Apa Itu Mengimplementasikan? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Mengimplementasikan

Hari ini, kita akan membahas tentang apa itu mengimplementasikan. Apa arti kata dari mengimplementasikan? Mengimplementasikan berasal dari kata dasar implementasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), implementasi berarti pelaksanaan atau penerapan.

Mengimplementasikan berarti melaksanakan atau menerapkan. Menurut Kamus Webster, dalam Bahasa Inggris, implementasi adalah implement. Dalam kamus tersebut, mengimplementasikan adalah to implement, yang berarti to provide the means for carrying out atau menyediakan sarana untuk melaksanakan sesuatu dan to give practical effect to atau untuk menimbulkan dampak/akibat terhadap sesuatu.

Itulah penjelasan tentang apa itu mengimplementasikan secara umum. Selanjutnya, kita akan membahas tentang pengertian implementasi dalam bidang-bidang ilmu.

Pengertian implementasi berbeda-beda dengan bidang ilmunya. Pengertian-pengertian implementasi berdasarkan bidang ilmu tersebut adalah sebagai berikut.

Apa Itu Mengimplementasikan

1. Implementasi dalam Ilmu Politik

Dalam ilmu politik, implementasi mengacu pada pelaksanaan sebuah kebijakan publik. Implementasi dalam bidang politik memiliki banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, seperti niat legislatif, kapasitas administrasi birokrasi pelaksana, aktivitas kelompok kepentingan dan oposisi, serta dukungan eksekutif. Dalam hubungan internasional, implementasi mengacu pada tahapan pembuatan perjanjan atau kesepakatan internasional.

2. Implementasi dalam Ilmu Sosial dan Kesehatan

Dalam ilmu sosial dan kesehatan, implementasi merupakan sebuah aktivitas yang dibuat untuk mempraktikkan program dengan dimensi yang sudah diketahui. Kegiatan ini dilaksanakan secara rinci, sehingga dapat melakukan pengamatan yang dapat mendeteksi keberadaan dan kekuatan dari aktivitas tersebut.

3. Implementasi dalam Teknologi Informasi

Dalam teknologi informasi, implementasi mengacu pada proses purnajual yang memimbing seseorang dari pembeliang hingga penggunaan software atau hardware yang dimilikinya.

Implementasi memiliki peran yang penting dalam penerapan sebuah sistem. Tujuan dari implementasi adalah sebagai berikut.

  • Menciptakan rancangan sambil menganalisa dan meneliti.
  • Membuat uji coba untuk peraturan yang akan diterapkan.
  • Menyempurnakan sistem yang sudah disepakati.
  • Memprediksi kebutuhan pengguna terhadap sistem yang dibuat.
  • Menerapkan dan mewujudkan sebuah rencana yang sudah disusun agar dapat berwujud secara nyata.
  • Menerapkan sebuah kebijakan yang ada dalah susunan rencana.

Implementasi dapat kita terapkan dan aplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Bahkan, kita sudah melakukan implementasi dalam kehidupan kita tanpa menyadarinya. Contoh dari implementasi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  • Upaya guru untuk menerapkan nilai Pancasila dan norma pada siswa-siswinya.
  • Cara orangtua mengajarkan tata karma pada anak-anaknya
  • Karyawan perusahaan menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan perusahaan.
  • Pengusaha mengelola sumber daya dengan baik sesuai dengan perencanaan.

Sekian tentang penjelasan tentang apa itu mengimplementasikan. Selanjutnya kita akan membahas tentang perbedaan antara penerapan dan implementasi.

Apakah Penerapan dan Implementasi Itu Sama?

Apakah Penerapan dan Implementasi Itu Sama?

Tadi sudah saya jelaskan apa itu mengimplementasikan. Kita juga sudah membahas tentang apa arti kata dari mengimplementasikan? Nah, apakah penerapan dan implementasi itu sama? Sebelum kita membandingkannya, mari kita bahas tentang kata penerapan terlebih dahulu.

Penerapan adalah suatu perbuatan di mana kita mempraktekkan suatu teori, metode, dan hal lain untuk mencapai tujuan tertentu dan untuk suatu kepentingan yang diinginkan oleh suatu kelompok atau golongan yang telah terencana dan tersusun sebelumnya. Menurut KBBI, penerapan berarti perbuatan menerapkan. Penerapan dan implementasi memiliki perbedaan. Perbedaannya adalah implementasi merupakan pelaksanaan, sedangkan penerapan adalah suatu cara, bentuk, atau metode dari pelaksanaan tersebut.

Mengimplementasikan Sinonim

Mengimplementasikan Sinonim

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang apa itu mengimplementasikan. Sekarang, kita akan membahas tentang mengimplementasikan sinonim. Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim dari kata mengimplementasikan adalah menerapkan, melaksanakan, memakai, mempergunakan, mempraktikkan. Untuk kata implementasi, yang merupakan kata dasar dari mengimplementasikan, sinonim dari kata ini adalah penerapan, aplikasi, pelaksanaan, pemakaian, dan pengalaman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.