Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Diskusi? Baca Disini!

Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Diskusi

Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan teks diskusi. Teks diskusi merupakan sebuah perkembangan argumen terhadap suatu isu. Pada sebuah forum diskusi, perbedaan sudut pandang adalah suatu hal yang lumrah, dan dari situlah muncul argumen yang kemudian menghasilkan teks diskusi. Struktur teks ini juga cukuplah sederhana, karena tujuannya adalah memberikan suatu pendapat terkait isu.

Teks diskusi ini adalah dua argumen yang saling bertentangan. Tujuan dari teks teks ini adalah menyampaikan pendapat untuk bertukar ide atau gagasan, serta melihat dari sudut pandang yang lebih luas. Untuk lebih jelas lagi, mari membedah apa yang dimaksud dengan teks diskusi beserta contoh, struktur teks diskusi dan penjelasan dari tujuan teks diskusi yang lebih lengkap dan juga mendetail.

Apa yang Dimaksud Dengan Teks Diskusi?

Apa yang Dimaksud Dengan Teks Diskusi?

Kali ini kita akan bahas secara detail tentang apa yang apa yang dimaksud dengan teks diskusi? Yang dimaksud dengan teks diskusi ini adalah suatu teks yang berisi tentang pendapat pendapat yang sifatnya berbeda tentang topik tertentu sehingga di dalamnya ada pendapat yang bertentangan dan juga berlawanan. Di dalam bahasa lain, teks diskusi ini adalah suatu teks yang isinya berupa argumen argumen yang sifatnya berlawanan mengenai hal atau suatu isu tertentu. Secara umum, terdapat dua jenis argumen yang ada di dalam teks diskusi yang pertama adalah argumen pendukung, atau disebut pula sebagai argumen pro. Yang kedua adalah argumen penentang, atau disebut pula sebagai argumen kontra. Berikut ini beberapa jenis jenis teks diskusi:

  1. Seminar
  2. Sarasehan
  3. Simposium
  4. Diskusi panel
  5. Kongres
  6. Muktamar
  7. Lokakarya

Setelah mengetahui jenis teks diskusi kalian juga harus tahu tentang cara menyusunnya. Berikut ini beberapa cara menyusun teks diskusi:

  1. Menentukan sebuah topik masalah atau isu.
  2. Untuk Menentukan tujuan (memberi penjelasan tentang pro dan juga kontra).
  3. Mencari informasi dan juga data tentang isu yang dipilih.
  4. Untuk Menyusun karangan teks.
  5. Mengembangkan karangan menjadi sebuah teks diskusi.
  6. Merevisi atau juga menyunting teks diskusi.

Apa Tujuan Dari Teks Teks Diskusi?Apa Tujuan Dari Teks Teks Diskusi?

 

Bagi kalian yang bertanya tanya apa tujuan dari teks teks diskusi? Banyak sekali tujuan dari teks diskusi ini, berikut ini adalah beberapa tujuannya:

  1. Agar dapat menyadari dan menguji bukti sistem nilai, opini serta respons dari sebuah gagasan.
  2. Melakukan pengujian secara bersama dan terkait dengan suatu yang dikemukakan oleh orang lain.
  3. Sarana untuk bertukar pikiran serta gagasan.
  4. Untuk mempelajari, dan mengungkapkan serta menanggapi keterangan yang benar.
  5. Untuk menghubungkan data dan juga kondisi dari berbagai sudut pandang dan latar belakang yang tidak sama.

Apa saja Isi dari Teks Diskusi?

Apa saja Isi dari Teks Diskusi?

Setelah kita membahas tentang apa yang dimaksud dengan teks diskusi dan juga tujuannya. Kali ini kita akan membahas tentang apa saja isi dari teks diskusi? Berikut ini beberapa struktur teks diskusi:

  1. Isu
    Isu ini berisi mengenai masalah yang akan didiskusikan atau dibahas lebih lanjut.
  2. Argumen yang mendukung
    Pada bagian di pendapat yang mendukung ini, kalian dituntut untuk menjabarkan lebih lanjut mengenai penjelasan tentang masalah apa yang sedang dibahas.
  3. Argumen yang menentang
    Argumen yang menentang ini berisi tentang pertentangan terhadap masalah yang sedang dibahas disertai dengan alasan alasan yang mendukung.
  4. Kesimpulan
    Bagian kesimpulan ini berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang dibahas. Usahakan kalian mengambil jalan tengah dari isu yang dibahas.

Berikut adalah pembahasan saya tentang apa yang dimaksud dengan teks diskusi. Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman sekalian, sekian terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.