Apa yang Dimaksud dengan Notasi Musik? Baca Disini!

Apa yang Dimaksud dengan Notasi Musik

Bagi seorang pemusik tentu saja sangat penting untuk bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan notasi musik. Apakah kalian pernah melihat buku atau kertas putih yang ada di depan seseorang ketika memainkan alat musik? Ya, buku tersebut biasanya berisikan notasi-notasi musik yang berfungsi sebagai panduan bagi mereka yang bermain musik.

Apa Apakah yang Dimaksud Notasi Musik?

Apa Apakah yang Dimaksud Notasi Musik?

Mungkin memahami notasi musik adalah hal pertama yang harus kalian pelajari jika ingin bermain musik. Lantas, apa apakah yang dimaksud notasi musik? Apa yang dimaksud notasi musik adalah sistem penulisan karya musik dengan nada yang dilambangkan oleh not. Tulisan ini juga didefinisikan sebagai tanda tertulis yang memiliki titik nada.

Notasi biasanya dituliskan dengan lambang, simbol, atau tulisan musik dan wujud dari tulisan ini disebut sebagai partitur. Partitur inilah yang menjadi panduan bagi para pemusik agar dapat memainkan nada yang tepat. Dengan demikian, lagu yang dimainkan pun memiliki nada yang harmonis dan enak didengar.

Partitur sendiri berfungsi sebagai wadah untuk penulisan nada yang sesuai dengan alat musik yang dimainkan. Dalam Bahasa Inggris partitur disebut dengan sheet music, yang berarti lembaran musik.

Sesuai dengan namanya, memang biasanya partitur berbentuk seperti buku yang di dalamnya berisi lembaran-lembaran notasi musik. Kita tidak bisa dengan sembarangan membaca tulisan ini, karena untuk membacanya kita harus memahami beberapa hal terlebih dahulu.

Setidaknya kita harus memahami simbol dasarnya, seperti nada, kunci musik, dan lain sebagainya, setelah itu baru mempelajari bagian dalam partiturnya.

Notasi Dibagi Menjadi Dua Apa Saja?

Notasi Dibagi Menjadi Dua Apa Saja?

Seperti yang kita ketahui apa yang dimaksud notasi musik adalah sistem penulisan musik. Artinya, musik ditulis dengan menggunakan serangkaian notasi yang bergantung pada macamnya, berbeda macamnya maka berbeda pula cara penulisannya. Penulisan notasi dibagi menjadi dua apa saja? Berikut Mimin berikan ulasannya di bawah ini.

1.) Notasi Angka
Penulisan yang satu ini mungkin menjadi penulisan notasi yang pertama kali dan sering kita temui. Pasalnya penulisan yang satu ini memang sering kali kita gunakan dalam pelajaran Seni Musik saat di sekolah.

Penulisan dengan simbol angka-angka memang menurut Mimin sendiri lebih mudah untuk dimengerti, sehingga sangat cocok bagi kita yang baru mulai mempelajari musik.
Dalam penulisannya angka-angka yang ada mewakili nada-nada yang berbeda, yaitu:

  • 1 – Do
  • 2 – Re
  • 3 – Mi
  • 4 – Fa
  • 5 – Sol
  • 6 – La
  • 7 – Si (ti)

Untuk menuliskan nada tinggi biasanya dilambangkan dengan titik yang ditulis di atas angka tersebut, dan begitu juga sebaliknya untuk penulisan nada rendah. Untuk menuliskan nada rendah, maka dilambangkan dengan lambang titik yang dituliskan di bawah angkanya.

Namun sayangnya, dalam perkembangan musik, notasi angka dianggap kurang efektif karena tidak memiliki patokan tinggi nada yang tetap. Notasi angka lebih tepat digunakan dalam pembelajaran vokal atau menyanyi.

2.) Notasi Balok

Selanjutnya ada notasi balok. Notasi balok lebih sering digunakan daripada angka karena penulisan dengan cara notasi balok dinilai lebih lengkap lengkap penulisannya. Notasi ini ditulis menggunakan simbol atau gambar yang masing-masing memiliki makna tertentu.

Penulisan notasi balok didasarkan pada paranada yang memiliki lambang berbeda untuk tiap-tiap nadanya. Perbedaan lambang juga bisa untuk menunjukkan durasi serta ketinggian pada nada tersebut.

Untuk waktu atau ritme digambarkan secara horizontal, sedangkan untuk tinggi rendahnya nada digambarkan secara vertikal, serta untuk durasi digambarkan dengan ketukan. Penulisan notasi balok ditulis di dalam garis paranada. 

Apa Saja Macam Macam Notasi Musik?

Apa Saja Macam Macam Notasi Musik?

Selain notasi angka dan balok, masih terdapat beberapa macam notasi lainnya. Lalu, apa saja macam macam notasi musik?

  • Notasi Gambar
    Notasi gambar menggunakan simbol-simbol gambar sebagai penunjuk nada. Contohnya seperti kucing sebagai do, dan ikan sebagai re.
  • Notasi Simbol
    Biasanya notasi simbol menggunakan gerakan tubuh untuk menunjukan nadanya. Contohnya seperti simbol tangan ke atas untuk nada rendah, dan tangan ke bawah untuk nada rendah.

Penutup

Secara garis besarnya notasi musik berperan sebagai pembaca nada dalam setiap irama musik. Jadi bisa kalian bayangkan betapa pentingnya bagi seorang pemusik untuk memahami apa yang dimaksud notasi musik. Semoga artikel ini dapat membantu kalian memahami apa yang dimaksud notasi musik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.