Apa Yang Dimaksud Dengan Pergaulan Bebas? Apa Dampaknya?

Apa Yang Dimaksud Dengan Pergaulan Bebas

Halo teman teman bagaimana kabar kalian semuanya? Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan pergaulan bebas. Salah satu yang menjadi permasalahan pada kalangan remaja dalam proses pencarian jati diri mereka adalah bahayanya pergaulan bebas. Pergaulan bebas ini adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. Istilah “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas batas norma yang telah ada. Masalah dari pergaulan bebas ini sering muncul baik di lingkungan maupun di media massa. Pada saat ini kebebasan bergaul sudah sampai mencapai pada tingkat yang sudah mengkhawatirkan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan pergaulan bebas:

  • Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga ini adalah salah satu faktor kunci yang sangat mempengaruhi tindakan dan perilaku remaja di masyarakat. Minimnya tingkat pendidikan di dalam keluarga membuat remaja mudah terpengaruh pergaulan bebas. Tingkat pendidikan yang paling berperan sangat besar adalah pendidikan agama.

  • Broken Home

Umumnya keadaan broken home membuat mereka kurang mendapatkan perhatian dari kedua orang tua, jadi penyebabnya adalah karena kurangnya pengawasan orang tua. Hal ini akhirnya menyebabkan korban broken home mencoba mencari pelarian, salah satunya dengan pergaulan bebas.

  • Ekonomi Keluarga

Ekonomi keluarga yang kurang berkecukupan ini juga berisiko membuat remaja putus sekolah. Apalagi ditambah jika keluarganya tidak mendukung dan juga tidak berusaha. Akibatnya, kurang ilmu dan pendidikan membuat remaja tanpa sadar terjerumus ke dalam pergaulan bebas ini.

Pastinya kalian masih penasaran kan? Yuk langsung saja kita bahas secara mendalam tentang apa yang dimaksud dengan pergaulan bebas.

Apa Pengertian Pergaulan Bebas Dan Dampaknya?

Apa Pengertian Pergaulan Bebas Dan Dampaknya?

Setelah kalian mendapatkan gambaran tentang apa yang dimaksud dengan pergaulan bebas. Kali ini kita akan bahas tentang apa pengertian pergaulan bebas dan dampaknya?

Seperti yang kalian ketahui tentang pembahasan pergaulan bebas diatas sebelumnya. Pergaulan bebas ini pastinya akan menimbulkan banyak dampak negatif, berikut ini beberapa dampaknya:

  1. Ketergantungan pada obat obatan terlarang
  2. Hubungan keluarga yang tidak baik
  3. Tindakan kriminalitas
  4. Menyebarkan Penyakit
  5. Prestasi Menurun

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Pergaulan Bebas Dan Berikan Contohnya?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Pergaulan Bebas Dan Berikan Contohnya?

Bagi kalian yang bertanya tanya juga tentang jelaskan apa yang dimaksud dengan pergaulan bebas dan berikan contohnya? Pergaulan bebas ini adalah tindakan atau sikap yang dilakukan oleh individu atau suatu kelompok dengan tidak terkontrol dan juga tidak dibatasi oleh aturan aturan hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Pergaulan bebas dalam pemahaman keseharian identik dengan perilaku yang dapat merusak tatanan nilai di dalam masyarakat. Berikut ini adalah beberapa contoh dari pergaulan bebas:

  1. Tawuran antar kelompok
  2. Memakai pakaian terbuka
  3. Menggunakan narkoba
  4. Seks pranikah

Apa Saja Ciri Ciri Dari Pergaulan Bebas?

Apa Saja Ciri Ciri Dari Pergaulan Bebas?

Bagi kalian yang bertanya tanya tentang apa saja ciri ciri dari pergaulan bebas? Berikut ini adalah beberapa ciri cirinya:

  1. Melakukan seks bebas
  2. Berpakaian yang tidak pantas yang melanggar norma
  3. Mengalami tekanan emosi dan kesehatan mental
  4. Tidak menghargai orang tua
  5. Suka menghamburkan uang demi kesenangan diri semata
  6. Perilaku yang merugikan masyarakat sekitar
  7. Suka mengikuti hal hal yang berbahaya dan juga tidak bermanfaat
  8. Mencuri demi mendapatkan uang atau juga barang yang diinginkan
  9. Perilaku emosional, tidak mau mengalah, dan juga suka membanggakan diri
  10. Remaja yang merokok dan juga minum minuman alkohol

Berikut adalah pembahasan saya tentang apa yang dimaksud dengan pergaulan bebas. Semoga artikel ini dapat membantu teman teman sekalian, sekian terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.