Apa yang Dimaksud dengan Kebugaran Jasmani sih?

Apa yang Dimaksud dengan Kebugaran Jasmani

Halo Teman – Teman, apa kabar kalian semua? Kalian suka berolahraga atau yang membentuk otot? Kalian tau apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani karena saat di sekolah kita diajarkan akan hal kebugaran jasmani.

Tapi pasti dari kalian masih belum tahu akan apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani, Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang yang bisa menghadapi beban fisik yang kita dapatkan tanpa merasa kelelahan. Jika kalian memiliki kebugaran jasmani yang baik, kalian dapat melakukan aktivitas dengan lancar. 

Pastinya, kebugaran jasmani sudah menjadi hal penting untuk setiap orang agar tubuh sehat selalu. Kebugaran jasmani ini memiliki tujuan untuk mempertahankan, meningkatkan, dan mengembangkan kesehatan kalian. Selain itu kebugaran jasmani ini memiliki unsur – unsur dan manfaat berikut:

Manfaat kebugaran jasmani:

  1. Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung kita. 
  2. Meningkatkan stamina kita dan kekuatan tubuh.
  3. Memiliki kemampuan untuk pemulihan organ tubuh secara tepat.
  4. Bisa memiliki respons tubuh yang cepat dan tepat.
  5. Bisa mengurangi resiko kelebihan berat badan atau obesitas.
  6. Bisa mencegah penyakit jantung.
  7. Bisa menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Mengurangi depresi.
  9. Meningkatkan energi tubuh kita.
  10. Terhindar dari penyakit osteoporosis atau tulang keropos.
  11. Meningkatkan daya tahan untuk tubuh.
  12. Untuk meningkatkan kelenturan persendian.
  13. Meningkatkan kekuatan massa otot serta kecepatan.
  14. Untuk meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf, dan juga fungsi jantung.
  15. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh kita.

Itu manfaat yang kita dapatkan saat kita melakukan aktivitas kebugaran jasmani. 

Unsur – unsur kebugaran jasmani:

  1. Kekuatan atau Strength.
  2. Daya Tahan tubuh kita atau Endurance.
  3. Daya Otot tubuh kita  atau  Muscular Power.
  4. Kecepatan tubuh kita atau Speed.
  5. Daya Lentur tubuh kita atau Flexibility.
  6. Kelincahan atau Agility.
  7. Koordinasi atau Coordination.
  8. Keseimbangan atau Balance.
  9. Ketepatan atau yang biasa adalah Accuracy.
  10. Reaksi atau Reaction

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Kebugaran Jasmani dan Berikan Contohnya?

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Kebugaran Jasmani dan Berikan Contohnya? 

Setelah mengetahui gambaran tentang apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani, kali ini kita akan membahas tentang jelaskan apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani dan berikan contohnya?

Kebugaran jasmani ini merupakan sebuah kebutuhan yang di mana dapat kita penuhi agar kita dapat menjalankan aktivitas kehidupan sehari hari kita dengan baik.

Secara umum, kebugaran jasmani ini dapat kiat artikan sebagai kemampuan seseorang untuk menjalankan sebuah aktivitas dalam kehidupan sehari harinya dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti sehingga kita masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain lainnya. Yuk Langsung saja kita lihat contoh contoh dari kebugaran jasmani.

Contoh Kebugararn Jasmani

  • Lari
    Lari ini adalah cabang olahraga tertua yang di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah terkenal oleh banyak peradaban peradaban manusia kuno.
    Secara awam gerakan jalan dengan lari ini tidak ada perbedaan yang berarti. Baik jalan dan juga lari adalah gerakan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkahkan kaki dengan cara bergantian.
    Jadi, pengertian lari ini jugalah sama dengan pengertian jalan, yakni gerak berpindah tempat atau memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkah menggunakan kaki secara silih berganti. Tetapi, antara berjalan dan berlari ada perbedaan yang signifikan terutama kontak kaki dengan tanah.
  • Sit Up
    Sit Up ini adalah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat dengan lutut yang kita angkat keatas dan lakukan secara berulang ulang.
    Sit up tidaklah mudah untuk para pemula lakukan, tetapi jika kalian sudah terbiasa dalam melakukannya maka akan terasa nyaman dan juga tidak sulit pastinya.
    Biasanya latihan ini pria lakukan untuk membantu membentuk otot bagian di perut mereka.
  • Push Up
    Push Up ini adalah kegiatan olahraga yang berguna untuk melatih otot yang mudah hingga dapat semua orang lakukan mulai dari kalangan anak anak dan juga orang dewasa untuk menjaga kebugaran jasmani dalam melakukan push up.
  • Pull Up
    Pull Up ini merupakan salah satu latihan bagian kekuatan otot atas yang praktis dan dapat kita lakukan di rumah maupun kantor. Kalian dapat membuat melakukan olahraga yang satu ini sendiri ataupun dapat membelinya pada toko peralatan olahraga. Berikut ini adalah beberapa manfaat pull up yang dapat menarik perhatian oleh banyak orang.

Apa saja yang Termasuk Tentang Kebugaran Jasmani?

Apa saja yang Termasuk Tentang Kebugaran Jasmani?

Setelah kita membahas tentang apa itu kebugaran jasmani dan contohnya, kali ini kita akan membahas tentang Apa saja yang termasuk tentang kebugaran jasmani? berikut ini adalah unsur unsur yang termasuk di dalam kebugaran jasmani dan penjelasannya :

  • Kekuatan
    Kekuatan bisa kita katakan sebagai kondisi tubuh yang mampu mempergunakan otot ketika kita bebankan untuk menjalankan suatu aktivitas.
  • Daya otot
    Daya otot atau muscular power ini adalah unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan otot kita untuk mendukung aktivitas fisik sehari-hari.
    Daya otot ini berkaitan dengan sistem anaerobik dalam proses memenuhi kebutuhan energi. Daya otot bisa kita latih dengan beberapa latihan untuk melatih otot – otot utama tubuh manusia.
  • Daya tahan
    Daya tahan ini berkaitan langsung dengan stamina atau kemampuan untuk melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang cukup lama. Daya tahan juga membutuhkan latihan yang kompleks karena itu berkaitan dalam meningkatkan kinerja paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah serta kekuatan otot kita.
  • Kecepatan
    Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan suatu gerak dalam periode waktu yang cukup singkat. semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, dapat disimpulkan seseorang tersebut memiliki kemampuan bergerak cepat yang bagus.
  • Kelincahan
    Kelincahan adalah kemampuan tubuh dalam menyesuaikan gerakan dari satu posisi ke posisi yang lain, seperti dari depan pindah posisi belakang atau dari kiri pindah ke kanan.

Tujuan Kebugaran Jasmani

Tujuan Kebugaran Jasmani 

Setelah membahas tentang unsur kebugaran, kali ini kita akan membahas tentang tujuan kebugaran jasmani Kebugaran jasmani ini biasanya dapat diartikan sebagai aktivitas maupun bentuk kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh kita.

Kebugaran jasmani memiliki beberapa unsur yaitu Kekuatan, Daya tahan, Kecepatan, Daya lentur, Kelincahan, Koordinasi, Keseimbangan, Ketepatan dan juga Reaksi. Adapun berikut ini merupakan beberapa manfaat dari kebugaran jasmani ini:

  1. Kebugaran jasmani ini dapat membentuk kekuatan dan daya tahan tubuh.
  2. Kebugaran jasmani ini mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan.
  3. Kebugaran jasmani ini dapat mengurangi stres dan dapat menambah kebahagiaan  .
  4. Kebugaran jasmani ini dapat merangsang pertumbuhan tubuh.
  5. Kebugaran jasmani ini dapat membentuk rasa percaya diri, keberanian dan kesanggupan untuk ini bekerja sama.
  6. Kebugaran jasmani ini dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  7. Kebugaran jasmani ini dapat memelihara kebugaran dan kesehatan tubuh.

Penutup

Itulah penjelasan dari saya tentang apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani dan beberapa unsur – unsur dan manfaat untuk tubuh kita saat kita melakukan aktivitas tersebut, Itulah yang bisa kita pahami, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.