Apa Itu Menganalisis? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Menganalisis

Kalian pasti sudah sering akan melakukan aktivitas ini? terlebih lagi teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah baik pertama maupun atas. Kita sering melakukan kegiatan menelaah saat mengerjakan tugas. Namun tak hanya untuk para pelajar saja, aktivitas tersebut juga masih digunakan sampai kuliah hingga kerja. Oleh sebab  itu, pada kesempatan kali ini aku akan mengajak kalian untuk membahas mengenai apa itu menganalisis.

Biasanya, hal tersebut sering kalian menggunakannya untuk berbagai keilmuan. Seperti halnya matematika, bisnis, ekonomi, dan sebagainya. Di dalam artikel yang sedang kalian baca sekarang, aku akan mengajak sobat-sobat guna membahas beberapa poin mengenai materi ini loh!

Tak hanya pengertiannya saja akan dibahas, melainkan aspek-aspek lainnya. Oleh sebab itu, baca artikel tentang persoalan apa itu menganalisis sampai habis ya.

Apa Itu Analisis Dan Contohnya?

Apa Itu Analisis Dan Contohnya?

Oke sobat, sekarang kita masuk ke materi pertama tentang Apa Itu Analisis Dan Contohnya?

AnaIisis merupakan sebuah kata yang mengambil dari bahasa inggris yaitu (analysis). Memiliki arti mengurai serta melepas. Kata tersebut juga berfungsi untuk memecahkan suatu objek menjadi beberapa bagian lebih rinci serta  terdapat pemaham lebih jelas. Tetapi, kata AnaIisis sebenarnya berasal dari bahasa yunani kuno dari 2 bagian kata berbeda yaitu “ana” dan “luien”.

Namun, ada beberapa rpendapat lain mengenai makna dari analysis, yaitu suatu aktivitas berisi cara menelaah, mengurai, memilah, dengan kategori yang sudah ditentukan sesuai dengan kriteria. Pada hakikatnya kegiatan menelaah adalah proses untuk memilah elemen atau ditelaah lebih mendalam.

Berikut adalah contohnya :

  • Analysis

 Analysis ini biasanya ada pada perusahaan, mencakup strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), Threats (ancaman). Mengapa demikian? Karena membahas serta mengatur kepentingan perusahaan untuk mengetahui internal baik atau buruk dampak bagi perusahaan.

Ketiga analysis tersebut membahas satu persatu secara rinci. Karena untuk menjadikan acuan sebagai bahan perubahan jika perusahaan mengalami penurunan.

Apa Perbedaan Analisa Dan Analisis?

Apa Perbedaan Analisa Dan Analisis?

Nah, setelah kita membahas mengenai apa itu menganalisis beserta contohnya. Kalian tau gak sih ternyata ada istilah analisa dan anaIisis loh!. Lalu Apa Perbedaan Analisa Dan Analisis?

Ternyata, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau menyingkatnya menjadi KBBI penggunaan kata  baku dan benar terdapat pada kata analysis. Banyak masyarakat  menganggap jika analisa adalah bentuk  baku . Perbedaannya hanya terletak pada penyebutan atau penulisan dari keduanya. Memiliki arti yang sama, ada perbedaan diletak baku dan tak baku.

Contoh penggunaan yang benar:

  1. Fauzi telah melakukan proses anaIisis oleh jurnal dengan penelitiannya.
  2. Ahmad sedang melakukan diskusi perihal anaIisis terkait sumber daya alam alam Indonesia

Analysis juga memiliki beberapa turunan dalam penggunaannya. Dalam turunan tersebut mempunyai makna yang berbeda.

  • PenganaIisis adalah individu yang melakukan kegiatannya.
  • MenganaIisis adalah tahap melakukannya
  • PenganaIisisan adalah metode untuk melakukannya.

Bagaimana Cara Menganalisis

Bagaimana Cara Menganalisis

Kemudian kita masuk pada pembahasan terakhir yaitu Bagaimana Cara Menganalisis?

  1. Tahap pertama

Mencari dan kumpulkan informasi serta data penting

  1. Mengoreksi kembali kevalidan serta kecukupan mengenai pengumpulan data
  2. Melakukan identifikasi sesuai dengan instrumen guna mengkategorikan data berdasarkan variabel.
  3. Mencatat informasi dalam bentuk tabel
  4. Menguji data bertujuan mengetahui kualitasnya.
  5. Terakhir adalah menguji hipotesis  mengetahui hasil akhirnya.

Wah ternyata cukup banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari penjelasan di atas ya kawan? Manfaat atau tujuan yang ada di materi tersebut, bisa kalian praktikan pada kehidupan sehari-hari. Semoga penjelasan mengenai soal apa itu menganalisis dapat bermanfaat bagi para pembaca di rumah. Sampai bertemu pada materi selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.