Apa yang Dimaksud dengan Globalisasi? Baca Disini!

Apa yang Dimaksud dengan Globalisasi

Segala kemajuan teknologi yang saat ini Anda rasakan merupakan salah satu contoh dampak dari globalisasi. Masuknya budaya barat ke dalam Negara Indonesia. Tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan globalisasi? Globalisasi memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan, namun sebelum itu, penting untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Globalisasi berasal dari kata global, yang berarti meliputi seluruh dunia. Sehingga globalisasi dapat kita artikan sebagai proses mendunianya suatu hal, sehingga batas antar negara menjadi hilang. Demikianlah yang dimaksud dengan apa yang dimaksud dengan globalisasi

Atau dapat juga kita definisikan sebagai proses tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan juga kebudayaan dari suatu negara menuju negara lain.

Sebagian orang hanya merasakan dampak dan tanda yang mereka alami, mengerti apa yang dimaksud dengan globalisasi. Padahal pengertian merupakan hal dasar yang harus setiap orang pahami.

Pemirsa, artikel kali ini tidak hanya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan globalisasi, namun juga beberapa hal lain yang dapat menjadi tambahan wawasan Anda yang masih seputaran dengan globalisasi. Sebab itu, simak terus artikel ini, ya!

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Globalisasi dan Berikan Contohnya?

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Globalisasi dan Berikan Contohnya?

Istilah globalisasi tentu sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, karena memang dampaknya begitu sangat hampir seluruh masyarakat dunia rasakan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan globalisasi dan berikan contohnya?

Globalisasi dapat kita artikan sebagai proses setiap orang di dunia dapat terikat satu sama lain, hal ini dapat berkaitan dengan budaya, kebiasaan, adat, ekonomi, dan sebagainya. Proses ini dapat terjadi di hampir segala bidang, karena itu setiap masyarakat akan dapat saling bergantung, lalu menciptakan tatanan hidup yang baru.

Contoh globalisasi yang dapat kita saksikan adalah, semakin mudahnya berkomunikasi dan mendapatkan informasi, berbelanja tidak perlu datang ke toko namun bis melalui online, banyaknya teknologi baru untuk mendukung kehidupan.

Apa yang Dimaksud dengan Globalisasi Menurut Para Ahli?

Apa yang Dimaksud dengan Globalisasi Menurut Para Ahli?

Anda telah mengetahui tentang arti globalisasi secara umum. Adapun beberapa pendapat dari para ahli tentang proses globalisasi. Langsung saja menuju penjelasan dari apa yang dimaksud dengan globalisasi menurut para ahli?

  • Menurut Selo Soemardjan, globalisasi merupakan proses terbentuknya sistem komunikasi dan juga organisasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem yang sama.
  • Scholte mengemukakan bahwa berkembangnya hubungan internasional, di mana setiap negara menjaga identitas masing-masing, namun semakin saling bergantung satu sama lain.
  • Thomas L Friedman berpendapat bahwa globalisasi memiliki dimensi teknologi, yaitu teknologi informasi dan dimensi ideologi, yaitu pasar bebas dan kapitalisme yang nantinya dapat mempersatukan dunia.
  • Menurut Achmad Suparman, globalisasi adalah proses percepatan hubungan sosial yang terjadi pada seluruh dunia yang memiliki keterkaitan waktu antar lokasi dan menimbulkan adanya perubahan.

Apakah Dampak dari Globalisasi?

Apakah Dampak dari Globalisasi?

Globalisasi mempunyai dampak positif dan negatif, di mana keduanya sangatlah nyata yang seluruh masyarakat dunia rasakan dan dapat kita lihat secara fisik. Apakah dampak dari globalisasi?

Dampak positif dari globalisasi adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi yang semakin canggih
  2. Timbulnya perdagangan bebas
  3. Penggunaan Bahasa Inggris sebagai ciri masyarakat global
  4. kebijakan nasional yang mendukung dan mempengaruhi negara lain
  5. Mudahnya mengenal budaya dari negara lain
  6. Timbulnya kemudahan berkomunikasi
  7. Kemudahan dalam menggunakan transportasi

Adapun dampak negatif dari globalisasi, yaitu:

  1. Lunturnya budaya lokal karena masuknya budaya lain
  2. Terjadi penyelundupan barang ilegal
  3. Semakin tingginya polusi udara karena banyaknya pabrik
  4. Industri baru menjadikan industri lama menjadi kalah saing
  5. Timbulnya sikap individualisme yang tinggi
  6. Gaya hidup tinggi konsumsi
  7. Masuknya budaya barat yang orang orang anggap menyimpang

Demikianlah yang dapat kita bahas, semoga bermanfaat, ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.