Apa Itu Hierarki? Simak Ulasan Berikut!

Apa Itu Hierarki

Indonesia adalah negara yang memiliki bahasa nasional. Namun terkadang, masih banyak kata yang tidak kita ketahui makna dan artinya, meskipun sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kali ini, kita akan membahas tentang apa itu hierarki?

Apakah yang dimaksud Dengan Hirarki?

Apakah yang dimaksud Dengan Hirarki?

Mungkin beberapa kata harus kita ketahui artinya lebih mendalam tentang arti dan maksudnya. Kali ini, kita akan membahas tentang kata “hierarki”. Lantas, apa itu hierarki? Dan Apakah yang dimaksud dengan hirarki? Berikut penjelasannya!

Merupakan kata yang berasal dari Yunani, yaitu hierarchia yang artinya imam agung atau pemimpin ritus. Jadi, kata tersebut dapat kita artikan dengan suatu susunan hal (seperti objek, nilai, nama, kategori, dan lainnya) yang mana hal-hal itu dikemukakan sebagai berada di “atas”, “bawah”, “pada tingkat sama” dengan yang lainnya. Atau dapat juga diartikan sebuah kumpulan yang disusun.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), hierarki diartikan dengan tingkatan atau jenjang suatu jabatan (pangkat), atau organisasi dengan tingkat wewenang dari yang paling bawah sampai yang teratas.

Setelah mengetahui tetang apa itu hierarki, lantas bagaimana penulisan kata hierarki yang benar sesuai dengan KBBI? Manakah penulisan kata yang benar, hirarki, atau hirarkhi? Mungkin kita akan sedikit bingung mana kata yang benar. Jika kita merujuk pada KBBI maka penulisan yang benar adalah “hierarki”, yang termasuk kata baku. Sinonim dari kata tersebut adalah tingkatan, takaran, kadar, ukuran, dan juga derajat.

Secara umum, hirarki dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Hirarki struktural

Ini merupakan jenis hirarki yang digunakan untuk menguraikan masalah secara kompleks, caranya dengan mneguraikan beberapa bagian berdasarkan ciri aray besaran tertentu, misalnya jumlah, bentuk, ukuran, maupun warna.

  • Hirarki fungsional

Merupakan jenis hirarki yang menguraikan suatu masalah secara kompleks mejadi bagian-bagian sesuai dengan essensialnya. Contohnya, masalah sebuah pemilihan yang dapat diuraikan menjadi tujuan awal yaitu mecari seorang pemimpin yang sesuai dengan kriteria, dan juga alternatif pemimpin yang memenuhi syarat.

Apa Fungsi Hirarki?

Apa Fungsi Hirarki?

Setelah kita mengetahui tentang apa itu hierarki dan maksudnya, maka kita juga perlu mengetahui fungsi dari kata tersebut. Lantas, apa fungsi kata tersebut? Hirarki atau tingkatan ini berfungsi sebagai alat yang dapat mempermudah dalam memahami masalah yang rumit. Hierarki juga penting gunanya pada suatu organisasi, yaitu agar setiap anggota memahami tanggungjawab serta tugas yang dimiliki masing-masing dan juga mengerti kepada siapa mereka mempertanggungjawabkan tugas tersebut.

Apa yang dimaksud Dengan Hierarki Sosial?

Apa yang dimaksud Dengan Hierarki Sosial?

Pembahasan selanjutnya adalah tentang hirarki sosial. Apa yang dimaksud dengan hierarki sosial? Telah mengetahui apa itu hierarki, kita juga perlu mengetahui makna dari hierarki sosial ini,

Hirarki sosial merupakan kekuasaan atau pemerintahan sosial. Selain itu, juga dapat diartikan dengan pengelompokan ataupun urutan dari suatu tingkatan menjadi seperti satu struktur dalam tatanan kelompok masyarakat. Hierarki sosial ini muncul karena didalam kehidupan bermasyarakat tentunya ada sebuat kelompok yang memiliki tingkat-tingkatan, baik itu dari kemampuan, kecerdasan, kebutuhan, maupun ketertarikan terhadap sesuatu yang tentunya berbeda-beda.

Hirarki sosial ternyata memudahkan manusia untuk mengatur hidup secara teratur, sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan dan juga menjadikan tata hidup agar lebih baik. Dengan adanya hirarki sosial, manusia mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Demikianlah pembahasan tentang kata tersebut yang perlu kita ketahui supaya ilmu pengetahuan kita bertambah. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.