Apa yang Terjadi jika Penebangan Liar Tidak Dihentikan? Baca Disini!

Apa yang Terjadi jika Penebangan Liar Tidak Dihentikan

Pernahkah kalian terpikirkan apa yang terjadi jika penebangan liar tidak dihentikan? Pasti sangat buruk bukan? Tidak bisa terbayangkan jika kita semua hidup tanpa adanya hutan yang menjadi paru-paru dunia, tanpa adanya pohon yang menghasilkan udara segar.

Jika hal itu terjadi, sudah pasti akan banyak bencana yang mengerikan dapat terjadi, seperti kekeringan, polusi udara yang parah, banjir, dan lain sebagainya. Oleh karenanya penting sekali bagi kita semua untuk menjaga serta merawat alam yang kita punya saat ini. 

Apa Dampak Penebangan Hutan Secara Liar?

Apa Dampak Penebangan Hutan Secara Liar?

Dari penjelasan Mimin sebelumnya, sudah bisa kalian bayangkan betapa mengerikannya apa yang terjadi jika penebangan liar tidak dihentikan. Namun sayangnya kengerian yang kita takutkan itu sudah menjadi kenyataan di beberapa wilayah korban dari kegiatan penebangan hutan secara liar.

Kegiatan ini tentu saja memberikan banyak sekali dampak negatif yang dapat terjadi, tidak hanya kepada kita manusia, tetapi kepada hewan-hewan yang tinggal dan hidup di hutan tersebut. Kira-kira apa dampak penebangan hutan secara liar? Berikut Mimin berikan penjelasannya.

  • Kerusakan tanah
    Dengan melakukan penebangan hutan secara liar, maka bumi akan kekurangan tempat penyerapan air. Seperti yang kita ketahui, pohon berperan sangat besar sebagai tempat penyimpanan air.
    Lalu, jika tidak adanya pohon di suatu wilayah, maka tanah-tanah yang ada di tempat tersebut akan sulit sekali untuk melakukan penyerapan air. Hal ini akan berakibat buruk kepada kualitas tanah, seperti kerusakan tanah, tanah menjadi kering, dan berkurangnya kapasitas air tanah.
  • Resiko bencana alam
    Seperti yang sudah Mimin jelaskan tadi, dengan melakukan penebangan liar maka tidak ada lagi tempat penyerapan air. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi kestabilan alam dan beresiko besar mengakibatkan bencana alam.
    Tanpa adanya penyerapan air, tanah-tanah di daerah tersebut akan menjadi gembur dan lembek, sehingga membuat susunan tanah tidak kuat lagi dan berpotensi menyebabkan tanah longsor. Selain tanah longsor, bencana yang memungkinkan terjadi dari tidak adanya tempat penyerapan air adalah bahaya banjir dan kekeringan.
  • Pemanasan global
    Sejatinya hutan adalah paru-paru dunia. Hutan berfungsi sebagai tempat penyedia udara segar bagi kita manusia. Dari sini bisa kita tarik kesimpulan, apa yang terjadi jika penebangan liar tidak dihentikan maka udara bersih akan sulit sekali didapat, dan polusi udara akan merajalela.
    Akibat yang lebih buruk dari polusi udara adalah pemanasan global. Suhu udara di seluruh dunia akan mengalami kenaikan terus menerus dan dapat menimbulkan berbagai macam bencana yang lain seperti kekeringan.

Apa Dampak Penebangan Hutan Secara Liar Terhadap Hewan dan Tumbuhan?

Apa Dampak Penebangan Hutan Secara Liar Terhadap Hewan dan Tumbuhan?

Seperti yang Mimin sebutkan sebelumnya apa yang terjadi jika penebangan liar tidak dihentikan dapat mengancam kehidupan hewan-hewan hingga tumbuhan yang hidup di dalamnya. Lalu, apa dampak penebangan hutan secara liar terhadap hewan dan tumbuhan? Hewan-hewan yang tinggal di dalam hutan akan kehilangan tempat tinggalnya, dan mulai menjajah pemukiman manusia, seperti apa yang sudah terjadi sebelum-sebelumnya.

Ini merupakan hal yang serius, karena hewan-hewan buas yang ada di hutan tentu saja tidak bisa hidup berdampingan dengan pemukiman manusia. Hewan-hewan ini akan sulit beradaptasi dengan tempat yang bukan dan beresiko tinggi untuk mengalami kematian.

Tumbuhan-tumbuhan yang ada di dalam hutan juga akan habis ikut tertebang oleh kegiatan ini. Hal ini berakibat sangat buruk karena tumbuhan-tumbuhan tersebut juga merupakan tempat tinggal bagi hewan-hewan hutan.

Selain itu tumbuh-tumbuhan juga berfungsi sebagai sumber daya alam bagi kita manusia, bisa kita pikirkan bagaimana tempat sumber daya alam kita kita tebang begitu saja tanpa adanya reboisasi.

Langkah Apa yang Dapat dilakukan untuk Mengembalikan Kondisi Hutan Tersebut Seperti Semula?

Langkah Apa yang Dapat dilakukan untuk Mengembalikan Kondisi Hutan Tersebut Seperti Semula?

Beruntungnya masih ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan hutan kita. Penasaran langkah apa yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi hutan tersebut seperti semula? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Melakukan reboisasi atau penanaman pohon kembali.
  2. Membuat peraturan tentang penebangan pohon.
  3. Melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya hutan.
  4. Menghukum para pelaku penebangan hutan secara liar.

Penutup

Sekian artikel Mimin kali ini tentang apa yang terjadi jika penebangan liar tidak dihentikan. Mari kita sebarkan luas pemahaman kepada seluruh masyarakat Indonesia agar kita senantiasa menjaga serta merawat kelestarian alam yang ada di sekitar kita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.