Apa yang Dimaksud dengan Hedonisme, Baca Disini!

Apa yang Dimaksud dengan Hedonisme

Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan hedonisme. Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang secara naluri ingin menghindari rasa sakit dan juga penderitaan.

Akan tetapi, terkadang naluri ini justru menjebak kita pada gaya hidup yang hedonis. Dengan munculnya berbagai aktivitas dan juga sarana entertainment, saat ini hedonisme adalah salah satu masalah umum di dalam masyarakat.

Meski tampak mewah dan juga menyenangkan, nyatanya dampak dari hedonisme tidaklah selalu positif, terutama untuk kesehatan finansial pada jangka panjang. Banyak orang menghabiskan masa mudanya hanya dengan berfoya-foya, hingga akhirnya harus menderita pada saat tua.

Tidak ingin ini terjadi pada kalian, bukan? Maka dari itu, langsung saja kita pelajari lebih dalam tentang apa yang dimaksud dengan hedonisme.

Apa itu Sifat Hedonisme dan Contohnya?

Apa itu Sifat Hedonisme dan Contohnya?

Setelah kalian mengetahui sedikit tentang apa yang dimaksud dengan hedonisme. Kali ini kita akan bahas secara dalam apa itu sifat hedonisme dan contohnya? Hedonisme adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani “Hedone” berarti kesenangan.

Jadi apa itu hedonisme adalah gaya hidup yang berfokus mencari kesenangan dan kepuasan tanpa adanya batas. Sifat yang satu ini adalah berusaha menghindari hal-hal yang menyakitkan atau menyusahkan dengan cara memaksimalkan perasaan-perasaan yang menyenangkan.

Contoh hedonisme di dalam kehidupan sehari-hari yakni: 

  1. Perilaku berbelanja secara boros dengan hanya membeli apa yang diinginkan
  2. Mempunyai mobil yang mewah
  3. Selalu memilih makanan yang mahal dan enak
  4. Membeli aksesoris berlebih
  5. Boros membeli makanan cepat saji

Apa yang Menyebabkan Hedonisme?

Apa yang Menyebabkan Hedonisme?

Bagi kalian yang bertanya tanya apa yang menyebabkan hedonisme? Penyebabnya adalah gaya hidup yang hanya memikirkan kebahagiaan semata. Namun, perilaku ini tidaklah muncul begitu saja. Terdapat beberapa faktor penyebab gaya hidup hedonis baik internal maupun eksternal. Berikut ini adalah faktor faktor penyebabnya:

  1. Faktor Pribadi
    Gaya hidup hedonisme adalah dari faktor pribadi kita. Setiap manusia pasti mempunyai sifat dasar alamiah ingin mendapatkan kebahagiaan dan juga kesenangan. Tetapi karena manusia tidak merasa puas dan tidak dapat mengontrol dirinya, maka Anda bisa terjerumus pada gaya hidup hedonis.
  2. Faktor Keluarga
    Penyebab gaya hidup hedonis mudah terjadi karena faktor dari keluarga. Apabila seseorang lahir dalam keluarga dengan fasilitas kemudahan dan juga kemewahan sudah tersaji, maka hal ini bisa berpotensi kalian mengidap gaya hidup hedonisme.
  3. Faktor Lingkungan Sosial
    Faktor lingkungan sosial merupakan salah satu penyebab gaya hidup hedonis secara eksternal. Apabila seseorang terbiasa bergaul dengan orang-orang bergaya hidup hedon, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi hedon juga.

Apakah Hedonisme Selalu Baik?

Apakah Hedonisme Selalu Baik?

Bagi kalian yang juga bertanya apakah hedonisme selalu baik? Sifat hedonisme sebenarnya juga memiliki sisi positif, yakni mengajak manusia untuk menikmati kehidupan dengan kebahagiaan. Agar manusia tidak selalu dalam keadaan murung dan sedih. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari hedonisme:

  1. Hidup Tanpa Orientasi Keuangan yang Jelas
    Gaya hidup hedonis cenderung hanya memenuhi keinginan belaka, sehingga dampaknya adalah kalian bisa hidup tanpa orientasi keuangan yang jelas. Pastinya hal ini dapat berakibat tidak baik. Karena kalian mengeluarkan uang tanpa mempertimbangkan aspek kebutuhan dan juga prioritas.
  2. Tidak Adanya Dana Darurat dan Investasi
    Pelaku gaya hidup ini cenderung tidak memikirkan masa depan.Karena itu, dampaknya adalah pelaku tidak memiliki dana darurat dan investasi. Ketika mereka memiliki uang, mereka langsung menghabiskan untuk kesenangan yang berlangsung hanya sementara.
  3. Tidak Punya Perencanaan Keuangan Jangka Panjang
    Kalian tidak akan memiliki rencana keuangan jangka panjang merupakan salah satu dampaknya. Karena pelaku hanya berfokus pada pemenuhan kesenangan dan kebahagiaan saat ini. Mereka lebih memikirkan bagaimana memenuhi gaya hidup yang mewah sehingga bisa mengalahkan orang lain.

Penutup

Berikut adalah pembahasan saya tentang apa yang dimaksud dengan hedonisme. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.