Apa Itu Normatif? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Normatif

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berdampingan dengan peraturan dan juga norma. Tentunya memiliki tujuan tersendiri untuk masa depan. Lalu kalian tau gak sih apa itu normatif? Pada kesempatan kali ini, aku akan mengajak kalian untuk membahas mengenai persoalan apa itu normatif. Oleh sebab itu, wajib banget nih kalian baca artikel ini sampai habis ya.

Normatif atau memiliki sinonim preskriptif merupakan suatu konsep dalam lingkup masyarakat yang selalu berubah karena kebiasaan dari masyarakat  indonesia tidak pernah sesuai dengan norma yang berlaku. Kebiasaan adalah peraturan mengikat di diri masyarakat, mencakup hukum, agama, kesopanan, kebiasaan, dan kesusilaan.

Preskriptif merupakan sebuah sikap dimana berpegang teguh terhadap ajaran atau kebiasaan serta aturan berlaku yang berkaitan erat dengan standar evaluatif.

Namun, menurut para ahli ini mempunyai pengertian masing-masing.

  1. Menurut Hadikusuma, berpendapat jika preskriptif pada lingkungan masyarakat tidak melihat kelas ekonomi serta peran sosialnya.
  2. Menurut  social work and processes. Preskriptif merupakan upaya bentuk mengatasi dari kelompok sosial dengan membentuk kebudayaan norma.

Apa Contoh Normatif?

Apa Contoh Normatif?

Setelah kita membahas tentang apa itu normatif, selanjutnya teman-teman masuk ke pembahasan ketiga mengenai Apa Contoh Normatif?

  1. Menanamkan rasa malu ketika melanggar dan berbuat kesalahan disengaja. Baik itu di lingkungan rumah, sekolah, tempat umum, dll
  2. Membiasakan diri agar bersikap tertib. Hal tersebut bisa sobat tanamkan sejak berada di rumah, sekolah, tempat umum, dll.
  3. Selalu sadar akan kebersihan baik berada lingkungan sendiri ataupun orang lain.
  4. Berperilaku sopan santun oleh seluruh masyarakat tanpa melihat latar sosialnya.
  5. Menghormati orang lain
  6. Berbicara lembut serta santun
  7. Mengedepankan musyawarah untuk mencapai keputusan. Dengan sistem konsensus, bertujuan supaya menanamkan rasa peduli serta menghargai satu sama lain.
  8. Berperilaku jujur terhadap teman, guru, orang tua, saudara, dll
  9. Selalu mencoba agar dapat menepati janji.
  10. Menanamkan jiwa nasionalisme. Dapat dimulai dengan peduli terhadap lingkungan.

Nah, beberapa contoh di atas merupakan sikap yang bisa sobat tanamkan dalam diri kalian supaya terbiasa untuk menjalankan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Lawan Dari Normatif?

Apa Lawan Dari Normatif?

Setelah memahami perihal pengertian dan contoh-contoh dari materi ini, kemudian aku akan mengajak kalian untuk mengetahui Apa Lawan Dari Normatif?

Sebelumnya, apa itu lawan kata?

Antonim merupakan sebuah kata lawan atau kebalikan dari kata sebelumnya. Memiliki arti, penulisan, penyebutan berbeda dari sebelumnya. Antonim dari preskriptif adalah deskriptif.

Deskriptif adalah sebuah karya tulis atau bentuk karangan untuk menjelaskan atau menceritakan suatu hal sesuai dengan keadaan aslinya. Sehingga para pembaca bisa menggambarkan sesuai pada deskripsi penulis.

Lalu juga terdapat sinonim dari preskriptif. Sinonim ialah persamaan  kata, memiliki arti sama. Namun, penyebutan dan penulisannya berbeda. Sinonim dari preskriptif antara lain dogmatis, bangkar, bangka, otoriter, keras, kemudian kaku

Apa Yang Dimaksud Dengan Normatif Dalam Sosiologi?

Apa Yang Dimaksud Dengan Normatif Dalam Sosiologi?

Pada bidang sosiologi menekankan jika etika tindakan dari individu manusia itu haruslah bergandengan terhadap aturan yang berlaku. Nantinya, dampak dari sikap yang ditimbulkan iala akan terciptanya sebuah interaksi baik, harmonis dan indah di lingkungan masyarakat.

Lalu kegiatan sosial dapat terjadi kemudian muncul itu belum tentu masuk kategori sebagai sikap preskriptif. Melakukan pelanggaran sama saja memperlihatkan rasa ketidaktertiban.

Terdapat beberapa jenis diantaranya

  1. Filsafat
  2. Ilmu Sosial
  3. Hubungan internasional
  4. Hukum
  5. Ekonomi
  6. Dokumen Standar.

Nah, pembahasan kita mengenai materi apa itu normatif, sudah selesai sobat. Semoga dapat membawa manfaat bagi kalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.