Apa yang dimaksud dengan Musyawarah? Apakah Penting?

Apa yang Dimaksud dengan Musyawarah

Dalam kehidupan berkeluarga,di sekolah, di lingkungan masyarakat  pastilah  terdapat permasalahan.  Akan tetapi,  untuk menyelesaikan masalah sering terjadi di perbedaan pendapat bahkan perdebatan yang mengakibatkan perpecahan atau permusuhan satu sama lain. Oleh karena itu, dalam mengambil keputusan diperlukan adanya musyawarah.  Apa yang dimaksud dengan musyawarah

Mungkin ketika kalian duduk di sekolah dasar telah   dijelaskan Dan memahami apa yang dimaksud dengan musyawarah. Akan tetapi, supaya kalian ingat kembali dan lebih memahami akan   apa yang dimaksud dengan musyawarah. Kalian patut untuk membaca artikel ini.  Pasalnya artikel  ini, akan memaparkan serta  menjelaskan secara rinci  tentang apa yang dimaksud musyawarah dan beserta contohnya.

Apa yang dimaksud dengan Musyawarah dan Berikan Contohnya ?

Apa yang dimaksud dengan Musyawarah dan Berikan Contohnya ?

Apakah kalian masih dapat mengingat  dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan musyawarah dan berikan contohnya ? Yang pertam a penjelasan dari pengertian musyawarah adalah suatu sistem atau cara untuk mengambil  keputusan untuk  memecahkan suatu masalah bersama dengan melibatkan banyak orang. Selanjutnya,  keputusan tersebut harus  disepakati oleh bersama dan dijalankan dengan iklas dan rasa tanggung jawab oleh sema anggota..

Dari definisi di atas dapat disimpulkan  tujuan utama dari  melakukan  pengambilan keputusan secara  bersama  tersebut untuk mencapai suatu tujuan yang mufakat. Penjelasan dari  kata mufakat yaitu  memiliki arti setuju,  sepakat,  sekata, dan sependapat. Lalu, definisi dari  mufakat dalam pemungutan suara adalah kata lain dari sepakat, setuju yang dicapai  oleh seluruh anggota pemungutan suara setelah pemungutan suara selesai dilakukan.

Mufakat juga merupakan suatu keputusan atau kesepakatan hasil akhir dari pemungutan suara yang dilakukan oleh kelompok atau banyak anggota dengan tujuan mencari solusi untuk memecahkan masalah. Sehingaa  dapat disimpulkan, musyawarah mufakat yaitu  pemungutan suara terbanyak yang bertujuan untuk mencapai suatu hasil akhir  yang  telah  disetujui dan tidak memberatkan seluruh anggota.

Pemungutan  suara terbanyak ini harus dilakukan secara adil seadil-adilnya,  terbuka  dan jelas. Hal ini, sesuai dengan asas demokrasi yang ada di Indonesia. Menyampaikan pendapat merupakan salah satu kebebasan demokrasi termasuk menyampaikan pendapat pada musyawarah. Maka dari itu sering sekali hal ini dikaitkan dengan kebebasan demokrasi.

Setelah membahas tentang definisi atau pengertian,  Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan yang memerlukan pemungutan suara  dari berbagai tingkat  dan lingkungan :

  • Pada lingkungan keluarga

Lingkup terkecil suatu kelompok yaitu keluarga. Meskipun jumlah anggota keluarga inti maupun besar tidak sebanyak jumlah kelompok masyarakat. Namun,  sering sekali terjadi musyawarah yang dilakukan dalam suatu keluarga. Contoh sederhananya  Penerapan kegiatan berembuk ditingkat keluarga yaitu :  pembagian tugas,  perencanaan keperluan rumah tangga,   mendiskusikan acara besar seperti pernikahan, khitan,  hajatan, dan masih banyak lagi

  • Pada lingkungan masyarakat atau desa

Berikutnya adalah tingkatan yang lebih luas,  pada lingkungan masyarakat atau Desa biasanya dilakukan rembuk desa. Rembuk desa ini dilakukan untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi suatu desa, Mendiskusikan acara desa seperti : Acara perlombaan 17 Agustus,  ruwat desa, pembentukan organisasi desa, Acara paguyuban ibu-ibu dan masih banyak lagi. Biasanya kegiatan rembuk desa dihadiri oleh orang penting Desa seperti kepala desa RT RW dan dan tokoh atau sesepuh desa.

  • Pada lingkungan sekolah

Selain pada lingkungan masyarakat lingkungan sekolah pun juga melakukan pengambilan keputusan secara bersama atau rembukan. Berikut ini adalah beberapa contoh pengambilan keputusan bersama di sekolah yaitu:   pemilihan Ketua Kelas dan wakil,  pemilihan ketua OSIS,  pembentukan  anggota organisasi,  berdiskusi acara pensi sekolah,  pembagian jadwal piket,  dan masih banyak lagi.

  • Pada  lingkungan kerja atau bisnis

Tidak asing lagi di lingkungan kerja atau dunia bisnis seringkali melakukan rembukan atau biasanya disebut meeting. Hal ini dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi di kantor atau pada usaha,  serta untuk mendiskusikan  perencanaan perkembangan bisnis. Selain itu kegiatan rembukan di dunia kerja juga untuk  merundingkan pengangkatan jabatan bagi seseorang. Sama seperti halnya  pemilihan ketua kelas di lingkungan sekolah dan dan pemilihan presiden di lingkungan negara.

  • Pada lingkungan pemerintahan

Kelompok yang memiliki jumlah anggota dengan skala besar yaitu negara.  Biasanya,  pengambilan keputusan bersama dalamsuatu  kegiatan pemerintahan atau negara juga dapat disebut kerapatan nagari. Kerapatan nagari ini ada dua tingkat yaitu tingkat daerah dan tingkat negara.

Di tingkat  daerah biasanya dilakukan oleh beberapa pejabat daerah seperti Bupati Walikota gubernur dan perangkatnya.  Biasanya  mereka akan mendiskusikan tentang permasalahan daerah dan bagaimana cara mengembangkan daerah tersebut.

Tingkat  yang lebih tinggi yaitu di lingkup negara.Pada lingkup negara biasanya  mendiskusikan hal yang sangat penting seperti :  Merumuskan undang-undang,  Rapat anggota DPR, rapat permasalahan negara, dan lain-lain. Selain itu juga dilakukan atau dihadiri oleh orang-orang penting negara seperti presiden wakil presiden menteri, dan perangkat pemerintahan lainnya.    Karena skala besar, biasanya kegiatan kerapatan nagari dilakukan untuk menyelesaikan beberapa apa permasalahan sekaligus

Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Musyawarah Menurut Bahasa dan Istilah ?

Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Musyawarah Menurut Bahasa dan Istilah ?

Jika penjelasan di atas telah memaparkan jawaban  tentang definisi dari musyawarah beserta diberikannya beberapa contoh. Maka, Selanjutnya Sub bab ini akan membahas dan menjawab pertanyaan  berikut. Jelaskan apa yang dimaksud dengan musyawarah menurut bahasa dan istilah ?

Jika kalian mengira kosakata musyawarah ini dari negara Indonesia Kalian salah karena kata musyawarah ini bukan berasal dari negara kita  Indonesia melainkan berasal dari negara Arab. Kata ini diambil dari salah  satu  kosakata bahasa Arab yaitu syawara yang artinya berunding, berembuk, bertukar pikiran, dan mengajukan ide. Musyawarah juga memiliki sinonim atau persamaan kata yang dapat disebut  rembukan,  rembukan desa, syuro, demokrasi dan kerapatan nagari. Wah banyak sekali bukan kan, persamaan kata dari musyawarah.

Sedangkan menurut istilah musyawarah merupakan perundingan yang dilakukan antara 2 orang bahkan lebih untuk  mengatasi suatu permasalahan secara bersama-sama sesuai dengan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Agama Islam memandang syawara  sangatlah penting di kehidupan  umat Islam. Terserah serta yang perintah  an-nur kan umat supaya  berembuk dan berdiskusi dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi bersama.

Akan tetapi jika  dijelaskan pengertiannya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia / KBBI. Pengertian dari kataMusyawarah  adalah   membahas suatu  hal secara bersama (dilakukan lebih dari satu orang )dengan tujuan mencapai satu keputusan untuk menyelesaikan masalah.

Kegiatan Apa Saja yang Memerlukan Musyawarah ?

Kegiatan Apa Saja yang Memerlukan Musyawarah ?

Setelah mengenal akan istilah  dan bahasa serta pengertian musyawarah. Lalu kegiatan apa saja yang yang memerlukan musyawarah ? Berdasarkan contoh diatas Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang memerlukan adanya  pengambilan keputusan bersama yaitu :

  1. Mendiskusikan pembagian tugas,  contoh : pembagian tugas rumah, pembagian jadwal piket
  2.   Mempersiapkan  suatu acara :  acara 17-an di desa,   acara pentas seni di sekolah,  acara keluarga ( pernikahan ), Dan masih banyak lagi.
  3. Pengangkatan  suatu jabatan :  pemilihan ketua OSIS,   pemilihan calon presiden,  pemilihan ketua kelas,  pemilihan jabatan kantor.

Perumusan suatu peraturan : peraturan di lingkungan keluarga,  peraturan desa, hingga merumuskan undang-undang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.