Apa Itu Konsensus? Berikut Penjelasannya

Apa Itu Konsensus

Saat teman-teman sedang belajar kelompok atau tugas kelompok yang mengharuskan berdiskusi untuk mencapai hasil mufakat, pastinya diperlukan musyawarah untuk menghasilkan kesepakatan bersama. Biasanya sebelum mendapatkan keputusan final diperlukan diskusi agar mencapai mufakat. Lalu, apa itu konsensus?

Apakah ada hubungannya pada materi akan kita bahas kali ini? Yap tentu ada ya sobat. Pada kesempatan kali ini aku akan membantu kalian untuk membahas persoalan tentang apa itu konsensus. Oleh sebab itu, kalian harus membaca artikel ini sampai habis ya. Agar dapat menambah ilmu serta juga wawasan kalian. Berikut adalah penjelasannya.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Konsensus?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Konsensus?

Nah, kita masuk ke dalam materi pertama yaitu jelaskan apa yang dimaksud dengan konsensus?

Konsensus merupakan satu buah kata  memiliki arti yaitu kesepakatan, tentunya diambil secara bersama-sama. Kemudian, kata tersebut juga dari sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris “consensus”

Kegiatan ini biasanya dilakukan secara individu atau kelompok disetujui oleh seluruh anggota setelah melakukan baik diskusi maupun penelitian.  

Konsensus atau memiliki sinonim jalan tengah ini biasanya dijelaskan karena adanya integrasi sosial, berhubungan khusus pada norma sosial dan legitimasi. Dapat diwujudkan oleh warga atau masyarakat dengan struktur sosial yang baik serta stabil dengan seluruh elemen masyarakat dalam bertindak sebagai salah satu sistem. Adanya hasil pembentukan jalan tengah dapat terjadi melalui kerja sama antar sesama elemen masyarakat.

Contohnya:

  1. Penentuan jadwal piket kelas setiap minggu atau harinya melalui proses musyawarah.
  2. Konsensus NasionaI Membutuhkan Tokoh Bangsa
  3. Keputusan dalam menentukan suatu hal untuk kepentingan bangsa  negara.

Apa Yang Dimaksud Dengan Keseimbangan Konsensus Nasional?

Apa Yang Dimaksud Dengan Keseimbangan Konsensus Nasional?

Setelah sobat membahas tentang apa itu konsensus. Selanjutnya aku akan membawa kalian membahas mengenai apa yang dimaksud dengan keseimbangan konsensus nasional? Berikut adalah penjelasannya.

Sebagai warga negara Indonesia kita sudah pasti hafal pada makna kemudian juga sila-sila pancasila. Indonesia tentunya sudah memiliki jalan tengah yang dapat menjadi acuan dalam berintegritas yaitu Pancasila. Tujuannya agar menciptakan bangsa yang adil, makmur, damai, dan bermartabat. Guna menghadapi tantangan salah satunya perubahan, konflik, penolakan dan bentuk apapun itu  serta dapat merusak ideologi pada era sekarang ini.

Oleh karena itu, generasi muda tidak boleh buta akan ideologi bangsa Indonesia. Perlu adanya implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bernegara. Karena pada hakikatnya pancasila adalah landasan negara, untuk menyatukan seluruh bangsa indonesia demi mewujudkan keseimbangan dalam kehidupannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Konsensus Dan Konfrontasi?

Apa Yang Dimaksud Dengan Konsensus Dan Konfrontasi?

Selanjutnya kita masuk pembahasan terakhir yaitu Apa Yang Dimaksud Dengan Konsensus Dan Konfrontasi?

Konfrontasi merupakan sebuah masalah atau konflik yang terjadi pada dua pihak. Baik antara terdakwa dan juga saksi berhadapan langsung. Sedangkan, pada jalan tengah individu bertemu kemudian mencari penyelesaiannya bersama-sama guna mendapatkan keputusan yang baik.

Konflik dapat timbul dari perselisihan baik komunikasi, hubungan pribadi, dan sebagainya.

Lalu apa dampak positif dari jalan tengah dan konflik.

  1. Menciptakan suatu peraturan, bertujuan agar masyarakat dapat teratur, damai, aman.
  2. Meminimalisir pelanggaran dalam lingkup mengikat supaya jalan tengah tersebut tidak hilang.
  3. Menumbuhkan rasa solidaritas tinggi. Contohnya, di negara kita banyak pemeluk agama berbeda, adanya jalan tengah dapat meningkatkan komunikasi, kemudian rasa persaudaran semakin kuat.

Nah, pembahwan kita mengenai apa itu konsensus sudah selesai. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman di rumah . Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.