Apa yang dimaksud dengan Kerjasama? Yuk Simak!

Apa yang dimaksud dengan Kerjasama

Hari ini, kita akan membahas apa yang dimaksud dengan kerjasama. Apa yang dimaksud dengan kerja sama dan contohnya? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa pihak untuk mencapai tujuan bersama. Pihak yang dimaksud bisa jadi antara individu, kelompok, atau lembaga. Kerja sama merupakan usaha bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama.

Apa Tujuan Kita Bekerja Sama?

Apa Tujuan Kita Bekerja Sama?

Kerja sama dapat dilakukan di semua tempat, baik itu di rumah, sekolah, bahkan di lingkungan luar lainnya. Apa tujuan kita bekerja sama? Tujuan dari kerja sama adalah melatih berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah, mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi, menimbulkan rasa percaya diri, dan saling memahami individu dalam kelompok. Selain itu, apa tujuan kita bekerja sama?

Kerja sama tidak hanya dapat meringankan pekerjaan dalam sebuah kelompok sosial, tapi juga bagus untuk menumbuhkan kekompakkan dan rasa saling percaya antar manusia. Dengan kerja sama, pekerjaan menjadi lebih ringan dan efisien, serta dapat melatih diri kita untuk terbuka dengan cara atau ide baru. Sekian penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan kerjasama secara umum. Selanjutnya, kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan kerjasama berdasarkan bentuknya.

Berdasarkan perbedaan dalam organisasi, grup, atau dalam sikap grup, kerja sama dibagi menjadi tiga bentuk. Penjelasan untuk masing-masing bentuknya adalah sebagai berikut.

1. Kerja Sama Primer

Kerja sama primer adalah kerja sama yang dilakukan dalam kelompok terdekat. Kelompok terdekat yang dimaksud adalah keluarga. Kita akan cenderung mencoba berbaur dengan anggota kelompok lain, termasuk keluarga. Hal ini bertujuan agar kita dapat dianggap sebagai bagian dari kelompok tersebut. Contoh dari kerja sama primer ini adalah membersihkan rumah bersama dengan anggota keluarga lain.

2. Kerja Sama Sekunder

Kerja sama sekunder merupakan kerja sama yang terjadi di lingkungan sekunder, yang meliputi lingkungan kerja atau organisasi kemasyaraktan. Sikap indivitdu dalam bentuk kerja sama ini lebih individualis dibandingkan dengan kerja sama primer. Individu dalam kerja sama sekunder lebih mementingkan menyelesaikan pekerjaannya dibandigkan dengan kedekatan antar anggota. Contoh dari kerja sama sekunder adalah seorang karyawan yang melakukan tugas sesuai pemerintah atasannya.

3. Kerja Sama Tersier

Kerja sama tersier ini lebih longgar dan mudah pecah. Hal ini dapat terjadi apabila alat penyatu tidak membantu masing-masing pihak dalam mencapai tujuannya. Contoh dari kerja sama tersier adalah hubungan murid yang ditengahi oleh guru BK dengan orangtua.

Sekian penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan kerjasama dan apa yang dimaksud dengan kerja sama dan contohnya? Selanjutnya kita akan menjabarkan apa saja contoh kerjasama dalam kehidupan sehari-hari?

Tadi, kita sudah membahas tentang apa yang dimaksud dengan kerjasama. Sekarang, kita akan menjelaskan apa saja contoh kerjasama dalam kehidupan sehari-hari? Contoh-contoh tersebut terbagi atas tiga, yaitu di sekolah, rumah, dan lingkungan.

Apa Saja Contoh Kerjasama Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Apa Saja Contoh Kerjasama Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Pada lingkungan sekolah:

  • Kerjasama dalam piket kelas.
  • Kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok.
  • Kerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
  • Kerja bakti di lingkungan sekolah.
  • Membuat penghijauan di sekolah.
  • Membantu teman yang kesulitan.

Pada lingkungan rumah:

  • Membersihkan rumah bersama-sama.
  • Membantu ibu dalam melakukan pekerjaan rumah, seperti cuci piring, sapu lantai.
  • Membantu ayah menyuci mobil.
  • Kerja sama dalam menghemat pemakaian listrik.

Kerja sama dengan lingkungan sekitar:

  • Kerja bakti membersihkan lingkungan.
  • Gotong royong membangun balai desa.
  • Musyawarah untuk kepentingan bersama.
  • Ikut membantu warga yang sedang hajatan.
  • Bersama-sama menghias lingkungan untuk memperingati 17 Agustus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.