Apa Itu Substitusi? Berikut Penjelasannya!

apa itu substitusi

Kalian pasti sudah sering mendengar sebutan yang satu ini kan? biasanya kita dapat menjumpainya di pelajaran matematika. Namun pada kesempatan kali ini aku tidak akan membahas tentang matematika ye hehe. melainkan mengenai materi Apa Itu Substitusi pada elemen tau benda.

Nah, mungkin beberapa dari kalian masih sedikit bingung dengan materi yang satu ini. Untuk itu akan mengajak kalian untuk mengulas lebih dalam perihal materi apa itu substitusi. Oleh sebab itu, simak artikel ini sampai habis ya, karena aku tidak hanya akan mengulas pertanyaan itu saja melainkan banyak tambahan pengetahuan lainnya, yang mencakup secara luas mengenai materi ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Substitusi Dan Contohnya?

Apa Yang Dimaksud Dengan Substitusi Dan Contohnya?

Selanjutnya, kita masuk ke dalam pembahasan pertama yaitu Apa Yang Dimaksud Dengan Substitusi Dan Contohnya? Mungkin beberapa dari teman-teman dirumah sudah pernah mendengar istilah ini. Tapi kalian tau gak sih apa makna sebenarnya?

Menurut kamus besar bahasa indonesia yang disingkat menjadi KBBI ini memiliki arti sebagai penggantian alat plastik, kemudian penggantian atom atau gugus atom dalam suatu molekul. Istilah ini sudah tidak asing untuk kalian yang mempelajari pelajaran ekonomi khususnya pada bidang studi Ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Kesimpulannya yaitu memiliki arti sebagai sesuatu yang dapat dengan mudah menggantinya dengan sesuatu yang baru. Sebutan tersebut dapat digunakan pada konteks seperti alat, tempat, dan sebagainya. Hal ini juga dapat mendefinisikan benda yang mana dapat digantikan. Singkatnya, dapat mempersepsikan jika benda yang sama dan sebanding.

Lalu apakah pengertian substitusi pada aspek ekonomi memiliki arti yang sama? Berikut adalah penjelasannya. Yaitu merupakan produk atau layanan yang dimana dapat dilihat oleh konsumen. Pada hakikatnya memiliki arti yaitu suatu benda yang dimana memiliki fungsi sama dan dapat menggantikan benda lainnya.

Dalam aspek ekonomi, Jasa atau suatu benda akan sering menjadi penggantian yang dimana jika banyaknya permintaan suatu produk mengalami peningkatan maka harga tersebut akan naik. Penggantian inilah yang nantinya akan memberikan sebuah solusi serta alternatif untuk pembeli atau konsumen dengan menciptakan sebuah kompetitif dengan harga yang tentunya lebih rendah dari harga pasar.

Benda-benda pengganti ini akan sangat berguna untuk persaingan dagang karena dapat dengan mudah digantikan. Oleh karena itu, dengan adanya sistem penukaran tersebut dapat menjaga kestabilan harga agar tetap rendah.

Contohnya:

  1. Buku cetak dan buku digital (e-book)
  2. Teh dan kopi
  3. Pulpen dengan pensil.

Agar memudahkan kalian untuk memahami contoh-contoh tersebut. Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Apa Saja Contoh Barang Substitusi?

Apa Saja Contoh Barang Substitusi?

Kemudian, kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu mengenai apa saja contoh barang substitusi?

1. Buku cetak dan buku digital.

Pasti kalian sering melihat atau membaca buku digital yang dimana berisi banyak sekali informasi. Biasanya banyak orang yang lebih memilih buku digital karena dinilai lebih efisien dan juga menghemat ruang. Lalu apa hubungan dari keduanya? Kedua benda tersebut memiliki fungsi dan juga kegunaan yang sama dimana memiliki informasi dan juga ilmu yang dapat bermanfaat bagi pembacanya. Namun, di era sekarang ini yang dimana semakin banyaknya kemajuan teknologi dan informasi, keberadaan buku fisik sudah mulai tergantikan. Walaupun keduanya mempunyai tujuan dan manfaat yang sama.

2. Beras yang sudah terganti oleh kentang, singkong,dan sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat membutuhkan asupan energi yang berasal dari nutrisi lainnya, yaitu kentang, singkong, dan bahan-bahan sumber makanan lainnya yang memiliki gizi seimbang.

Sekarang, banyak masyarakat yang sudah beralih untuk memenuhi asupan karbohidrat dengan jenis makanan lainnya yang dimana dapat memvariasikan dan tidak akan bosan. Sekarang juga ada jenis nasi baru yaitu nasi shirataki yang rendah akan kalori. Cocok untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan.

3. Kopi dan teh.

Kalian pasti pernah kan minum teh atau kopi untuk memulai hari? Biasanya juga minuman ini akan disajikan pada saat datangnya tamu. Keduanya bisa saling melengkapi atau menggantikan untuk menyesuaikan keinginan masyarakat.

4. Pulpen dan pensil.

Saat kita berada di bangku sekolah, kuliah, atau bahkan pada saat bekerja kita juga masih membutuhkan kedua benda ini. Keduanya memiliki fungsi yang sama serta manfaat yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Karena bisa mengikuti keinginan konsumen, kedua benda ini disebut dengan jenis benda pengganti.

5. Motor dan sepeda

Kedua benda di atas ini sudah ada sejak lama, serta memiliki kegunaan yang sama sebagai alat transportasi pribadi. Sepeda bisa menjadi alat pengganti pada kendaran sepeda motor yang lebih ramah lingkungan.

6. Komputer dan laptop.

Dan yang terakhir ini pasti teman-teman sudah tidak asing lagi karena dalam kehidupan sehari-hari sudah sangat dibutuhkan. Baik untuk belajar, bekerja, dan sebagainya. Memiliki fungsi yang sama yaitu dapat memudahkan pekerjaan kita untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Hal yang membedakan hanyalah bentuk dan juga beberapa elemen lainnya. Keduanya mempunyai kesamaan serta dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Nah, bagaimana sobat? Sudah jelaskan mengenai beberapa gambaran dari materi ini? Tapi kita belum selesai disini saja loh! Masih banyak materi pembahasan lainnya. Hmm, berikut penjelasan lainya.

  • Jenis-jenis benda penggantian

1. Penggantian sempurna

Yaitu menuju kepada benda yang dimana memiliki kegunaan dengan kesamaan satu sama lain. Gambaran dari poin pertama ini adalah seperti margarin dari dua perusahaan yang berbeda, kemudian produsen dari keduanya juga berbeda tetapi memiliki tujuan serta fungsi yang sama bagi para konsumennya.

2. Penggantian tidak sempurna.

Pada poin ini memiliki suatu tingkat yang lebih rendah yaitu jika benda tersebut dapat diganti tapi memiliki tingkat suatu perbedaan yang dimana sangat dengan mudah dirasakan oleh konsumennya. Hal itu, akan menyebabkan benda pengganti tidak laku kemudian konsumen akan tetap memilih barang yang pertama.

Gambarannya seperti suatu brand terkenal mengenai makanan atau minuman. Kemudian mengalami kenaikan harga. Namun, mereka minuman yang memiliki rasa sama dengan harapan dapat mengganti minuman sebelumnya. Tapi, sayangnya banyak konsumen yang lebih memilih barang sebelumnya walaupun mengalami kenaikan harga.

Apa Yang Dimaksud Dengan Barang Substitusi Dan Barang Komplementer

Setelah kita membahas mengenai pengertian apa itu substitusi , jenis dan juga contohnya selanjutnya kita masuk ke pembahasan terakhir yaitu tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Barang Substitusi Dan Barang Komplementer

Sebelum itu yuk kita bahas dulu apa itu komplementer.

Alat komplementer adalah benda yang dimana berfungsi untuk pelengkap. Nantinya kedua benda tersebut akan saling melengkapi satu sama lain. Alat  komplementer ini mutlak dibutuhkan. Kita dapat menemukan hal ini dalam kehidupan sehari-hari seperti mobil dan bensin, motor dan bensin, dan sebagainya.

Kesimpulannya benda substitusi berfungsi untuk pengganti, sedangkan komplementer memiliki fungsi untuk menjadi pelengkap.

Nah, segitu dulu ya penjelasan mengenai apa itu substitusi. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.