Apa Itu Nokturnal dan Contohnya? Kamu Juga Nokturnal?

Apa Itu Nokturnal

Teman-teman tentu tidak asing lagi dengan kata nokturnal bukan? Biasanya kata tersebut begitu familiar dengan hewan-hewan yang beraktivitas pada malam hari. Namun apakah teman-teman tahu apa itu nokturnal dan contoh makhluk nokturnal adalah yang seperti apa?

Apa Arti Kata dari Nokturnal?

Apa Arti Kata dari Nokturnal?

secara umum, apa itu nokturnal adalah istilah yang digunakan pada makhluk hidup yang beraktivitas pada malam dan beristirahat atau bersembunyi pada siang.

Sedangkan apa itu nokturnal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki 4 macam arti, yaitu :

  1. Sesuatu yang berhubungan dengan malam
  2. Makhluk hidup yang beraktivitas pada malam
  3. Keadaan bunga yang mekar pada malam dan akan menutup pada siang
  4. Keadaan yang terjadi pada hewan yang memiliki sifat atau kebiasaan aktif yang terutama pada malam

Jika ditanya dari bahasa apa itu nokturnal, maka jawabannya adalah yunani, yaitu “nocturnus”¬† yang mempunyai arti milik malam

Pada umumnya, hewan-hewan nokturnal memiliki kemampuan khusus seperti pendengaran, penglihatan dan penciuman yang tajam serta pada hewan tertentu terdapat kemampuan khusus yang makhluk hidup lainnya tidak miliki.

Kemampuan-kemampuan tersebutlah yang digunakan mereka untuk menghindari predator, menangkap mangsa dan bertahan hidup di lingkungan tempat hidupnya.

Apa Lawan Kata Nokturnal?

Apa Lawan Kata Nokturnal

Tahukah teman-teman bahwa terdapat lawan dari nokturnal loh, apa lawan kata nokturnal adalah diurnal. Memiliki arti makhluk hidup yang aktif pada siang dan beristirahat pada malam. Contohnya seperti kuda, singa, kelinci, rusa dan lainnya.

Selain kedua istilah tersebut terdapat istilah lain yang tidak dapat disebut sebagai lawan kata namun tidak dapat disamakan juga. Istilah tersebut adalah krepuskular.

Krepuskular adalah sebutan untuk makhluk hidup yang aktif tidak pada siang ataupun malam, melainkan fajar atau senja. Mereka akan mencari makan pada fajar, di saat predator masih belum bangun. Kemudian pada siang akan bersembunyi lalu pada saat fajar kembali mencari makan dan pada malam akan beristirahat. Contoh hewannya adalah winter firefly, burung hantu telinga pendek, lampyris raymondi dan lainnya.

Ternyata terdapat keuntungan loh bagi hewan dengan jenis krepuskular, yaitu terhindar dari predator, menghindari kompetisi dan cuaca yang ekstrim pada siang hari .

Alasan Hewan Menjadi Nokturnal

Terdapat beberapa alasan loh yang membuat beberapa hewan menjadi nokturnal, berikut uraiannya :

  • Untuk bertahan hidup

Bagi beberapa hewan, pada malam hari akan membuat predator yang memangsa mereka berkurang sehingga mereka merasa lebih aman. Contohnya penyu dan ngengat

  • Berburu makanan menjadi lebih mudah

Pada malam hari akan lebih mudah bagi mereka untuk mendapatkan mangsanya, terlebih lagi jika mangsanya memiliki penglihatan, pendengaran atau penciuman yang kurang baik. Contohnya singa yang memangsa zebra atau antelop (kedua hewan tersebut memiliki penglihatan yang buruk) pada malam hari

  • Untuk berkembang biak dengan damai

Tentu lebih mudah berkembang biak jika tidak merasakan ancaman dari predator. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mereka menjadi nokturnal. Contohnya penyu betina yang bertelur pada malam hari karena merasa lebih aman dari predator terlebih lagi karena penyu adalah hewan air sehingga sulit untuk bergerak di darat.

  • Menghindari cuaca yang ekstrim pada siang

Di daerah atau tempat-tempat tertentu, siang hari bisa saja sangat panas. Hal ini membuat mereka memilih untuk beraktivitas pada malam agar terhindar dari panas yang ekstrim pada siang. Selain itu tentu akan lebih mudah menjaga suhu tubuh pada malam dibandingkan siang

Contoh Hewan Nokturnal

makhluk nokturnal adalah

Berikut beberapa contoh makhluk nokturnal adalah :

  • Kelelawar

Jika mendengar apa itu nokturnal tentu teman-teman pasti terlintas kelelawar. Kelelawar biasanya tinggal di goa atau tempat-tempat gelap lainnya seperti kastil atau bangunan kosong. Kelelawar termasuk dalam mamalia dan ordo Chiroptera yang yang mana terdapat sayap pada tangannya. Dengan penglihatan dan penciuman yang tajam, kelelawar dapat menangkap mangsanya terlebih lagi pendengarannya yang sangat bagus yang dikombinasikan dengan kemampuan ekolokasinya.

Ekolokasi adalah kemampuan kelelawar untuk menangkap mangsanya dengan cara mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi, lalu ketika suara tersebut mengenai suatu objek atau mangsa maka kelelawar akan mendapatkan pantulannya dan mengetahui posisi dari suatu objek atau mangsanya.

  • Kucing

Apakah teman-teman tahu bahwa kucing termasuk golongan ini. Sebenarnya kucing termasuk golongan ini karena naluri predator yang ada padanya. Mata dari kucing termasuk tajam dan pada malam hari akan bersinar.

  • Burung hantu

Burung yang berasal dari ordo Strigiformes ini termasuk golongan ini. Burung hantu merupakan burung yang ganas dan karnivora. Memiliki penglihatan dan penciuman yang tajam dan memiliki ciri khas berupa mata yang besar dan akan bersinar pada malam hari. Mata dari burung ini dapat  bersinar akibat cahaya yang masuk ke retina matanya dan dipantulkan kembali saat masuk ke bagian belakang matanya oleh cermin yang bernama tapetim lucidum.

Hal inilah mengapa mata burung hantu pada malam hari akan terlihat seperti bersinar, kucing juga mengalami hal yang sama.

  • Koala

Koala dengan nama latin Phascolarctos Cinereus merupakan hewan khas asal Australia. Koala akan tidur selama 18 sampai 20 jam setiap harinya sehingga tentu jelas bukan mengapa koala termasuk golongan ini. Hewan ini biasanya hidup di hutan dengan curah hujan uang tinggi, sehingga mudah kita temui di wilayah pesisir timur dari Australia mulai dari Adelaide hingga Cape York. Ternyata koala dapat berenang dengan kecepatan 18 mil per jam loh, itu sama saja seperti 29 kilometer per jam.

  • Rubah

Salah satu jenis dari rubah termasuk golongan ini, yaitu rubah fennec. Rubah jenis ini memiliki ciri berupa telinga yang panjangnya 10 sampai 15 sentimeter. Rubah fennec termasuk hewan omnivora karena memakan siput, tikus dan buah-buahan. Namun sangat disayangkan rubah fennec menjadi mangsa bagi burung hati dan hyena lalu diburu oleh manusia untuk diambil bulunya.

  • Musang

Salah satu jenis dari musang termasuk golongan ini juga loh, musang pandan atau luwak merupakan jenisnya. Perlu diketahui bahwa musang ini merupakan musuh bagi para peternak, hal ini karena mereka memangsa ternak. Namun di waktu yang sama juga merupakan sahabat peternak. Hal ini karena jika kita beri makan biji kopi setelah tercerna menjadi kotoran, kotoran tersebut dapat kita jual dengan harga yang tinggi.

  • Tikus

Teman-teman tidak asing bukan dengan tikus. Tikus juga dapat membuat manusia ketakutan dan membawa penyakit, selain itu tikus biasanya merusak barang, memakan makanan dan menjadi hama tanaman. Hal-hal itulah yang membuat tikus menjadi musuh dari manusia. Tikus termasuk hewan pengerat dan karena sering kali berkeliaran pada malam hari membuatnya terhitung sebagai hewan nokturnal.

Teman-teman telah melihat mulai dari apa arti kata dari nokturnal hingga contoh-contohnya. Luar biasa bukan ternyata terdapat beberapa makhlul hidup yang beraktivitas pada saat teman-teman bersiap untuk beristirahat dan tidur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.