Apa Saja Alat2 Musik Tradisional?

Alat2 Musik Tradisional

Sejak zaman dahulu kalah alat musik  telah dimainkan diberbagai belahan dunia. Hal ini yang membuat peradaban alat musik tersebarluas dan mengalami kemajuan. Selain itu, alat musik juga memiliki berbagai macam jenis. Salah satunya yaitu alat2 musik tradisional.

Ketika kalian duduk di sekolah dasar, umumnya  diajarkan  berbagai macam alat2 musik tradisional. Apakah kalian masih mengingat materi tersebut?  Dan alat2 musik tradisional apa yang pernah kalian mainkan? Jika kalian masih mengingat materi tersebut,  alat musik  memiliki dua macam yaitu alat musik tradisional dan modern. Akan tetapi pada artikel kali ini   hanya fokus ke alat2  musik tradisional saja.

Pengertian dari alat musik tradisional sendiri merupakan Sebuah alat musik atau perlengkapan alat musik yang berkembang pada suatu daerah sehingga dapat diwariskan secara turun-temurun. Sama seperti lagu  daerah, Musik tradisional juga merupakan suatu identitas dari suatu daerah.  karena di berbagai daerah pun memiliki berbagai macam musik yang berbeda serta memiliki ciri khas masing-masing.

Pada setiap daerah fungsinya ini pun berbeda-beda.  Berikut ini adalah beberapa fungsinya yaitu :

  • Sebagai pelestarian budaya dari nenek moyang
  • Pendamping  acara kesenian misalnya : tari-tarian, orkes, ludruk, wayang. dan masih banyak lagi. Hal ini juga,  membuat kesenian tersebut lebih hidup dan meiah.
  • Sebagai  identitas suatu daerah
  • Dapat  digunakan untuk menyampaikan rasa kegembiraan misalnya pada acara syukuran panen dan pernikahan.
  • Dapat dijadikan pra sarana komunikasi.  Hal ini karena dapat menjadi ajang pertunjukan kreasi, Bakat, dan ekspresi bagi penduduk sekitar daerah.

 Apa Saja yang Termasuk Alat Musik ?

 Apa Saja yang Termasuk Alat Musik ?

Setelah memahami tentang definisi  alat musik tradisional.  Lalu,  Apa  saja yang termasuk alat musik ?. Banyak sekali berbagai macam alat musik daerah.  mulai dari yang cara memainkannya digesek,  dipukul,   ditepuk,  di ditiup dan lain lain. Berikut ini adalah beberapa contoh  peralatan musik daerah atau tradisiona yaitul :

  • Sasando

Mungkin sebagian dari kalian asing dengan sasando.  sasando merupakan alat musik yang berasal dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur atau NTT dan telah ada sejak abad ke 7. Cara memainkanya yaitu  dipetik.

Bentuk sasando sangatlah ciri khas dan unik karena dibuat dari bilah bambu dan tabungnya pun terbuat dari daun lontar

  • Rebab

Rebab adalah Alat musik yang disebarkan oleh peradaban  perdagangan Islam  dan daerah Jawa  Barat. Cara memainkan rebab sendiri yaitu dengan cara digesek.

 Apa Saja Alat Musik yang Dipukul ?

Apa Saja Alat Musik yang Dipukul ?

Selain contoh diatas berikut beberapa contoh apa  saja alat musik yang dipukul ?

  • Gamelan

Gamelan juga dapat disebut ansambel.  Alat  yang satu ini merupakan ciri khas dari daerah pulau  Bali, Sunda, dan Jawa. Jika didefinisikan, gamelan merupakan gabungan dari beberapa alat musik menjadi satu kesatuan serta membentuk suatu tangga nada pentatonis.

  • Tatabuang

Tatabuang atau yang sering disebut dengan totobuang, merupakan ciri khas  musik dari daerah  Flores Timur. Cara  memainkanyapun unik dengan  diletakkan di pangkuan atau di gantung lalu dipukul. Selain itu keunikanya juga pada  bentuk dan pembuatannya berasal dari kayu  sukun yang bagian tengahnya dihilangkan  untuk resonansi.

 Apa Saja Alat Musik yang Ditepuk ?

 Apa Saja Alat Musik yang Ditepuk ?

Selain peralatan musik yang dimainkan dengan cara dipukul,  ada juga yang

ditepuk.  Lalu,  apa saja alat musik yang ditepuk ?. Berikut beberapa contohnya :

  • Tifa

.Tifa merupakan alat musik yang berasal dari Indonesia bagian timur yakni Papua dan Maluku.  Akan  tetap, i tifa dari Papua dan Maluku memiliki ciri khas masing-masing. Jika Tifa berasal dari Papua cenderung terlihat lebih melengkung di bagian tengah serta terdapat pegangannya. Sedangkan yang berasal dari Maluku, tidak memiliki pegangan dan tidak terlalu melengkung bentuknya.

  • Gendang

kendang atau gendang  merupakan Instrumen dalam gamelan yang berfungsi sebagai pengatur Irama.  Selain itu, keunikan  suara gendang yang dihasilkan tergantung dengan tangan pemain gendang.

Gendang biasanya dimainkan pada  berbagai acara daerah, acara kesenian pulau Jawa dan  dapat digunakan sebagai pengiring dangdut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.