Apa Itu Kolega? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Kolega

Halo teman teman apa kabar? pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang apa itu kolega. Beberapa waktu terakhir ini, semakin banyak orang yang sering menggunakan kata kata ataupun istilah yang sangat jarang kita dengar. Terlebih lagi pada era digital seperti sekarang, kata atau istilah yang awalnya hanya sering muncul pada suatu bidang tertentu, kini bisa berkembang secara cepat dan juga luas untuk digunakan dalam bidang yang lain. Misalnya saja adalah partner.

Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa beraktivitas di lingkungan perkantoran, mungkin kalian sudah terbiasa dengan kata atau istilah partner. Tetapi, bagi beberapa orang yang tidak terbiasa berkecimpung di dalam dunia perkantoran era sekarang, bisa jadi kurang familiar dengan kata ini.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian partner atau ko.le.ga adalah sebagai teman sejawat atau bisa juga sebagai kawan sepekerjaan. itu adalah arti dasar dari partner, pasti kalian belum puas kan? yuk langsung saja kita simak mendalam tentang apa itu kolega.

Apa Itu Kolega Dan Berikan Contohnya?

Apa Itu Kolega Dan Berikan Contohnya

Setelah kita mendapat gambaran dari apa itu kolega. kali ini kita akan membahas tentang apa itu kolega dan berikan contohnya? Pada sekitar abad 16, kata partner pertama kali digunakan di dalam bahasa Prancis, tepatnya pada tahun 1530-an dengan kata Colleague.

Kata ini berasal dari bahasa Latin yaitu collega yang juga memiliki arti teman di kantor. Kata partner ini sebenarnya merupakan bentuk asimilasi pada kata com-, yang bisa diartikan sebagai “dengan,dan juga bersama sama”.

Lalu, com- juga ditambah dengan kata leg-. Penggabungan kata ini biasanya dapat digunakan untuk memberikan instruksi dalam bekerja, seperti untuk mengirim bersama wakil, mengirim dengan komisi, dan lain lain.

Secara konsep, partner telah berkembang dan juga dapat dikelompokan jadi dua kelompok, yaitu partner internal dan juga eksternal.

  1. Kolega Internal

Partner internal adalah teman satu tempat kerja dan berpotensi menghasilkan kerja sama.

Contoh: Kalian adalah seorang karyawan disebuah perusahaan farmasi. Dan, teman kalian yang bekerja di perusahaan farmasi tersebut merupakan seorang partner internal. Maksud kata internal adalah karena kalian dan partner berada di satu perusahaan yang sama.

  1. Kolega Eksternal

Kolega eksternal juga dapat didefinisikan sebagai seseorang yang merupakan teman sejawat yang memiliki profesi sama, tetapi dia bekerja di luar perusahaan atau tempat kerja. Praktek partner eksternal ini biasanya muncul untuk seseorang yang sering melakukan hubungan antara luar perusahaan, contohnya adalah humas.

Siapa Saja Kolega Perusahaan?

Siapa Saja Kolega Perusahaan

Setelah membahas tentang partner dan contohnya, kali ini kita akan membahas tentang siapa saja kolega perusahaan? Adalah teman sejawat, teman seprofesi, dan juga teman sekerja. Partner ini bisa berasal dari perusahaan maupun dari luar perusahaan.

Kolega dari dalam perusahaan adalah sesama karyawan yang bisa menjadi partner dalam menyelesaikan pekerjaan yang telah dipercayakan oleh sebuah  perusahaan kepada karyawan di dalam unit kerja yang bersangkutan.

Sementara kolega yang berasal dari luar organisasi adalah pihak pihak, baik perorangan maupun organisasi yang dapat membantu perusahaan di dalam mempersiapkan operasional perusahaan atau memproduksi barang atau jasa yang akan dijual ke konsumen atau pelanggan. Partner akan memberikan sebuah kontribusi bagi perusahaan meskipun hanya kecil.

Bagaimana Komunikasi Yang Baik Dengan Kolega?

Bagaimana Komunikasi Yang Baik Dengan Kolega

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana komunikasi yang baik dengan kolega? berikut ini adalah cara komunikasi yang baik dengan partner :

  1. Berkomunikasi dengan baik
  • Berbicara dengan efektif
  • Berbicara dengan penuh motivasi
  • Berbicara untuk mendapat perhatian

2. Membangun hubungan yang baik dengan partner

  • Memberikan saran yang bagus
  • Mengapresiasi rekan kerja
  • Menerima masukan dengan baik
  • Jujur dan terbuka
  • Jangan menggosip
  • Berbicara secara langsung

Berikut adalah pembahasan saya tentang apa itu kolega. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman, sekian terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.