Apa yang Kita Harus Lakukan Untuk Menjaga Kelestarian Hutan?

Apa yang Kita Harus Lakukan Untuk menjaga Kelestarian Hutan

Hutan merupakan sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan pepohonan lebat serta terdapat  banyak hewan yang tinggal di dalamnya. Selain itu juga, tempat ini memiliki banyak manfaat bagi manusia. Oleh karena itu manusia harus melestarikan hutan yang ada. Lalu, langkah apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan.

Pada  saat ini, hutan mulai banyak yg rusak. Sebagian kerusakan ini dilakukan oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu seharusnya kita sebagai manusia sadar dan tahu langkah apa yang harus kita lakukan untuk menjaga  kelestarian  hutan agar tidak rusak.

Terkadang manusia hanya ingin memanfaatkan sumber daya yang ada di hutan. Akan tetapi pemanfaat sumber dayanya   secara berlebihan dan tanpa diselingi oleh pelestarian. Manusia mengeksploitasi  sumber daya alam Seperti kayu untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga maupun bisnis produksi. Bisnis produksi ini  sendiri,  memanfaatkan kayu Sebagai bahan bakar maupun  dijadikan  suatu kerajinan seperti lemari meja dan lain-lain. Akan tetapi,  sebagian pengrajin kayu atau pembisnis kayu belum sadar untuk melakukan suatu langkah apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan.

Sikap Apa yang Sebaiknya Dilakukan Oleh Pengrajin Kayu agar Kelestarian Hutan Tetap Terjaga ?

Sikap Apa yang Sebaiknya Dilakukan Oleh Pengrajin Kayu agar Kelestarian Hutan Tetap Terjaga ?

Seperti yang dikatakan tadi, sebagian dari pengrajin kayu masih belum tahu langkah apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan.  Maka  dari itu, berikut ini contoh sikap apa yang sebaiknya dilakukan  oleh pengrajin kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga ?

  • Melakukan sistem penanaman kembali atau reboisasi

Reboisasi merupakan kegiatan penanaman kembali pada hutan yang telah tandus. Tujuan  dari reboisasi untuk  melestarikan hutan yang tandus karena penebangan yang dilakukan secara berlebih.

Sebaiknya ketika melakukan penebangan untuk industri  kerajinan,  Harus diselingi dengan penanaman pohon muda. Hal ini dilakukan, supaya kelestarian terjaga dan sebagai upaya untuk mengganti pepohonan yang telah ditebang  supaya hutan tidak terlalu gundul.

  • Melakukan tebang pilih

Sistem  tebang pilih merupakan melakukan penebangan pohon yang  terbaik dan siap untuk ditebang. Terkadang,   manusia melakukan  penebangan pohon secara liar. Pohon  besar maupun pohon kecil yang masih belum siap di tebang pun ikut ditebang semua demi mencukupi  kebutuhan perusahaan.  hal ekor dan menjadi.

Mengapa Kita Harus Menjaga dan Melestarikan Hutan ?

Mengapa Kita Harus Menjaga dan Melestarikan Hutan ?

Jika kalian masih belum mengerti mengapa kita  harus menjaga dan melestarikan hutan ? Berikut ini adalah beberapa alasan dan manfaat melestarikan hutan yaitu :

  • Pepohonan dapat menjaga iklim

Pepohonan di hutan dapat menyerap kadar  karbondioksida pada udara untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis ini merupakan proses pengubahan karbondioksida menjadi oksigen dan glukosa. Oleh karena itu, Mengapa hutan disebut sebagai paru-paru dunia dan dapat menjaga iklim.

  • Mencegah bencana longsor serta banjir.

Fungsi  dari akar yaitu melakukan penyerapan air. Maka akar pun dapat  menyerap air hujan secara terus-menerus. Hal dapat menurunkan resiko terjadinya banjir. Selain itu jika pepohonan di tebang dan gundul, dapat mengakibatkan potensi tanah longsor. Maka dari itu diperlukannya melakukan upaya untuk melestarikan hutan supaya tidak gundul.

  • Mencegah intrusi air asin

Terkadang rumah di dekat pantai akan memiliki air yang terasa asin. Hal ini dikarenakan intrusi air asin. Oleh karena itu fungsi hutan bakau di sini sangat penting. Hutan  bakau dapat menyerap air laut agar tidak masuk ke  dalam tanah yang menyebabkan air tawar berubah menjadi asin.

Apa yang Akan Terjadi Kalau Kita Tidak Menjaga Kelestarian Hutan ?

Apa yang Akan Terjadi Kalau Kita Tidak Menjaga Kelestarian Hutan ?

Terdapat banyak sekali manfaat jika melakukan pelestarikan hutan, Namun, apa yang akan terjadi  kalau kita tidak menjaga kelestarian hutan ? Berikut ini adalah   beberapa kemungkinan yang terjadi jika tidak  melakukan pelestarian hutan :

  1. Hutan gundul
  2.   Berkurangnya  habitat bagi flora dan fauna
  3.   Terjadinya  berbagai bencana banjir dan longsor
  4.  Beberapa  hewan dan tanaman mengalami kepunahan.
  5. Iklim  terganggu akibat kadar karbondioksida terlalu banyak

Wah banyak sekali bukan dampak jika tidak melakukan pelestarian.  an Oleh karena itu kita harus menjaga dan melestarikan hutan yang ada di sekitar kita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.