Apa Itu Relevansi? Berikut Penejasannya!

apa itu relevansi

Kata apa itu relevansi adalah relevansi berasal dari kata relevan yang mempunyai arti bersangkut paut, yang ada hubungan atau serasi.

Dengan begitu dalam pengertian prinsip relevansi adalah prinsip kesamaan. Adapun macam relevansi, yaitu :

  • Internal, yang dimaksud adalah keserasian antara tujuan yang harus dicapai strategi yang digunakan serta alat penilaian untuk melihat ketercapaian tujuannya
  • Eksternal, yang dimaksud adalah berkaitan dengan hubungan antar tujuan ke isi dan proses yang tercakup dalam kurikulum dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat luas.

Apa Arti Dari Kata Relevansi?

Apa Arti Dari Kata Relevansi?

Dalam kata apa itu relevansi atau relevan adalah kaitan atau hubungan erat terkait pokok masalah yang sedang dihadapi di depan. Apa arti dari kata relevansi merupakan pengembangan dari kata relevan. Secara bahasa relevansi memiliki arti kesamaan, hubungan atau kecocokan dalam suatu hal.

Contoh kalimat relevansi itu sendiri adalah :

  1. Tujuan pendidikan yang dijalankan oleh sekolah harus memiliki relevansi dengan kehidupan masyarakat luas
  2. Setiap mata pelajaran harus ada relevansinya dengan keseluruhan tujuan pendidikannya
  3. Lulusan SMK jurusan akuntansi dan juga mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi memiliki tingkat relevanst yang tinggi dengan pekerjaan akuntansi di dunia nyata.

Apa Itu Tidak Relevan?

Apa Itu Tidak Relevan?

Dalam sebuah topik pembicaraan pasti, tidak asing dengan. Apa itu  tidak relevan ? Dan apa itu relevansi. Dalam Bahasa Inggris yaitu irrelevant yang artinya tidak berhubungan atau berkaitan dengan topik yang sedang dibahas atau dibicarakan. Perihal ini penggunaan tidak berhubungan permasalah yang dihadapi dan tidak berhubungan dengan subjek penelitian atau bisa juga diartikan sebagai hal yang tidak penting ada nya.

Ciri ciri yang tidak relevan ialah ;

  • Selalu mengkritik dalam hal apapun
  • Berfikir bahwa ide baru adalah hal yang buruk
  • Berfikir bahwa memikirkan hal tersebut tidak berguna

contoh kata yang tidak relevan ialah ;

  1. Menjadi hal yang tidak relevan ketika seseorang menggunakan kalender tahun 2012 untuk menemukan fase bulan pada tahun 2013 kedepan
  2. Ketika seseorang mengatakan sudah siang ketika ditanya tentang kondisi suhu di luar maka itu tidak relevan artinya
  3. Dokumen-dokumen ini sebagian besar sudah tidak relevan dengan kondisi saat sekarang
  4. Membuat keuntungan besar bukanlah hal yang relevan bagi kami tentunya yang penting adalah membuat buku yang tersedia untuk audiens sebanyak banyaknya
  5. Permasalahan itu mungkin akan memudar menjadi tidak relevan ketika aturan baru mulai berlakunya
  6. Peserta lanjut usia tidak direkrut karena isi survei yang tidak relevan sebagaimana mestinya.
  7. Namun, sifatnya yang primitif dan respons egosentris dianggap lebih sulit dikendalikan atau sama sekali tidak relevan dengan keseharian.

Jelaskan Apa yang dimaksud Dengan Relevansi Pendidikan?

Jelaskan Apa yang dimaksud Dengan Relevansi Pendidikan?

Apa itu relevansi dan di jelaskan apa yang dimaksud relevansi pendidikan? adalah kecocokan antara kemampuan yang diperoleh menempuh jenjang pendidikan dengan kebutuhan pekerjaannya.

kurikulum atau program pendidikan yang digunakan haruslah sesuai dengan tuntutan hidup ataupun kebutuhan pekerjaan di kehidupan sehari hari.

Singkatnya adalah sejauh mana sistem pendidikan bisa menyelesaikan masalah-masalah seperti yang digambarkan dalam rumusan tujuan pendidikan nasionalisme.

Sehingga kurikulum pendidikan yang digunakan haruslah sesuai dengan tuntutan hidup maupun kebutuhan pekerjaan dalam kehidupan sehari hari

Sebab lulusan pendidikan diharapkan dapat mengisi semua sektor pembangunan yang beraneka ragam seperti sektor produksi itu sendiri, oleh karena itu pendidikan dianggap bermanfaat.

Demikian artikel ini, semoga membantu kalian. Dan terima kasih atas perhatiannya sampai jumpa di artikel lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.