Apa Saja yang dapat Merusak Pertumbuhan dan Kelestarian Hutan Bakau

Apa Saja yang dapat Merusak Pertumbuhan dan Kelestarian Hutan Bakau

Berita akan tindakan manusia yang merusak hutan bakau memang sudah sering kali kita temukan. Namun, tahukah kalian apa saja yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau?

Sejatinya ada banyak sekali perilaku manusia yang dapat merusak dari kelestarian hutan bakau yang sangat penting ini demi keuntungan mereka pribadi, kegiatan seperti ini disebut dengan eksploitasi. Padahal hutan yang satu ini memiliki peran khusus untuk menghadang pantai dari terjadinya abrasi. Lantas, mengapa manusia kerap kali merusaknya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Saja yang Dapat Merusak Tanaman dan Kelestarian Hutan Bakau?

Apa Saja yang Dapat Merusak Tanaman dan Kelestarian Hutan Bakau?

Sebelumnya mari Mimin jelaskan pengertian dari hutan bakau. Hutan bakau atau yang sering disebut juga dengan mangrove adalah hutan yang tumbuh pada perairan air payau, khususnya di tempat akumulasi bahan organik atau pelumpuran yang dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut.

Mangrove tidak hanya bermanfaat bagi manusia untuk mencegah terjadinya abrasi, mangrove juga memiliki banyak fungsi dan kegunaan bagi biota laut yang hidup di dalamnya. Karena itulah penting bagi kita untuk mencegah apa saja yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau, dan melestarikan hutan yang satu ini.

Lantas, apa saja yang dapat merusak tanaman dan kelestarian hutan bakau?  Berikut beberapa faktor akibat manusia yang menimbulkan kerusakan pada hutan mangrove, yaitu:

  1. Kegiatan serta kelembagaan yang mendorong peningkatan eksploitasi berlebihan terhadap hutan bakau.
  2. Laju peningkatan populasi manusia dan konsumsi sumber daya alam yang tidak berkelanjutan tanpa melakukan pembaruan kembali.
  3. Ketidakadilan di dalam pengelolaan, penyaluran, dan kepemilikan keuntungan dari pemakaian dan pelestarian sumber daya hayati.

Selain dari faktor manusia, ternyata ada beberapa faktor dari alam sendiri yang mengancam kelestarian dari hutan yang satu ini, diantaranya:

  1. Binatang pemakan daun
  2. Hama penyakit
  3. Kekeringan
  4. Ombak laut
  5. Banjir rob atau banjir air laut

Apa Contoh Perilaku Manusia yang Merusak Alam?

Apa Contoh Perilaku Manusia yang Merusak Alam?

Walaupun kerusakan mangrove juga bisa disebabkan karena faktor alam, namun pada kenyataannya apa saja yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau paling besar dilakukan oleh kita sendiri, yaitu manusia.

Manusia kerap kali melakukan kegiatan eksploitasi yang hanya memikirkan keuntungan semata saja, tanpa memikirkan dampak-dampak yang dapat ditimbulkan akibat yang ia lakukan. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa luasan hutan mangrove di kawasan perlindungan laut di Indonesia masih terancam.

Pada tahun 2016 rata rata dari 58 persen menjadi 48 persen, dan pada tahun 2017 dari  61 persen menjadi 55 persen. Hal ini dikarenakan faktor dari aktivitas manusia. Lalu, apa contoh perilaku manusia yang merusak alam? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Kegiatan eksploitasi
    Manusia seringkali melakukan kegiatan pemanfaatan terhadap sumber daya alam secara berlebihan, tanpa melakukan pembaruan kembali. Hal ini tentunya tidak baik untuk para biota yang hidup di alam tersebut. Bukan hanya itu saja, kegiatan ini juga dapat membahayakan kelangsungan hidup manusia yang tinggal di sekitar alam tersebut.
  • Pengalihfungsian menjadi tempat wisata
    Kerap kali kita menemukan kegiatan pengalihfungsian alam menjadi tempat wisata. Jika tidak kita lakukan dengan benar, hal ini tentu saja dapat memberikan kerusakan terhadap alam yang kita jadikan tempat wisata tersebut. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga mengancam keberlangsungan ekosistem alam yang ada di tempat itu.

Apa yang Menyebabkan Manusia Merusak Lingkungan?

Apa yang Menyebabkan Manusia Merusak Lingkungan?

Ada banyak hal yang membuat manusia melakukan hal apa saja yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau. Faktor-faktor tersebut bisa berasal dari dalam maupun dari luar diri mereka sendiri. Kira-kira, apa yang menyebabkan manusia merusak lingkungan? Menurut Mimin pribadi, setidaknya ada dua faktor yang membuat manusia merusak lingkungan, yaitu:

  1. Kurangnya edukasi pengetahuan dan penerapan untuk menjaga pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau.
  2. Penyempitan spektrum produk yang kita perdagangkan di dalam bidang kehutanan, perikanan, dan perikanan.

Penutup

Itulah ulasan Mimin mengenai apa saja yang dapat merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau. Marilah kita bersama-sama menjaga serta merawat kelestarian alam yang kita punya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.