Apa Itu Kultural? Ini Penjelasannya!

Apa Itu Kultural

Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi negeri multikultur. Namun apakah teman-teman tahu apa itu kultural? Mari pelajari bersama apakah arti dari kata kultural.

Apakah Arti dari Kata Kultural?

Apakah Arti dari Kata Kultural?

Secara umum, apa itu kultural adalah suatu hal atau hal-hal yang berhubungan dengan kebiasaan atau kebudayaan dari kelompok masyarakat tertentu. Hal-hal tersebut biasanya berupa adat, tradisi, kepercayaan dan lainnya.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu kultural adalah segala hal yang berhubungan dengan kebudayaan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali kebudayaan yang dimilikinya. Hal ini membuat Indonesia tidak terkenal sebagai negara kultur, melainkan multikultur.

Multikultur sendiri berasal dari kata “multi” yang berarti banyak dan “culture” yang berarti kebudayaan. Sehingga arti dari multikultur adalah banyak kebudayaan.

Kultur sendiri memiliki landasan yang melandasinya. Landasannya adalah suatu kebudayaan yang telah ada dan menjadi jati diri dari bangsa tersebut karena telah ada sejak zaman dahulu dan tidak dapat terpengaruhi oleh budaya bangsa lain.

Kultur juga terbagi menjadi 3 hal, yaitu :

  • Ide dan nilai masyarakat

Jenis ini berarti kebudayaan yang biasa dimiliki oleh masyarakat, karena merupakan sebuah bentuk pemikiran dari masyarakat tersebut. Ini bercirikan dengan mengatur, memberi arahan dan mengendalikan perilaku masyarakat

  • Aktivitas manusia di dalam masyarakat

Jenis ini merupakan kegiatan-kegiatan yang memiliki hubungan dengan kebudayaan yang ada di tempat masyarakat tersebut tinggal. Ini biasanya berupa kegiatan sehari-hari yang sadar atau secara tidak sadar masyarakat lakukan sebagai proses interaksi dengan orang lain

  • Karya seni

Jenis ini merupakan kebudayaan yang telah dituangkan ke dalam bentuk fisik. Hal ini juga menunjukkan perkembangan apa itu kultur sendiri dari zaman ke zaman

Apa yang dimaksud dengan Sosial Kultural dan Mencakup Apa Saja?

Apa yang dimaksud dengan Sosial Kultural dan Mencakup Apa Saja?

Kultur sendiri dapat juga terlihat berdasarkan bidang-bidang lainnya. Bidang yang dimaksud adalah sosial dan pendidikan.

Apa yang dimaksud dengan sosial kultural dan mencakup apa saja adalah hubungan yang dimiliki antara kebudayaan dan tingkah laku manusia yang mencakup proses-proses yang saling mengikat dengan benda lainnya atau spiritual.

Sedangkan pendidikan kultural adalah hubungan antara kebudayaan dengan pendidikan yang bertujuan agar kebudayaan tersebut tidaklah hilang sehingga tetap terus terlestarikan.

Pendidikan kultural berbeda dengan sosial kultural, karena pendidikan merupakan upaya agar kebudayaan tetap berlangsung sedangkan sosial merupakan proses yang tercipta dari hubungan tersebut.

Terdapat beberapa contoh kultur yang ada di kehidupan sehari-hari warga Indonesia, berikut contoh-contohnya :

  • Mudik pada hari raya atau libur panjang
  • Musyawarah
  • Gotong royong
  • Melakukan ronda malam daripadamenyewa satpam
  • Ketika makan menawari orang lain

Apa Arti dari Kata Etis?

Apa Arti dari Kata Etis?

Saat membicarakan tentang kebudayaan tentu terlintas kata etis juga. Apa arti dari kata etis adalah suatu penilaian atau perbuatan yang berdasarkan kepada etika yang ada pada seseorang berdasarkan tradisi dan etika yang ia miliki dan tertanamkan sejak kecil.

Sikap etis sendiri merupakan contoh dari sosial kultural, karena merupakan sikap yang didasari oleh sosial dan kebudayaan. Contoh perbuatan etis adalah :

  • Memberikan tempat duduk di kendaraan umum kepada orang-orang yang prioritasnya (lansia, ibu hamil, itu membawa anak dan orang dengan disabilitas)
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Mengantri saat membeli barang
  • Membela kebenaran
  • Menghargai orang yang lebih tua
  • Jujur

 

Teman-teman telah mengetahui bukan apa itu kultur. Sebagai bagian dari warga Indonesia, kita semua haruslah dapat saling menghormati kebudayaan masing-masing. Tentu lebih indah bukan kalau berbeda-beda dan hidup dengan rukun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.