Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Olah Tubuh, Yuk Simak Penjelasannya

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Olah Tubuh

Apa yang kamu ketahui tentang olah tubuh, merupakan latihan gerak. Dalam melakukan dasar gerakan tari, bisa seperti melakukan peregangan terlebih dahulu agar dapat meningkatkan keterampilan tari pada setiap karakter tarian yang dibawakannya. Hal yang meliputi, apa yang kamu ketahui tentang olah tubuh merupakan latihan yang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu peregangan dan pemanasan. Yang meliputi bagian inti dan pendinginan.

Apa yang kamu ketahui tentang olah tubuh. merupakan hal yang penting ketika seseorang hendak menari dalam suatu pementasan. Dengan melakukan latihan maka badan akan dapat mencapai kekuatan , kelenturan , ketahanan dan keterampilan. Dan, apa yang kamu ketahui tentang olah tubuh. Adalah mampu menciptakan setiap gerak yang dibutuhkan dalam pementasan seni.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Olah Tubuh dan Terdiri dari Berapa Tahap Ketika Melakukan Olah Tubuh?

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Olah Tubuh Dan Terdiri Dari Berapa Tahap Ketika Melakukan Olah Tubuh ?

Dalam penjelasan di atas, apa yang kamu ketahui tentang olah tubuh dan terdiri dari berapa tahap ketika melakukan olah tubuh ? Meliputi :

  • Melakukan pergerakan tubuh seperti melakukan peregangan , dan lainnya
  • Sebagai pemanasan, pendinginan, kelenturan, ketahanan, keterampilan , dan relaksasi
  • Sebagai mediator atau sarana tarian untuk mempersiapkan badan sebagai alat. Sehingga badan telah siap melakukan aktivitas gerak tari. Dan sekaligus menjadikan tubuh sebagai bahan ekspresi yang bagus
  • Sebagai olah vokal adalah latihan untuk penguasaan intonasi , diksinya , artikulasinya , dan suaranya
  • Bertujuan agar, berlatih vokal dan pernafasannya lancar, meningkatkan kualitas suara saat akan bernyanyi, dan menjaga pita suara .
  • Dari olah vokal bertujuan agar dapat mempelajari teknik menyanyi dengan baik dan benar. Dan agar suara sesuai dengan intonasi nada yang pas.
  • Olah rasa adalah ilmu untuk mengontrol emosi dan perasaan agar hati bisa merasa bahagia dalam kondisi yang tidak baik, sakit, terancam dan dalam menghadapi kesedihan dalam hidup , serta menghadapi krisis multidimensi.
  • Agar melatih emosi saat penyampaiannya

Apa Tujuan dari Latihan Olah Tubuh?

Apa Tujuan Dari Latihan Olah Tubuh ?

Dalam suatu pementasan seni, apa tujuan dari latihan olah tubuh ? Hal ini berkaitan dengan, mempersiapkan kemampuan dalam gerak badan pemain. Selain itu untuk melatih otot agar elastis dan lentur atau luwes. Agar tidaka ada badan yang mengalami kaku selama pementasan berlangsung.

Adapun ini dilakukan, agar setiap gerakan yang dipentaskan agar menjadi harmonis dan indah. Adapun upaya agar cedera tidak terjadi juga bisa menjadi arti nya. berfungsi lain untuk melatih kesadaran akan badan calon pemeran. Dan bagaimana cara posisi badan untuk kepentingan artistiknya.

Ada Beberapa Langkah Olah Tubuh Tari?

Ada Beberapa Langkah Olah Tubuh Tari ?

Dalam sebuah seni peran, ada berapa langkah olah tubuh tari ?
Pada gerakan badan dilakukan dalam tiga metode , yaitu :

  • Latihan peregangan atau pemanasan, yaitu latihan gerakan untuk meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot dengan cara progresif
  • Latihan inti, yaitu gerakan yang akan dilatih sesuai dengan tujuan yang selaras
  • Latihan pendinginan, yaitu gerakan pendek yang bertujuan untuk mempertahankan penambahan sirkulasi yang minim. Bertujuan agar otot badan terasa hangat dan rilex
  1. Ketahanan Badan

Ketahanan badan adalah suatu proses melatih toleransi otot terhadap stress. Dimana otot dapat mempertahankan penampilannya pada beban kerja. Latihan ini bertujuan untuk mengembangkan kekuatan respon pada otot.

  1. Kelenturan badan

Kelenturan badan adalah suatu proses untuk melatih kelemahlembutan atau kekenyalan otot dan kemampuannya. Sehingga otot dapat meregang cukup jauh dan memungkinkan persendian dapat bereaksi dengan lengkap dalam jarak normal. Dan gerakan otot tidak menyebabkan cedera yang serius. Kelenturan tubuh sangat dipengaruhi oleh kelenturan tulang punggung , kaki dan tangan. .

Demikian artikel ini, terima kasih waktunya dan sampai jumpa

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.