Apa yang Dimaksud dengan Overhead Pass dalam Bola Basket?

Apa yang Dimaksud dengan Overhead Pass

Bola basket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau lebih pemain. Setiap tim dalam permainan bola basket terdiri dari lima pemain. Setelah itu, tim yang melempar bola ke ring dan mendapat banyak poin memenangkan permainan. Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan overhead pass?

Tentunya bagi yang ingin bermain bola basket perlu mengetahui bahwa ada beberapa teknik dasar dalam permainan ini. Teknik dasar permainan bola basket itu sendiri meliputi tag position (memegang bola), pass and catch, dribble, shoot, lay up, pivot, rebound dan screen. Artikel ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan overhead pass?

Bagi Anda yang gemar memainkan olahraga ini tentu harus mengetahui teknik bermainnya, bukan? Karena ada beberapa istilah yang harus Anda pahami, salah satunya adalah overhead pass. Apa yang dimaksud dengan overhead pass?

Overhead pass merupakan teknik untuk mengoper bola dari atas ke atas. Teknik operan ini dilakukan dengan cara menarik bola ke kepala dan kemudian melemparkannya dengan kedua tangan. Karena teknik ini dilakukan dengan kedua tangan, maka disebut sebagai overhead pass.

Teknik passing adalah suatu hal yang wajib bisa dilakukan bagi pemain bola basket. Karena merupakan kunci bermain basket. Dalam permainan bola ini, passing didefinisikan sebagai cara melempar bola ke rekan setimnya di lapangan. Demikian adalah yang dimaksud dengan apa yang dimaksud dengan overhead pass.

Apa yang Dimaksud dengan Overhead Pass dan Chest Pass pada Permainan Bola Basket?

Apa yang Dimaksud dengan Overhead Pass dan Chest Pass pada Permainan Bola Basket?

Anda telah mengetahui tentang teknik overhead pass, selanjutnya kita akan membahas tentang chest pass. Teknik ini biasanya merupakan teknik yang membutuhkan tenaga lebih kuat karena pemain harus menggunakan kedua tangan untuk menendang operan saat mengoper. Apa yang dimaksud dengan overhead pass dan chest pass pada permainan bola basket?

Chest pass adalah teknik mengoper bola dari depan ke dada. Ini adalah jenis passing bola basket, dimana pemain yang memegang bola melempar operan langsung dari dada dengan kedua tangan  ke dada pemain yang menerima bola. 

Langkah Langkah Gerakan Overhead Pass?

Langkah Langkah Gerakan Overhead Pass?

Setelah mengulas tentang definisi dari teknik dari permainan tersebut. Tentu saja kita juga harus memahami tentang cara untuk melakukannya. Tahukah Anda Langkah langkah gerakan overhead pass

Saat melakukan teknik ini, posisi awal tubuh pelintas atau lemparan di atas kepala bola basket menunjuk ke arah lemparan. Gerakan lengan mengoper atau melempar bola basket kemudian mengayun ke arah lempar hingga siku lurus. Melepaskan bola dari tangan saat mengoper atau melempar bola basket  adalah saat lengan dalam posisi lurus. Akhir dari teknik ini adalah berat badan dibawa kedepan.

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Sikap Awal Over Head Pass dalam Permainan Bola Basket?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Sikap Awal Over Head Pass dalam Permainan Bola Basket?

Sikap awal merupakan suatu posisi tubuh sebagai awal permulaan dari sebuah teknik. sikap ini dimaksudkan sebagai bentuk persiapan pemain dalam olahraga basket. Bagaimana cara melakukan gerakan sikap awal over head pass dalam permainan bola basket?

Pertama-tama, Anda harus membuka kedua kaki Anda selebar dengan bahu, posisi badan harus diturunkan dengan cara menekuk kedua lutut, dan bola ditempatkan diatas kepala dengan kedua tangan.

Kesalahan yang sering terjadi dalam teknik ini adalah posisi kaki tidak dibuka selebar bahu, saat memegang bola, tangan masih dibawah kepala, posisi tangan tidak lurus, dan lain sebagainya. 

Sekian dan terimakasih. Semoga membantu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.