Apa Pengertian Eksositosis Adalah? Apa Saja Fungsi dan Perbedaannya dengan Endositosis?

Eksositosis Adalah

Eksositosis adalah cara pengangkutan sel bahan untuk meninggalkan sarangnya (sel). Eksositosis memiliki beberapa bentuk yakni dapat terikat kalsium dan bebas kalsium. Hal tersebut dapat dikenal dengan proses eliminasi zat oleh sel eukariotik dan menimbulkan perubahan pada membran plasma.

Eksositosis adalah proses dimana zat akan masuk melalui transpor aktif yang memerlukan beberapa produk agar dapat mengubah membran plasma. Membran plasma adalah sel yang berfungsi untuk mengendalikan zat yang masuk dan keluar.

Eksosom adalah proses terjadinya eksositosis melalui jalur vesikel yang terdapat di dalam sel, yang berfungsi sebagai pelepasan membran plasma ke lingkungan eksternal.  Selain itu, sel tersebut digunakan untuk pelepasan hormon pada sel yang berbeda. Sebaiknya proses tersebut dinamakan endositosis.

Di dalamnya terdapat produk sektor yang meliputi sekresi protein, antigen, plasma protein untuk membran dan sel-sel saraf. Hal ini tidak terjadi setiap waktu, hanya beberapa waktu ketika protein mensekresikan suatu zat, jika diperlukan oleh tubuh saja.

Apa Fungsi dari Eksositosis?

Apa Fungsi dari Eksositosis?

 

Bagian sel memiliki beberapa fungsi dan peran. Eksositosis adalah proses pengangkutan secara langsung dalam sel eukariotik, sehingga harus memiliki keseimbangan yang baik, agar dapat mempertahankan ukuran sel tersebut. Jadi, apa fungsi dari eksositosis?

Fungsinya yakni dapat mengeluarkan zat dan molekul limbah, seperti halnya protein dan hormon, memiliki peran sebagai perantara komunikasi pada sel ke sel untuk menunjukkan pesan sinyal kimia yang dikirimkan dan dapat digunakan untuk membuat sel baru dari bahan gabungan protein dan lipid.

Sel ini memiliki proses dasar yaitu molekul yang memiliki vesikel dapat diangkut ke dalam membran sel, membran pada vesikel akan menempel pada membran selnya, membran sel dan vesikel akan melepaskan isi dari vesikel di luar sel tersebut. ia dapat menghilangkan zat yang tidak dapat dicerna oleh organ dalam. Bisa dikatakan, sebagai penjaga mesin sistem pencernaan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Eksositosis?

Apa Yang Dimaksud Dengan Eksositosis?

Setelah mengetahui fungsi dari eksositosis, selanjutnya akan membahas pengertian dari sel tersebut. Apa yang dimaksud dengan eksositosis?

Eksositosis adalah pemindahan sel dari dalam ke bagian luar sel atau sel harus meninggalkan sarangnya. Oleh karena itu, pemindahan tersebut memerlukan energi yang disebut dengan transportasi aktif. Beberapa tahapannya yakni :

  • Peradangan vesikel

Peradangan vesikel berfungsi untuk mengangkut  zat protein dari alat Golgi ke arah permukaan sel. Biasanya protein dan jalur sitoskeletal dapat mendekati target yang dituju.

  • Penambatan vesikel

Penambatan vesikel memerlukan jarak sekitar setengah diameter dari permukaan membran tertentu. Vesikel memiliki perbedaan dengan vesikula yang bertujuan agar pengemasan membran lebih stabil.

  • Vesikel docking

Di bagian tahap ini, vesikel akan merapat sementara ke membran plasma sel, sebelum pembentukan sel baru.

  • Priming vesikel

Tahap ini berfungsi untuk penataan ulang pada sel molekul dan protein setelah terjadinya docking awal. Priming digunakan untuk pemicu pelepasan neurotransmitter secara instan.

  • Fusi vesikel

Fusi vesikel berfungsi untuk menghasilkan pelepasan dari protein ke dalam ruang ekstraseluler atau neuron dalam sinaptik.

Apa Perbedaan Antara Eksositosis dan Endositosis?

Apa Perbedaan Antara Eksositosis dan Endositosis?

Apa perbedaan antara eksositosis dan endositosis? Ada perbedaan antara keduanya. Simak berikut ini.

Perbedaannya yaitu proses pengangkutan sel dari dalam ke bagian luar sel, sedangkan pada endositosis yakni pengangkutan sel atau molekul ke dalam sel. Intinya eksositosis pengeluaran sel dan endositosis pemasukkan sel kembali.

Nah, Sekian saja artikel dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.