Apa Itu Kemaslahatan? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Kemaslahatan

Ada beberapa kata yang mungkin jarang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, dan ketika kita seseorang mengatakan kata itu membuat kita kebingungan karena pengetahuan kita yang minim tentang kata-kata yang jarang digunakan. Jadi, ada baiknya kita mempelajari kata-kata tersebut. Salah satunya kata “kemaslahatan” ini. Apa itu kemaslahatan? Pada artikel kali ini akan dibahas lebih jauh tentang istilah ini.

Menurut KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia), kemaslahatan maknanya adalah kebaikan, kegunaan, dan juga mnafaat. Sedangkan maslahat yaitu sesuatu yang mendatangkan kebaikan (keselamatan dan sebagainya), faedah, guna. Kemaslahatan juga diartikan untuk memelihara agama, harta, akal, jiwa, dan juga ketururan ataupun kehormatan.

Apa kata lain dari kemaslahatan?

Upaya untuk melahirkan kemaslahatan, maka perlu adanya memelihara tujuan syariat Islam yang menyangkut pada 5 kepentingan pokok manusia, yaitu agama, jiwa raga, akal, keturunan, dan juga harta. Jika kelima hal tersebut tidak terpelihara dengan baik dan mengabaiknnya, maka akan muncul mufsadat yaitu kerusakan.

Apa Kata Lain dari Kemaslahatan?

Setelah memahami apa itu kemaslahatan, kiata juga harus mengetahui kata lain dari kemaslahatan, supaya kita lebih mengerti dan paham tentang arti kata yang satu ini. Lalu, apa kata lain dari kemaslahatan?

Sinonim dari kata ini yaitu, kegunaan, faedah, manfaat, fungsi, dan juga arti. Itulah kata lain yang maknanya hampir mirip dengan istilah ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Maslahat dan Mudharat?

Apa yang dimaksud dengan maslahat dan mudharat?

Memahami apa itu kemaslahatan, membuat kita juga harus mengerti tentang maslahat dan mudharat. Lantas, apa yang dimaksud dengan maslahat dan mudharat?

Menurut Abdul Wahhab Khallaf, maslahat artinya mencari kebaikan dan berusaha mewujudkan kemaslahatan. Sedangkan menurut Imam Al-Ghazali, maslahat pada dasarnya adalah meraih manfaat dan menolak adanya kemudharatan. Jadi, maslahat adalah suatu konsep yang penerapannya mendatangkan manfaat dan dapat menghindari kerusakan atau kerugian.

Sedangkan, mudharat dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya sesuatu yang tidak menguntungkan, rugi, kerugian, tidak berhasil, gagal. Jadi, mudharat merupakan sesuatu yang merugikan, menyebabkan kerugian, dan juga diartikan sebagai bahaya.

Dapat disimpulkan jika kedua kata tersebut memiliki makna yang berlawanan, maslahat memiliki makna yang positif dan mudharat adalah lawan katanya, dan memiliki makna negatif.

Apa Perbedaan Maslahah dan Mursalah?

Apa perbedaan maslahah dan mursalah?

Pada pembahasan diatas telah dijelaskan apa itu kemaslahatan hingga mudharat. Kemudian, terdapat istilah lain yang masih berkaitan dengan kemaslahatan, yaitu maslahah dan mursalah. Lantas, apa perbedaan maslahah dan mursalah?

Maslahah dan mursalah merupakan satu kesatuan dan merupakan hukum Islam. Namun, keduanya memiliki makna yang berbeda. Menurut Imam Ghozali, maslahah maksudnya mengambil manfaat dan menolak kemudharatan untuk memelihara tujuan-tujuan syara. Sedangkan, mursalah memiliki arti bebas atau lepas. Maksudnya adalah bebas atau terlepas dari keterangan yang menunjukan boleh atau tidak bolehnya dilakukan.

Maslahah mursalah merupakan sesuatu yang baik menurut akal, tapi dengan melakukan pertimbangan dapat mewujdukan kebaikan da menghindarkan keburukan bagi manusia dan makhluk hidup. Ada beberapa contoh dari maslahah mursalah, yaitu sebagai berikut :

  • Didalam Al-Qur’an dan sunnah rasul, tidak ada nash yang melarang mengumpulkan Al-Qur’an dari hafalan ke dalam bentuk tulisan. Tetapi, Abu Bakar (sahabat rasul) mengumpulkan dan menulis Al-Qur’an dalam satu mushaf karena maslahat, yaitu untuk menjaga Al-Qur’an dari kepunahan karena meninggalnya sejumlah penghafal Al-Qur’an dari generasi tersebut.
  • Tuntutan untuk tidak melakukan ibadah secara berjamaah dimasa Covid-19, dibatasi untuk melakukan sholat jum’at dan sholat tarawih, menutup masjid untuk sementara, dan juga menggunakan masker saat sholat.

Itulah beberapa pembahasan mengenai apa itu kemaslahatan hingga contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.