Apa Pengertian Tentang Jelaskan Hakikat Wawasan Nusantara?

Jelaskan Hakikat Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah sikap dan cara pandang terhadap lingkungan sendiri terutama di negara Indonesia yang telah tertera dalam UUD 1945. Wawasan nusantara perlu diterapkan agar para masyarakat dapat bersatu atas dasar keberagaman suku, budaya, ras dan adat istiadat. Jadi, jelaskan hakikat wawasan nusantara adalah menjaga persatuan dan kesatuan para rakyat Indonesia dari beragam perbedaan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Jadi, inti dari hakikatnya sebagai pondasi kesatuan yang utuh dalam lingkup nusantara. Selain untuk menjaga kesatuan, ternyata dibentuknya wawasan tersebut guna untuk mewujudkan cita-cita tujuan nasional.

Nusantara memiliki beberapa makna yakni kesatuan kepulauan dan persatuan dua samudra atau benua. Jelaskan hakikat wawasan nusantara dari segi fungsinya yakni sebagai kesatuan pertahanan dan keamanan negara, sebagai ketahanan nasional atau kemiliteran, sebagai wilayah pembangunan, dan kewilayahan setiap daerah.

Beberapa pendapat mengungkapkan makna arti dari hal tersebut sebagai cara pandang terhadap pertahanan kepulauan diantara dua benua dan samudra.

Apakah Hakikat dan Tujuan Jelaskan Dengan Singkat?

Apakah Hakikat dan Tujuan Wawasan Nusantara Jelaskan Dengan Singkat?

Apakah hakikat dan tujuan wawasan nusantara Jelaskan dengan singkat? Telah diterangkan di awal bagian artikel, yakni sebagai pemersatu beragam rakyat Indonesia untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sedangkan tujuan wawasan nusantara, yakni dapat mewujudkan cinta tanah air terhadap negara Indonesia untuk kehidupan bermasyarakat, yang lebih mengutamakan kepentingan kelompok daripada kepentingan diri sendiri.

Intinya rakyat Indonesia harus tetap bersatu dalam keadaan apapun, seperti yang tertera dalam semboyan “Bhineka Tungga Ika” yang bermaknakan berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Indonesia memiliki bermacam-macam keberagaman, mulai dari suku daerah, tarian, ras, rumah tradisional, dan adat istiadat. Oleh karena itu, jika rakyat hanya mementingkan diri sendiri daripada kepentingan kelompok, masa depan bangsa kita akan menjadi terbelah belah.

Apa Hakikatnya Menurut GBHN?

Apa Hakikat Wawasan Nusantara Menurut GBHN?

Setelah membahas mengenai jelaskan hakikat wawasan nusantara beserta tujuannya. Selanjutnya akan membahas, apa hakikat wawasan nusantara menurut GBHN?

Dikutip dari Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1998, hakikat wawasan nusantara adalah cara dan sikap pandang bangsa Indonesia mengenai jati diri sendiri yang lebih mengutamakan kesatuan bangsa dalam kehidupan bermasyarakat agar tidak terpecah belah.

Hakikat ini selaras dengan berjalannya UUD 1945, yang dimana mementingkan kedamaian dunia lain juga, agar tidak terjadinya perseteruan dengan negara di luar bangsa kita. Ada asas wawasan nusantara yang perlu semua warga negara taati, agar negara yang kita tempati tetap aman dan damai. Berikut keenam asas tersebut :

  1. Keadilan
  2. Solidaritas
  3. Kepentingan bersama
  4. Kejujuran dan ke amanahan
  5. Kesetiaan antar warga negara
  6. Saling bekerja sama

Bagaimana Hakikatnya Menurut Pancasila dan UUD 1945?

Bagaimana Hakikat Wawasan Nusantara Menurut Pancasila dan UUD 1945?

Disini saya akan membahas tentang bagaimana hakikat wawasan nusantara menurut Pancasila dan UUD 1945?  Sebenarnya pembahasan tentang hal tersebut, sama dengan penjelasan yang telah tertera diatas. Untuk lebih menyakinkan kembali, saya akan membahas tentang  jelaskan hakikat wawasan nusantara menurut Pancasila dan UUD 1945.

Hakikat nusantara menurut Pancasila dan UUD 1945 adalah pandangan negara terhadap lingkungan jati diri sendiri yang telah tertera dalam Pancasila dan UUD 1945, yang mempunyai jiwa kedaulatan dan kesatuan bermartabat untuk kepentingan bersama dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Nah, itulah artikel yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.