Apa Itu Etiologi? Ini Bahasa Medis!

Apa Itu Etiologi

Ada beberapa kata yang masih asing ditelinga kita karena jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kata “Etiologi”, mungkin sebagian dari kita masih bingung apa itu etiologi dan juga maknanya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang kata ini.

Apa Definisinya?

Apa yang Dimaksud dengan Etiologi?

Mungkin kata ini memang jarang digunakan pada kehidupan sehari-hari karena kata tersebut digunakan dalam dunia medis. Inilah yang menyebabkan banyak orang yang masih belum mengetahui makna kata ini. Lantas apa itu etiologi? Dan apa yang dimaksud dengan etiologi?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Etiologi diartikan sebagai cabang biologi tentang penyebab penyakit, bagian ilmu penyakit tanaman, khususnya mengenai penyebab utama penyakti, sifat, ciri-ciri dan kodrat pantogen serta hubungannya dengan tanaman inang tersebut, bisa juga diartikan dengan cabang ilmu kedokteran tentang sebab dari asal penyakit.

Jadi, etiologi adalah studi yang mempelajari tentang penyebab dan asal-muasal sesuatu, serta dapat diartikan dengan suatu istilah pada bidang kedokteran yang tertuju pada suatu penyakit. Selain itu, ini juga dimaksud untuk mengidentifikasi sebuah penyakit atau gangguan kesehatan pada manusia. Sinonim dari istilah ini adalah menyebabkan, asal, atribusi, tanggung jawab, sumber, derivasi, dan juga menyalahkan.

Apa Perbedaannya dengan Epidemiologi?

Apa Perbedaan Etiologi dan Epidemiologi?

Setelah mengetahui apa itu etiologi, ternyata ada kata lain yang hampir mirip dengan istilah ini, yaitu epidemiologi. Namun, kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Lantas, Apa perbedaan etiologi dan epidemiologi? Berikut akan dijelaskan tentang perbedaan makna kedua kata tersebut.

Cabang biologi ini hampir mirip dengan epidemiologi, karena berkaitan dengan sebab dan akibat. Namun, epidemiologi ternyata lebih digunakan secara eksklusif pada bidang kedokteran, sedangkan etiologi lebih merujuk pada akar pohon sebuah keluarga, kisah dibalik nama, atau bahkan sebuah sejarah pada suatu tempat. Namun, jika digunakan dalam istilah medis, kata ini mengacu pada asal-usul suatu penyakit. Jadi, saat seseorang bertanya tentang sebuah penyakit, kapan ditemukannya, dan siapa yang memberikan nama, maka itu merujuk pada etiologi penyakit tersebut. Sedangkan epidemiologi lebih memanfaatkan sebuah metode ilmiah dengan cara observasi, deskripsi, eksperimen, dan analisis guna menentukan penyebab suatu penyakit dan menerapkan tindakan yang tepat untuk pencegahan.

Oleh sebab itu, walaupun terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan. Kedunya terlihat sama mungkin dikarenakan keduanya sama-sama terkait dan berhubungan dengan sifat penyakit.

Apa yang Dimaksud dengan Etiologi Dalam Keperawatan?

Apa yang Dimaksud dengan Etiologi Dalam Keperawatan?

Setelah mengetahui apa itu etiologi dan perbedaannya dengan epidemiologi, ternyata ada juga istilah ini dalam bidang keperawatan. Lantas, Apa yang dimaksud dengan etiologi dalam keperawatan?

Hal ini dapat dikatakan sebuah faktor penyebab, yaitu faktor personal atau klinik yang dapat mempengaruhi perkembangan masalah atau merubah status kesehatan. Yang berfungsi untuk menjadi pedoman dalam merumuskan intervensi. Unsur-unsur dalam identifikasinya dalam keperawatan, yaitu :

  1. Patofisiologi penyakit

Merupakan semua penyakit, baik kornis maupun akut yang dapat menyebabkan atau mendukung masalah

  1. Situasional

Yaitu berkaitan dengan lingkungan dan personal

  1. Medikasi

Ini berhubungan dengan program keperawatan ataupun pengobatan. Ini merupakan keterbatasan institusi atau rumah sakit, sehingga menyatakan tidak mampu memberikan sebuah perawatan

  1. Maturasional

Terdiri dari 3 faktor, yaitu :

  • Adolensent, yaitu ketergantungan dalam kelompok
  • Young adult, yaitu hamil, menikah, menjadi orang tua
  • Dewasa, seperti tekanan karier

Itulah beberapa pembahasan tentang apa itu etiologi yang dapat kita sampaikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.