Apa Yang Terjadi Jika Tumbuhan Langka Akhirnya Punah

Apa Yang Terjadi Jika Tumbuhan Langka Akhirnya Punah

Hewan dan tumbuhan telah menjadi bagian yang tidak dapat manusia pisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai sebagai pasokan makanan hingga membantu di dalam penelitian. Namun pada masa ini sudah ada beberapa hewan atau tumbuhan yang terancam punah. Apa yang terjadi jika tumbuhan langka akhirnya punah dan apa yang terjadi atau akibat jika hewan langka punah? Mari simak jawabannya bersama

Punah adalah sebuah kondisi dimana suatu spesies atau jenis dari hewan atau tumbuhan tertentu sudah lenyap dan tidak dapat ditemukan lagi.

Suatu spesies atau punah dapat diberikan ketika individu dari suatu hewan atau tumbuhan yang terakhir sudah mati dan tidak memiliki keturunan selanjutnya.

Apa yang Akan Terjadi Jika Tumbuhan dan Hewan Langka?

Apa yang Akan Terjadi Jika Tumbuhan dan Hewan Langka?

Sebelum punah biasanya suatu spesies akan dilakukan beberapa upaya agar terhindar dari kepunahan, upaya-upaya tersebut berupa :

  • Melarang semua kegiatan yang dapat merusak lingkungan dan alam
  • Menanam tanaman lokal
  • Melindungi dan menjaga hewan yang sudah masuk kategori langka
  • Membuat hutan lindung
  • Mempertegas dan memperketat perundang-undangan
  • Melakukan kerjasama dengan badan atau organisasi yang bergerak di bidang pelestarian
  • Tidak melakukan perburuan liar atau penebangan liar

Apa yang Terjadi Jika Tumbuhan Langka Akhirnya Punah? Atau Apa yang Terjadi atau Akibat Jika Hewan Langka Punah?

Apa yang Terjadi Jika Tumbuhan Langka Akhirnya Punah? Atau Apa yang Terjadi atau Akibat Jika Hewan Langka Punah?

Terdapat dampak-dampak yang akan ditimbulkan ketika suatu hewan atau tumbuhan telah punah, yaitu :

  • Anak cucu tidak dapat menyaksikan secara langsung

Ketika terdapat spesies yang tidak ada lagi, maka sudah pasti anak cucu kita atau generasi selanjutnya tidak dapat menyaksikan mereka secara langsung lagi. Layaknya kita yang tidak dapat melihat dinosaurus kembali karena sudah punah atau tumbuhan zaman dahulu. Sehingga apa yang terjadi jika tumbuhan langka akhirnya punah atau hewan ini sangatlah disayangkan jika terjadi.

  • Rantai makanan menjadi rusak

Hal ini merupakan apa yang terjadi jika hewan langka punah. Karena hilangnya salah satu posisi yang seharusnya menjadi mangsa atau predator tingkat satu, dua hingga seterusnya dapat menimbulkan dampak pada rantai makanan hingga ekosistem.

Dengan hilangnya spesies tertentu dapat menimbulkan apa yang biasa spesies tersebut makan akan bertumbuh dengan sangat cepat karena tidak ada yang memakannya atau berkurang predatornya dan apa yang memangsa spesies tersebut akan berkurang drastis karena kehilangan makanannya.

  • Sumber makanan berkurang

Dengan hilangnya spesies tumbuhan tertentu maka daoat menyebabkan hewan yang biasa memakannya bisa saja punah karena makanannya berkurang atau hilang dan hal tersebut akan berdampak hingga predator puncak dan seluruh ekosistem.

  • Kehilangan sumber data dalam penelitian

Kehilangan sumber penelitian merupakan salah satu apa yang terjadi jika tumbuhan langka akhirnya punah atau pada hewan. Hal ini menyebabkan pengetahuan yang seharusnya dapat lebih mudah dikembangkan menjadi terhambat karena terbatasnya sampel dan tidak ada lagi individu yang dapat secara langsung diteliti.

Itu dia apa yang terjadi jika tumbuhan langka akhirnya punah atau hewan. Oleh karena itu marilah kita lakukan berbagai upaya agar tidak ada spesies yang punah. Karena apa yang terjadi jika tumbuhan langka yang sudah punah atau hewan akan menimbulkan dampak yang terlihat sepele namun sangat besar hingga dapat mempengaruhi kelangsungan hidup kita.

Untuk itulah perlu adanya kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah agar Apa yang akan terjadi jika tumbuhan dan hewan langka atau bahkan punah dapat terhindari. Karena hal ini bukanlah demi kebaikan salah satu pihak, namun semua pihak baik manusia, hewan dan tumbuhan itu sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.