Apa saja Obat Kolesterol Alami Buah dan Sayuran

Obat Kolesterol Alami Buah dan Sayuran

Sayuran dan buah merupakan sumber makanan sehat karena kaya akan antioksidan, kaya serat dan rendah kalori. Buah dan sayuran mempunyai berbagai manfaat salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah. Jika ingin menjaga agar terhindar dari kolesterol harus rutin mengkonsumsi buah dan sayuran karena merupakan obat kolesterol alami buah dan sayuran.

Kolesterol harus selalu dikontrol karena kolesterol bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, jantung bahkan henting jantung secara mendadak karena jantung tidak mendapatkan pasukan oksigen yang cukup karena pembuluh darah terhalang oleh kolesterol jahat.

Menurut WHO di seluruh dunia, sepertiga penyakit jantung iskemik disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi dan menyebabkan 2,6 juta kematian. Oleh karena itu lebih baik menjaga tubuh dari hal tersebut dengan mengkonsumsi obat kolesterol alami buah dan sayuran secara rutin disertai dengan pola hidup sehat seperti beristirahat dengan cukup dan rutin berolahraga.

Kolesterol Tidak Boleh Makan Apa Saja?

Kolesterol tidak boleh makan apa aja?

Salah satu penyebab kolesterol tinggi yaitu makanan, kenaikan kolesterol disebabkan dari asupan apa yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat mengalami kondisi kolesterol naik, lalu kolesterol tidak boleh makan apa saja? Berikut adalah beberapa pantangan makanan yang sebaiknya dihindari saat kolesterol sedang tinggi, yuk simak.

  • Jeroan

Jeroan merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung kadar kolesterol tinggi, bagi penderita kolesterol tinggi wajib menghindari jeroan karena karena dalam 100-gram jeroan mengandung 200 mg kolesterol atau 70% dari total asupan kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh perhari.

  • Daging olahan

Makanan yang menggunakan proses pengolahan lama akan membuat serat yang terkandung didalamnya berkurang. Apalagi daging olahan yang diolah dengan cara diasap, diawetkan menggunakan garam seperti sosis, daging ham, kornet mengandung tinggi kolesterol yang bisa menimbulkan penyakit serius untuk tubuh.

  • Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang berbahaya untuk tubuh, untuk penderita kolesterol lebih baik hindari makanan yang digoreng. Karena memakan – makanan yang berminyak atau yang digoreng dengan margarin akan menyebabkan kolesterol naik. Atau makanan yang digoreng dengan minyak jelantah yang sudah dipakai untuk menggoreng berkali – kali.

  • Daging berlemak

Daging lemak mempunyai kandungan lemak yang tinggi, jika ingin mengkonsumsi daging sebaiknya lemak nya dibuang karena bisa memicu berbagai penyakit untuk tubuh.

  • Telur

Telur mengandung kolesterol yang tinggi, dalam satu buah telur mengandung 50-gram atau setara 207 mg kolesterol. Jika ingin mengkonsumsi telur lebih baik hanya mengkonsumsi putihnya saja karena kandungan kolesterol terbanyak pada kuning telur.

  • Kerang

Dalam seafood seperti kerang-kerangan, udang dan kepiting merupakan sumber vitamin B, zat besi, protein dan selenium yang baik. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan lait ini dapat mengakibatkan diabetes, jantung.

  • Makanan cepat saji atau fast food

Makanan cepat saji merupakan makanan rendah serat namun mengandung kolesterol yang tinggi, yang mengakibatkan menumpuknya lemak dan dapat menimbulkan peradangan.

  • Udang

Makanan laut ini yang mempunyai kandungan kolesterol yang sangat tinggi yaitu udang. Udang ini memiliki kolesterol yang tinggi dibanding ikan dan cumi. Karena itu saat kalian yang mempunyai kolesterol saat memakan makanan laut kalian harus mengimbangi dengan sayuran dan buah – buahan yang segar.

Rebusan Daun Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Rebusan daun apa yang bisa menurunkan kolesterol?

Selain mengkonsumsi obat kolesterol alami buah dan sayuran, ada pula air rebusan daun tertentu yang bisa menurunkan kadar kolesterol, jadi bisa membantu kalian yang sedang mencari cara untuk menurunkan kolesterol selain dari makanan dan obat – obatan.  Lalu, Rebusan daun apa yang bisa menurunkan kolesterol? Jawabannya adalah air rebusan daun salam.

Daun salam mengandung antioksidan tinggi yang bisa mengatasi beberapa penyakit salah satunya adalah mengurangi kadar kolesterol pada darah. Cara membuatnya yaitu dengan merebus daun salam sebanyak 10-15 lembar setelah dicuci bersih kemudian ditambahkan air sebanyak 3 gelas, lalu tunggu hingga air hanya tersisa jadi satu gelas, saring air rebusan dan siap diminum. Konsumsilah air rebusan daun salam secara rutin disertai dengan pola hidup yang sehat.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat?

Bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan cepat?

Kenaikan kadar kolesterol pada darah disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik seperti dari pola tidur, jarang berolahraga serta dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu untuk menurunkan kadar kolesterol perlu memperbaiki pola hidup karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Namun jika sudah terlanjur mengalami kadar kolesterol tinggi juga perlu dilakukan penangan secara cepat sebelum pergi ke dokter. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol pada darah yang bisa kalian gunakan sebagai cara alternatif pertama sebelum kalian pergi ke dokter. Lalu, Bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan cepat? Berikut merupakan cara yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol pada darah.

  • Menghindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans seperti gorengan, keju, susu full cream memiliki efek samping yang berbahaya untuk tubuh, salah satunya menimbulkan kadar kolesterol naik. Jadi kalian harus berhati hati saat memilih makanan yang akan kalian makan.

  • Perbanyak makanan berserat

Salah satu penyebab kadar kolesterol tinggi yaitu kurangnya mengkonsumsi makanan yang berserat untuk tubuh, oleh karena itu disarankan mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin.

  • Mengkonsumsi kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan makanan yang kaya akan protein dan mengandung berbagai kompon yang baik untuk tubuh, seperti isoflavon dan estrogen.

  • Meminum teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Dalam salah satu penelitian menyebutkan seseorang yang rutin meminum teh hijau dalam dua minggu akan mereduksi kolesterol sebanyak 7 mg/dl serta LDL sebanyak 2 mg/dl.

  • Memakanan makanan yang mengandung omega 3

Omega 3 adalah jenis lemak yang tak jenuh, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan cepat untuk menurunkan kolesterol pada darah. Contoh makanan yang mengandung omega antara lain tuna dan ikan salmon.

  • Berhenti merokok

Mungkin sudah banyak tahu mengenai rokok yang berbahaya untuk tubuh tak terkecuali untuk kadar kolesterol serta rokok dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah.

  • Menghindari minuman bersoda dan beralkohol

Dalam minuman bersoda dan alkohol mengandung etanol yang dapat menimbulkan kenaikan HDL jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu alkohol juga dapat menimbulkan penyakit hati, jantung serta penyakit serius lainnya.

  • Rajin berolahraga

Dalam menerapkan pola hidup sehat, selain mengkonsumsi makanan sehat juga harus diimbangi dengan olahraga secara teratur. Karena dengan berolahraga bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh dan menjaga tubuh agar tetap bugar.

Itulah ulasan mengenai obat kolesterol alami buah dan sayuran, untuk menghindari kadar kolesterol tinggi hal yang wajib dilakukan adalah menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga, istirahat dengan cukup dan paling utama mengatur makanan dengan memakan makanan yang sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.