Apa yang Dimaksud dengan Gagasan Penjelas?

Apa yang Dimaksud dengan Gagasan Penjelas

Dalam sebuah penulisan, kita perlu memperhatikan keterpaduan antarkalimat dan juga antarparagraf agar tulisan mudah dipahami oleh pembaca. Pada artike ini, akan dibahas tentang apa yang dimaksud dengan gagasan penjelas beserta contoh-contohnya.

Apa yang Dimaksud dengan Gagasan Penjelas dan Tuliskan Contohnya?

Apa yang Dimaksud dengan Gagasan Penjelas dan Tuliskan Contohnya?

Agar kita lebih memahami lebih jauh tentang gagasan penjelas dalam penulisan, kita juga perlu mengetahui contoh-contohnya. Lantas, apa yang dimaksud dengan gagasan penjelas dan tuliskan contohnya?

Gagasan penjelas ialah ide pendukung dari sebuah gagasan utama. Nama lain dari gagasan penjelas adalah gagasan pendukung atau kalimat penjelas. Gagasan pendukung ini berisi informasi tambahan dari sebuah gagasan pokok. Penulisannya harus dilakukan secara runtut sehingga dalam satu paragraf akan bersifar koheren, yang artinya antar kalimat satu dengan yang yang lain menjadi saling berkaitan.

Letak gagasan pendukung dalam paragraf induktif terdapat dikalimat kedua dan seterusnya. Sedangkan dalam paragraf induktif, letaknya berada diawal kalimat dan seterusnya, yang kemudian pada akhir kalimat akan muncul gagasan pokoknya. Gagasan pendukung memiliki fungsi untuk mempertegas ide pokok dalam sebuah paragraf. Kita telah mengetahui apa yang dimaksud dengan gagasan penjelas. Ada baiknya jika kita juga mengetahu ciri-cirinya. Ada beberapa ciri dari gagasan pendukung yang perlu kita ketahui, yaitu sebagai berikut :

  • Sifatnya khusus, karena berisi penjelasan dari gagasan utama. Dan jika berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimatnya tidak dapat mencerminkan keseluruhan isi paragraf
  • Terdiri dari beberapa kalimat
  • Mengandung data, contoh, kronologi kejadian, maupun pernyataan sebagai pendukung
  • Tidak dapat berdiri sendiri

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Gagasan Utama dan Gagasan Penjelas?

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Gagasan Utama dan Gagasan Penjelas?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan gagasan penjelas hingga ciri-cirinya. Lantas, jelaskan apa yang dimaksud dengan gagasan utama dan gagasan penjelas? Telah dijelaskan tentang gagasan penjelas pada pembahasan diatas. Selanjutnya, kita akan membahas tentang gagasan utama.

Gagasan utama biasanya disebut dengan gagasan pokok, ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah paragraf atau teks. Gagasan utama merupakan kalimat yang berisi pokok pikiran utama yang menjadi dasar untuk mengembangkan sebuah paragraf. Ciri-ciri dari gagasan utama yaitu sebagai berikut :

  1. Ditulis dalam satu kalimat utuh yang independen
  2. Dibentuk tanpa kata sambung (transisi)
  3. Tersusun dari topik permasalahan utama yang dijelaskan lebih lanjut
  4. Mempunyai kalimat yang jelas, walaupun tanpa dihubungkan kalimat lain
  5. Ide pokok yang berada di akhir paragraf, biasanya ditandai dengan kata “oleh karena itu”, “oleh sebab itu”, “kesimpulannya”, dan “dengan demikian”.

Apa yang Dimaksud dengan Gagasan Utama Itu?

Apa yang Dimaksud dengan Gagasan Utama Itu?

Kita telah mengetahui apa yang dimaksud dengan gagasan penjelas dan juga gagasan pokok pada pembahasan diatas. Apa yang dimaksud dengan gagasan utama itu? Tentunya kita sudah mengerti tentang pengertiannya. Alangkah baiknya jika kita membahas tentang bagaimana cara menemukan gagasan utama ini. Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk memahami dan menemukan gagasan utama.

  • Mengetahui jenis paragraf dari sebuah teks atau bacaan
  • Membedakan kalimat utama dan penjelas
  • Menemukan kalimat utama yang berisi gagasan utama
  • Kalimat utama bisa berada diawal atau akhir sebuah paragraf
  • Kalimat utama memiliki ciri berbentuk pernyataan umum dan diperinci kalima yang lain
  • Kalimat utama tidak mempunyai kata acuan, misalnya tersebut itu, atau -nya
  • Kalimat utama dapat memasukkan kata kunci. Contohnya adalah, merupakan, yang terpenting, sebagai, jadi, dengan demikian, dan sebagainya.
  • Kata kunci yang berada pada kalimat penjelas, yaitu akibatnya, selain itu, hal itu, sebagai contoh, dan lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan gagasan penjelas, mulai dari pengertian hingga ciri-cirinya, serta pembahasan mengenai gagasan utama. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.