Apa yang Dimaksud Konsumsi dan Konsumen? Ini Penjelasannya!

Apa yang Dimaksud Konsumsi dan Konsumen

Istilah konsumsi dan konsumen tentunya sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan istilah yang ada pada sebuah kegiatan ekonomi. Pada artikel kali ini, akan dibahas tentang apa yang dimaksud konsumsi dan konsumen, mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, serta contohnya. Simak penjelasan berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Konsumsi?

Apa yang Dimaksud dengan Konsumsi?

Kita akan membahas lebih jauh tentang apa yang dimaksud konsumsi dan konsumen pada pembahasan ini. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), konsumsi diartikan sebagai pemakai barang hasil produksi (bahan makanan, pakaian, dan lain sebagainya). Lantas, apa yang dimaksud dengan konsumsi?

Konsumsi adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengurangi atau menghabiskan barang dan jasa dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan kepuasan secara langsung. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghabiskan nilai guna, baik itu untuk memenuhi kebutuhan hidup individu ataupun berkelompok. Ini merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari kegiatan ekonomi. Seseorang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dan memperoleh kepuasan dari pemenuhan kebutuhan tersebut. Bagi masyarakat tradisional, kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun bagi masyarakat modern, kegiatan ini justru bukan hanya untuk mempertahankan hidup, tapi juga untuk memperoleh kesenangan dan harga diri. Hal itu dapat diartikan jika kondisi pendapatan seseorang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi. Semakin tinggi pendapatan, maka semakin tinggi pula tingkat konsumsi, demikian pula sebaliknya. Jika semakin sedikit pendapatan, maka semakin berkurang jumlah barang atau jasa yang dikonsumsi.

Selain memiliki tujuan, tentunya kegiatan ini juga memiliki tujuan. Apa saja fungsi dari kegiatan ini? Berikut ini beberap fungsi dari kegiatan ini.

  • Menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang sekaligus
  • Mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa secara bertahap
  • Pemenuhan kebutuhan jasmani dan rohani
  • Memuaskan kebutuhan secara fisik
  • Mendukung aktivitas produksi
  • Membantu menyesuaikan rumusan tarif upah minimum untuk pekerja
  • Sebagai titik awal dan juga akhir dari kegiatan ekonomi.

Apa Ciri Ciri dari Kegiatan Konsumsi?

Apa Ciri Ciri dari Kegiatan Konsumsi?

Telah diketahui pengertian dari pembahasan diatas tentang apa yang dimaksud konsumsi dan konsumen. Ada baiknya jika kita juga mengetahui ciri-ciri dari kegiatan ini. Lantas, apa ciri ciri dari kegiatan konsumsi? Inilah ciri-cirinya yang perlu kita ketahui.

  • Dilakukan secara langsung
  • Barang konsumsi didapatkan dengan pembelian ataupun pengorbanan
  • Barang atau jasa yang dibeli memiliki nilai guna
  • Kegiatan konsumsi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan
  • Barang atau jasa akan berkurang nilainya

Apa saja Contoh Kegiatan Konsumsi?

Apa saja Contoh Kegiatan Konsumsi?

Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja, tanpa ada batasan gender, usia, maupun status sosial dan jumlah kekayaan. Kita telah membahas tentang apa yang dimaksud konsumsi dan konsumen serta ciri-cirinya pada pembahasan diatas. Sekarang akan disebutkan beberapa contoh dalam kegiatan ini. Apa saja contoh kegiatan konsumsi? Berikut ini beberapa contoh yang ada didalam kehidupan sehari-hari dari kegiatan ini.

  1. Seorang ibu membelikan baju baru untuk anaknya
  2. Seorang pria yang datang ke tukang cukur rambut ketika rambutnya sudah gondrong
  3. Seseorang membeli daging ayam yang digunakan untuk bahan sup atau kari
  4. Siswa yang membeli sepatu dan tas untuk digunakan saat sekolah
  5. Adik membeli es krim coklat kesukaannya

Demikianlah beberapa pembahasan tentang apa yang dimaksud konsumsi dan konsumen, mulai dari pengertian, ciri-cirinya, hingga contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasan yang kita miliki. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.