Apa Yang Dimaksud Dengan Simetri Lipat? Cmon!

Apa Yang Dimaksud Dengan Simetri Lipat

Simetri lipat salah satu pelajaran matematika, yang telah diajarkan ketika kita menginjak jenjang Sekolah Dasar (SD). Pasti kalian semua mengalami masa pendidikan tersebut selama 6 tahun. Pelajaran matematika mempunyai materi tentang bangun datar, yang dimana memiliki simetri lipat setiap bentuknya. Lantas, apa yang dimaksud dengan simetri lipat?

Simetri lipat adalah jumlah lipatan yang ada pada bangun datar. Memiliki beberapa jenis, misalnya simetri balik, garis, dan cermin.

Untuk artian yang lain tentang apa yang dimaksud dengan simetri lipat, yakni karakteristik atau ciri garis yang dapat membagi bangun datar menjadi beberapa lipat dan memiliki jumlah garis yang berbeda-beda setiap bangunnya. Nah, kali ini saya akan membahas artikel mengenai apa yang dimaksud dengan simetri lipat. Dengan demikian, akan menambah wawasan anda mengenai bangun datar. Simak ulasan di bawah ini.

Simetri Lipat Persegi

Simetri Lipat Persegi

Simetri lipat persegi memiliki garis lipat sebanyak 4 kali. Bentuk persegi dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari, seperti papan tulis, kertas origami, jendela, kalender kertas, dan hal lainnya lagi. Simetri lipat dapat dikatakan sebagai pembagian lipatan yang terdapat pada bangun datar menjadi setengah dari ukuran aslinya.

Untuk lebih mudah memahaminya, anda dapat mengambil kertas origami dan bentuklah menjadi bangun datar persegi yang dilipat di bagian sisi yang sama besar. Dapat dilihat, ukurannya akan menjadi setengah bagian kecil dari ukuran awal.

Setelahnya, anda dapat membuka kembali origami tersebut dan bisa dipastikan bagian tengah terdapat garis lipatan, itulah yang dinamakan sumbu simetri.

Untuk bangun datar yang lainnya, sebagai berikut :

Bangun Datar Simetri Lipat
Persegi 4
Persegi panjang 2
Segitiga sama kaki 1
Belah ketupat 2
Segitiga sama sisi 3
Lingkaran Tak terhingga
Trapesium siku-siku
Layang-layang 1
Trapesium sembarang
Segitiga siku-siku 1
Segitiga sembarang
Trapesium sama kaki 1

 

Apa Yg Dimaksud Dengan Simetri Lipat dan Simetri Putar

Apa Yg Dimaksud Dengan Simetri Lipat dan Simetri Putar

Berikut penjelasan mengenai apa yg dimaksud dengan simetri lipat dan simetri putar? Simak ulasan di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan simetri lipat? Simetri lipat adalah jumlah lipatan yang terdapat pada bangun datar. Dengan cara, membuat bangun datar menjadi dua bagian lipatan yang sama besar setiap sisinya, sehingga dapat terlihat bagian satu sisi bangun datar tertutupi dengan sisi lainnya.

Sedangkan simetri putar merupakan jumlah putaran yang terdapat pada bangun datar, yang dapat kita putar kurang dari satu putaran penuh dan dapat kembali ke posisi semula, tetapi berbeda bentuk dari awalnya.

Bangun datar yang tidak memiliki simetri putar adalah segitiga sama kaki dan trapesium. Sedangkan bangun datar yang memiliki simetri putar, yakni segi enam beraturan, belah ketupat, segitiga sama sisi, persegi panjang, persegi, dan segi lima beraturan.

Bagaimana Cara Mencari Simetri Lipat dari Suatu Bangun Datar

Bagaimana Cara Mencari Simetri Lipat dari Suatu Bangun Datar

Bagaimana cara mencari simetri lipat dari suatu bangun datar? Berikut tahapannya, antara lain :

  • Pertama, ambil kertas origami dan gambarlah segitiga sama sisi
  • Kemudian beri keterangan A, B dan C. Lipat sisi A ke sisi B, jika membentuk segitiga sama sisi, maka dapat kita hitung sebagai 1 kali.
  • Kemudian lipat bagian sisi A ke C dan B ke C, maka akan dapat terhitung 2 kali.
  • Total dari segitiga sama sisi, yakni 3 kali simetri lipat.

Nah, itulah artikel mengenai apa yang dimaksud dengan simetri lipat beserta tahapan cara mencarinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.