagram, Facebook, dan juga Twitter atau di aplikasi berbasis chat yang lainnya seperti Line, WhatsApp dan juga lain sebagainya. Yuk langsung saja kita simak secara mendalam apa itu dusta.

Dusta Itu Artinya Apa?

Dusta Itu Artinya Apa

Setelah mengetahui gambaran tentang apa itu dusta. kali ini kita akan membahas tentang dusta itu artinya apa? apakah kamu mengetahui definisi kata falsehood yang sebenarnya agar kalain paham dalam membaca kalimat yang mengandung kata tersebut. Berikut ini adalah penjelasan dan juga arti kata dusta berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online adalah:

Arti kata falsehood dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tidak benar (perkataan), yang juga bisa berarti bohong.

Apa Artinya Dusta Dan Berikan Contohnya?

Apa Artinya Dusta Dan Berikan Contohnya

Kali ini aku akan membahas tentang apa artinya dusta dan berikan contohnya? Di dalam Islam falsehood adalah sumber segala keburukan, oleh sebab itu Allah dan juga Rasulullah mengharamkannya dan mengancam pelakunya dengan berbagai macam hukuman. contoh dari perbuatan falsehood adalah :

  1. Mencuri barang orang
  2. Korupsi
  3. Bohong pada teknik perang
  4. sumpah palsu
  5. mencontek saat ulangan
  6. Mengikari Janji
  7. Menyembunyikan jati diri
  8. Memfitnah seseorang
  9. Mengkhianati seseorang
  10. Melanggar peraturan dan tidak mengakuinya

Berikut bahaya bahaya yang mengintai seseorang yang melakukan falsehood :

1. Menyebabkan orang masuk neraka.
Bahaya falsehood dalam Islam yang pertama adalah masuk neraka. Falsehood merupakan perbuatan yang zalim karena menipu orang lain dan akan berisiko menimbulkan salah paham hingga sampai pertengkaran.

2. Tidak akan mendapat syafaat dari Rasulullah
Seseorang yang senang berdusta, maka di akhirat kelak dia tidak akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah. Rasulullah tidak pernah berdusta di seumur hidupnya, karenanya Nabi tidak akan memberi syafaat pada orang yang senang berdusta.

3. Membawa pada kemunafikan
Orang berdusta tandanya dia bukan termasuk golongan orang yang mukmin, sebagaimana orang kafir terdahulu yang selalu menyebarkan kebohongan untuk mencelakakan para umat muslim. Diriwayatkan Malik dari Shafwan bin Sulaim di dalam kitab Al Muwatha.

4. Rezeki yang didapatkan tidak berkah
Seseorang yang mencari rezekinya dengan cara mendustai agama ataupun mendustai orang lain, maka rezeki yang dia dapatkan tidak akan membawa keberkahan.

5. Termasuk perbuatan maksiat
Dusta adalah perbuatan maksiat yang menimbulkan dosa yang besar, sebab termasuk perbuatan pengkhianatan terhadap kepercayaan dari orang lain. Orang yang berdusta sama seperti melakukan perbuatan perbuatan maksiat.

Sebutkan Apa Saja Bentuk Dari Dusta?

Kali ini aku akan membahas tentang sebutkan apa saja bentuk dari dusta? Bentuk dari falsehood sangatlah banyak, tetapi kali ini aku akan memberitahu bentuk falsehood yang paling sering terjadi. berikut ini bentuk bentuknya :

  1. Dusta dengan mengatasnamakan Allah beserta Rasulnya
  2. Berdusta dalam berdagang atau jual beli
  3. Berdusta untuk menertawakan orang lain
  4. Berdusta dalam hal percintaan dan juga persahabatan
  5. Berdusta kepada anak anak

 

Berikut adalah pembahasan saya tentang apa itu dusta. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, sekian terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.