Apa Itu Representative? Ini pengertiannya!

apa itu representative

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang apa itu representative. Mungkin kata ini jarang kita dengar daam kehidupan sehari-hari. Walaupun begitu, tidak jarang pula seseorang munggunakan kata ini. Representative berasal dari bahaga Inggris, yang artinya perwakilan. Di dalam bahasa Indonesia, kata ini kita sebut dengan representatif.

Apa yang dimaksud dengan Representatif Beserta Contohnya?

Apa yang dimaksud dengan Representatif Beserta Contohnya?

 

Pembahasan lebih jauh tentang apa itu representative akan kita jabarkan pada artikel ini. Setelah mengetahui jika kata itu berasal dari bahasa Inggris dan juga artinya, maka apa yang dimaksud dengan representatif beserta contohnya?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), representatif bermakna untuk mewakili (kompeten, tepat). Menurut Cris Barker, representatif merupakan studi utama atau studi budaya yang focus pada makna dari proses representasi itu sendiri. Maksudnya, pengertian sebuah representasi tersebut merupakan makan yang sifatnya material dan tertanam dalam tulisan, bunyi-bunyi, benda-benda, bahkan dalam program televisi.

Representatif adalah istilah yang biasanya digunakan terhadap perwakilan atau yang mewakili. Istilah ini merujuk pada kata representatif atau perwakilan kata, contohnya kata yang menggunakan perwakilan dari kantor representatif, sehingga dapat kita katakan arti representatif adalah cabang kantor atau perwakilan dari kantor pusat. Ada 3 proses terjadinya representatif, yaitu realitas, representasi, dan ideologi.

Apa itu Representatif dalam Seni Rupa?

Apa itu Representatif dalam Seni Rupa?

Setelah mengetahui apa itu representative dan juga contohnya, kita juga perlu mengetahui istilah ini dalam seni rupa. Lantas, apa itu representatif dalam seni rupa?

Dalam seni rupa, makna dari representatif adalah karya seni yang menggunakan sifat dan kehidupan masyarakat sekitar sebagai objek gambarnya. Selain itu, pemahaman representatif tentang seni rupa merupakan sebuah gaya seni, inilah gaya seni yang menggambarkan situasi nyata yang terjadi pada kehidupan masyarakat sekarang.

Ada beberapa jenis-jenis representatif dalam seni rupa, yaitu sebagai berikut :

  • Realisme

Ini merupakan aliran seni yang melihat dunia tanpa ilusi, yang mana lukisan yang hasinya mendeskripsikan hal yang tepat dengan keadaan sebenarnya. Seniman yang menerapkan gaya ini, akan menggambar di media lukis yang sesuai dengan kenyataan. Beberapa seniman yang menggunakan gaya realisme adalah Tarmizi, Wardoyo, Dullah, S. Sudjono, dan Trubus.

  • Romantisme

Ini merupakan aliran dalam seni rupa (lukisan) yang mempunyai karakter imajiner. Karya-karya hasil dalam lukisan ini menunjukan peristiwa yang kuat, yaitu menggambarkan situasi yang dramatis dan juga kisah-kisah romantis. Beberapa pelukis yang menggunakan gaya ini adalah Raden Saleh, Turner, dan Francisco Goya.

  • Naturalisme

Ini adalah aliran seni visual dengan representasi lukisannya sering kita sebut realistis atau alami. Para pelukis yang kagum dengan naturalisme menggambar objek sesuai dengan kondisi aslinya.  Beberapa pelukis yang menggunakan gaya ini adalah Abdullah, Constabel, William Bliss Baker, Wakidi, Rubens, Abdullah Suryobroto, Mas Pringadi, dan tentunya masih banyak lainnya.

Mengapa Seni disebut Representatif?

Mengapa Seni disebut Representatif?

Kita telah mengetahui apa itu representative dan juga tentang representatif dalam seni rupa. Lantas, mengapa seni disebut representatif?

Sebelumnya, kita harus mengerti arti dari seni representatif. Itu merupakan karya seni yang memanfaatkan keadaan nyata atau kehidupan masyarakat sekitar sebagai objeknya. Jadi, seni merupakan bagian dari representatif, yang mana seni tersebut mampu menggambarkan suatu hal sesuai dengan keadaan aslinya, dengan kata lain dapat menggambar sesuai dengan kenyataan. Oleh sebab itu, seni disebut representatif.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu representative, baik itu dalam dunia seni, maupun dalam arti sebenarnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.