Apa Itu Kompetitif? Berikut Penjelasannya!

apa itu kompetitif

Mungkin sebagian dari kalian belum begitu mengenal arti kata ini, dan bingung apa itu kompetitif, adalah sikap yang terbentuk dari ukuran keinginan seseorang untuk lebih maju dari orang yang lainnya. Dalam pengertian individu memiliki potensi untuk berada di situasi yang ingin terus di depan.

Secara psikologisnya apa itu kompetitif adalah suatu kepribadian yang ingin bersaing terus dan ingin hasil yang memuaskan dirinya. Namun dalam hal ini dapat kita gambarkan sebagai salah satu ciri yang kurang stabil karena merujuk ke ekstraversi dan impulsivitas.

Arti dari ekstraversi adalah seseorang yang  menyukai lingkungan yang interaktif atau kesehariannya. Mereka cukup antusias dalam hal baru dan senang bergaul. Sikap ini muncul karena perasaan ingin menjadi nomor satu dalam suatu hal. Karena perasaan mereka akan puas jika berada diatas orang lain.

Sedangkan arti dari impulsivitas adalah seseorang memiliki dorongan yang tak tertahankan untuk melakukan sesuatu hal. Menjadi impulsif adalah ketika seseorang bertindak berdasarkan instingnya mereka. Contohnya inginnya bekerja secara baik agar dapat pengakuan dari atasan, hal ini menyebabkan melakukan pekerjaan seolah olah sedang berada pada sistem kompetisi dalam pekerjaan.

Apa Artinya Dari Kompetitif?

Apa Artinya Dari Kompetitif?

Ataupun Apa artinya dari kompetitif ialah, contohnya persaingan di tempat kerja sesama rekan. Kenapa hal itu bisa terjadi, dan apa itu kompetitif di tempat kerja? Secara umum hal ini meliputi keinginan untuk berada pada posisi teratas. Atau ingin menjadi orang yang memiliki kedudukan teratas bagi sesama rekan kerja tersebut. Adanya persaingan untuk posisi jabatan, atau ingin dapat perhatian oleh bos karena bekerja dengan giat dan rajin.

Peranan pimpinan dalam hal ini perlu di perhatikan. Misal, dilakukan sistem pengerjaan pengembangan komunikasi sesama karyawan untuk tetap bekerja secara profesional dan tidak merusak suasana kerjasama tim nya.

Penghargaan dan pengakuan terhadap karyawan yang memiliki aspek prestasi yang baik perlu perusahaan lakukan, agar sebagai reward bagi karyawan teladan. Tapi, hal ini perlu di pertimbangan dengan bijak agar tidak menimbulkan kesan negatif atau keirian terhadap sesama team. Dan kecemburuan pada karyawan yang cara kerjanya tidak terlalu bagus.

Hal utama untuk menengahi persoalan sikap persaingan di tempat kerja. Dalam suatu perusahaan bisa dilakukan dengan mengadakan pelatihan atau kegiatan dengan tujuan memperkuat kerja antar group. Walapun, secara realita terdapat beberapa jarak antara kinerja satu individu dengan individu lain antar rekan.

Apa Sinonim Dari Kata Kompetitif?

Apa Sinonim Dari Kata Kompetitif?

Dari penjelasan diatas mungkin sudah jelas, tapi jika ada yang menanyakan Apa sinonim dari kata kompetitif ? Adalah bersaing dan masuk akal.

Bersaing dalam artian yang sehat sesama rekan adalah contohnya. Namun dalam bersaing tentu harus melihat keadaan sekitar, jangan hanya berfokus kepada tujuan kita saja. Melihat apakah teman saingan kita mengalami kendala atau tidak adalah sikap yang gentle atau berwibawa.

Apa Ciri Ciri Orang yang Kompetitif?

Apa Ciri Ciri Orang yang Kompetitif?

Dari orang yang suka bersaing, tentu bisa terbaca secara kasat mata. Apa itu kompetitif dan Apa saja ciri ciri orang yang kompetitif ? Adalah sebagai berikut.

  1. Selalu mengukur harga dirinya, dia berfikir harga dirinya adalah hal utama yang harus berada di tempat tertinggi.
  2. Melihat persaingan bagiannya adalah hal yang penting atau nomer satu.
  3. Menilai kemampuan diri orang lain,  dan menganggapnya lawan.
  4. Melihat semua aspek pekerjaan adalag persaingan yang harus ia menangkan.
  5. Merasa selalu kurang puas, dan ingin menunjukkan semua kemampuannya.

Demikian artikel kali ini, terima kasih waktunya dam sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.